uefau17.com

Gibran dan Bobby Bakal Hadiri Peringatan Hari Otoda di Surabaya, Terima Penghargaan Khusus dari Jokowi - Surabaya

, Surabaya - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan, Wali Kota Medan Bobby Nasution dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dijadwalkan hadir pada peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) XXVIII di Kota Surabaya, Kamis, 25 April 2024.

"Acaranya nanti ada Bu Khofifah. Selain itu ada Wali Kota Medan, Wali Kota Surakarta," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Rabu (24/4/2024).

Bobby dan Gibran, kata Eri, bakal menerima Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha yang langsung disematkan oleh Presiden Jokowi.

Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha merupakan tanda kehormatan yang dianugerahkan atau diberikan dengan Keputusan Presiden RI.

Tanda kehormatan tersebut diberikan kepada penyelenggara pemerintahan di daerah dengan melihat pada prestasi kinerja selama menjabat.

Selain itu, Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa dan sejumlah kepada daerah lainnya, seperti Bupati Bojonegoro periode 2018-2023 Anna Mu'awanah, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, termasuk Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi juga memperoleh penghargaan itu.

Eri menjelaskan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha merupakan penghargaan prestisius, sebab hanya diberikan sekali dalam seumur hidup kepada para kepala daerah.

"Penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) Tahun 2022 terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2021," ujarnya.

Sementara itu, setelah penyematan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha, peringatan Hari Otoda Tahun 2024 dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan kepada 29 pemerintah daerah (pemda) oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Puluhan pemda itu terdiri dari lima provinsi, 14 kabupaten dan 10 kota. Piagam penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil EPPD tahun 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dihadiri Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan menghadiri puncak peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) yang digelar di Balai Kota Surabaya pada Kamis (25/4/2024).

Jokowi juga direncanakan akan menyematkan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha kepada Kepala Daerah yang berprestasi.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menyatakan, Puncak Peringatan Hari Otoda Nasional akan diisi sejumlah rangkaian acara. Yang pertama adalah upacara Peringatan Hari Otoda Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 di Balai Kota Surabaya.

Advertisement  GLUWTYWanita 68-an asal dengan Baby Face Pakai Ini sebelum Tidur PELAJARI LEBIH "Setelah upacara, rangkaian acara kemudian dilanjutkan dengan Pawai Seni Budaya dan kunjungan ke Mall Pelayanan Publik (MPP) Pemerintah Kota Surabaya," ungkap dia, Selasa (23/4/2024). 

Selanjutnya  adalah kegiatan Malam Apresiasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (Pemda). Kegiatan ini akan dilaksanakan di Ball Room Grand City Mall Surabaya dengan diisi berbagai acara.

"Malam Apresiasi ini akan diisi dengan pentas budaya dan penyerahan piagam penghargaan oleh Mendagri kepada Pemda yang berprestasi kinerja dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah," papar Fikser.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat