uefau17.com

Aneka Tipat Khas Bali, Cocok Jadi Incaran Kuliner Saat Berlibur ke Pulau Dewata - Regional

, Denpasar - Tipat atau ketupat diolah menjadi berbagai aneka makanan khas oleh masyarakat Bali. Tak hanya digemari masyarakat lokal, aneka tipat Bali juga menjadi incaran wisatawan.

Tipat cocok disantap kapan saja dengan ditemani segelas minuman menyegarkan, salah satunya es daluman (cincau hijau) atau es gula. Mengutip dari berbagai sumber, berikut aneka tipat, kuliner Bali yang wajib dicoba:

1. Tipat layag

Tipat blayag adalah sajian tipat khas Buleleng, Bali. Dalam seporsi tipat blayag berisi potongan tipat, jukut urap, taoge, dan suwiran ayam betutu yang disiram kuah ayam nyat-nyat.

Tipat blayag umumnya disantap dengan pelengkap sambal dan rempeyek. Adapun tipat yang digunakan untuk membuat tipat blayag dibungkus daun aren yang bentuknya memanjang dan kecil, mirip kue lepet berukuran mini.

2. Tipat cantok

Sekilas, tipat cantok tampak mirip gado-gado. Tipat jenis ini disiram dengan saus kacang yang melimpah. Sesuai namanya, yakni cantok (ulegan), tipat ini diolah dengan menggunakan cobek atau ulegan.

Dalam seporsi tipat cantok berisi ketupat, kacang tanah goreng, tahu goreng, dan aneka sayuran rebus, seperti taoge, kangkung, bayam, serta kacang panjang. Tipat cantok menjadi salah satu hidangan tipat khas Bali yang paling terkenal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tipat Kuah

3. Tipat kuah

Tipat kuah atau tipat kare adalah olahan tipat khas Bali yang mirip tipat blayag. Namun, tipat kuah diolah menggunakan base genep.

Adapun isian tipat kuah, di antaranya potongan tipat, jukut urap, lawar nangka, suwiran ayam betutu, kacang mentik goreng, dan berondong jagung yang disiram kuah rempah. Selain itu, ada juga tambahan sambal bawang atau sambel matah.

4. Tipat plecing

Plecing kangkung merupakan salah satu sajian khas Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Masyarakat Bali memadukan plecing kangkung dengan tipat yang kemudian disebut dengan tipat plecing.

Tipat yang disajikan untuk sajian ini biasanya hanya dibelah dua dan dipotong ukuran besar. Pada bagian atasnya akan diletakkan plecing kangkung sebagai pelengkap.

5. Tipat tahu

Tipat tahu memiliki rasa yang tak jauh berbeda dengan tipat cantok. Tipat tahu menggunakan bumbu dasar berupa kacang yang dihaluskan dengan tekstur yang lebih kental dan pekat.

Secara tampilan, tipat tahu mirip dengan tahu tek. Adapun seporsi tipat tahu berisi potongan tipat, tahu goreng, dan taoge panjang yang direbus. Salah satu aneka tipat khas Bali ini disantap dengan kerupuk yang renyah.

 

Penulis: Resla

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat