uefau17.com

Ingin Kaya di Usia 50 Tahun, Bukan Hal yang Mustahil! - Bisnis

, Jakarta Ketika mendengar kata "kaya," mungkin pikiran langsung tertuju pada gambaran seseorang yang sudah membangun usaha dari belia atau mereka yang sudah berinvestasi sejak masih muda.

Namun, bagaimana jika Anda telah melewati usia 50 tahun dan merasa bahwa kesempatan untuk membangun kekayaan telah berlalu?

Menurut para ahli, tidak ada kata terlambat untuk memulai perjalanan menuju kekayaan.

Meskipun banyak yang menyarankan untuk memulai menabung sejak dini untuk memanfaatkan peluang investasi, Anda masih memiliki peluang untuk mengumpulkan kekayaan meskipun Anda terlambat memulainya.

"Jika Anda mulai menabung di usia yang lebih tua, jangan berkecil hati," kata Joe Camberato, CEO National Business Capita, melansir YahooFinance ditulis Kamis (24/4/2024).

"Sebaliknya, berkonsentrasilah pada apa yang dapat Anda kendalikan." tegasnya.

Dalam masyarakat modern saat ini, umur panjang telah menjadi kenyataan yang umum. Banyak orang hidup hingga usia 90-an bahkan 100-an tahun. Oleh karena itu, bagi Anda yang berusia lima puluhan, Anda masih memiliki waktu yang berlimpah, yaitu 40 hingga 50 tahun ke depan, untuk meraih kekayaan.

Menurut Camberato, di usia 50-an, fokus Anda harus beralih pada pendapatan lebih dari sebelumnya.

Seiring bertambahnya usia, penting untuk memperhatikan arus kas daripada sekadar memperoleh sejumlah besar uang atau berusaha menjadi kaya secara instan.

Memang, tidak ada kata terlambat untuk meraih kesuksesan dalam hidup, dan dengan mengikuti panduan khusus, Anda masih bisa menjadi kaya setelah usia 50 tahun, menurut para ahli.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4 Strategi Mencapai Kekayaan Setelah Usia 50 Tahun

1. Lunasi kartu kredit dan utang berbunga tinggi lainnya.

Para ahli menekankan bahwa membuat kemajuan dalam pelunasan utang adalah salah satu langkah pertama.

"Hutang adalah antitesis dari kekayaan," kata Kyle Enright, presiden Achieve Lending.

Sebagai contoh, Enright menyarankan bahwa melunasi kartu kredit dengan suku bunga 20% sama saja dengan mendapatkan keuntungan investasi sebesar 20%. Dan setelah Anda bebas dari utang, Anda dapat melangkah maju.

Pastikan semua utang pinjaman mahasiswa sudah lunas.

"Percaya atau tidak, utang pinjaman pendidikan masih mempengaruhi orang-orang di usia 50-an," katanya.

Pertimbangkan bahwa 15% dari pemegang utang pinjaman mahasiswa berusia lima puluhan, dengan saldo rata-rata lebih dari $44.000."

Lebih dari 9 juta orang Amerika yang berusia di atas 50 tahun masih membayar pinjaman mahasiswa federal.

Tentu saja, ia berkata, "Lunasi cicilan Anda jika masih ada."

2. Buatlah rencana keuangan yang realistis.

Meskipun "membangun kekayaan" adalah tujuan yang mengagumkan, Enright percaya bahwa setiap orang akan mencapainya dengan cara mereka sendiri yang unik.  Sebagai gantinya, kaji aset dan kewajiban Anda.

"Periksa salah satu dari sekian banyak kalkulator pensiun online yang tersedia untuk menentukan berapa banyak tabungan yang secara realistis Anda perlukan untuk membiayai kebutuhan pensiun Anda," lanjut Enright.

Selain itu, didiklah diri Anda sendiri tentang keuangan pribadi. "Jika Anda belum secara teratur membaca dan mengikuti setidaknya beberapa sumber yang kredibel, mulailah," lanjutnya.

 

 

3 dari 3 halaman

3. Menganggarkan dana untuk menabung

Orang-orang yang ingin menjadi kaya memiliki strategi pengeluaran, terlepas dari apakah aset mereka sebesar $50.000, $500.000, atau $5 juta, menurut Enright.

"Itulah yang disebut dengan anggaran. Dan anggaran itu termasuk tabungan sebagai pos pengeluaran sehingga Anda dengan sengaja [dan terarah] bekerja untuk mencapai tujuan Anda," katanya.

4. Pikirkan tentang diversifikasi investasi Anda.

Sebagai contoh, para ahli mengatakan bahwa berinvestasi di real estat adalah metode yang sangat baik untuk menghasilkan kekayaan.

"Investasi ini memiliki manfaat pajak yang besar dan dapat menghasilkan arus kas yang baik serta apresiasi aset dari waktu ke waktu," kata Camberato.

Pendekatan lain untuk meningkatkan kekayaan, sarannya, adalah dengan mempertimbangkan untuk memulai bisnis kecil.

"Sesuatu yang sederhana yang dapat menghasilkan arus kas tambahan dan berpotensi untuk dijual dengan keuntungan yang besar di kemudian hari," lanjutnya.

"Industri asuransi adalah industri yang sangat baik untuk dikejar. Industri ini telah menghasilkan lebih banyak jutawan di Amerika Serikat daripada industri lainnya.

Terakhir, Camberato menyarankan agar Anda terus menginvestasikan kembali keuntungan Anda pada aset penghasil pendapatan baru.

"Begitulah cara orang kaya terus bertambah kaya," lanjutnya. "Ingat, kekayaan tidak terjadi dalam semalam, jadi mulailah dengan cepat dan tetaplah fokus."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat