uefau17.com

Gunung Ruang Masih Berstatus Siaga, Terlihat Asap Kawah Berwarna Putih - Regional

, Sitaro - Gunung Ruang di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulut, hingga Jumat (26/4/2024), masih berstatus Level III Siaga. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) membeberkan kondisi terkini gunung setinggi 725 mdpl tersebut.

“Dalam periode pengamatan pada pukul 06.00-12.00 Wita, cuaca sekitar gunung cerah, berawan hingga mendung. Angin bertiup lemah ke arah barat daya dan barat. Suhu udara 22-27 °C,” ungkap Kepala PVMBG Hendra Gunawan pada Jumat sore.

Secara visual, gunung tampak jelas hingga kabut 0-I. Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 100 m di atas puncak kawah. Sedangkan untuk kegempaan vulkanik dangkal jumlahnya satu, amplitudo 4 mm, dengan durasi 5 detik.

“Untuk tingkat aktivitas Gunung Ruang berada di Level III Siaga,” ujarnya.

Terkait kondisi itu, PVMBG menyampaikan sejumlah rekomendasi kepada masyarakat, pengunjung atau wisatawan. Mereka diminta agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 4 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.

“Masyarakat yang bermukim pada wilayah Pulau Tagulandang yang masuk dalam radius 4 km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar radius 4 km,” ujarnya.

Masyarakat juga diimbau untuk selalu menggunakan masker, untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernafasan. Selain itu juga diharap tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Gunung Ruang.

“Untuk pemerintah daerah, BPBD Provinsi Sulut dan BPBD Kabupaten Kepulauan Sitaro agar senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Api Ruang, Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulut atau PVMBG di Bandung,” ujarnya memungkasi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat