uefau17.com

Kaesang Pangarep Minta RJ2 Seleksi Relawan yang Ingin Maju di Pilkada 2024 - Regional

, Jakarta Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep meminta kepada Kuncen Rumah Juang Jokowi (RJ2), Utje Gustaaf Patty, untuk menyeleksi relawan Prabowo-Gibran yang berkeinginan maju di Pilkada 2024. 

Jumat (19/4) kemarin, Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep hadir di acara halal bihalal RJ2 di Kemang, Jaksel. Di kesempatan itu, putra bungsu Presiden Jokowi tersebut menawarkan kepada relawan Rumah Juang Jokowi (RJ2) untuk maju di Pilkada 2024.

"Silakan para relawan yang ingin maju di Pilkada 2024 daftar ke PSI,” kata Kaesang di RJ2

“Bang Utje (Ketua Umum Bara JP) ingin maju jadi wali kota, Bupati, Gubernur bisa lewat PSI. Atau teman-teman relawan lainnya,” sambungnya.

Dia menegaskan, PSI memiliki modal untuk bertarung di Pilkada 2024, dan bisa akan mengajukan calon sendiri. Adapun modal yang dimaksud Kaesang adalah hasil perolehan suara di Pemilu 2024 kemarin. Dia menyebut perolehan suara PSI mengalami peningkatan cukup signifikan.

“Sebelumnya jumlah anggota DPRD PSI 72 orang (di seluruh Indonesia), sekarang bertambah jadi 180 orang,” ujar Kaesang.

Selain itu, ungkapnya, PSI saat tengah melakukan penjajakan dengan partai politik lainnya untuk berkoalisi di Pilkada 2024. Namun, ketika ditanya, apakah PSI akan menyodorkan kadernya atau dari relawan untuk dijadikan kandidat menteri, dia menjawabnya hanya tersenyum.

Di kesempatan yang sama, Utje Gustaaf Patty mengaku kepada dirinya Kaesang meminta agar RJ2 membantu menyeleksi relawan yang ingin maju di Pilkada 2024.

“Mas Kaesang bicara ke saya agar RJ2 menyeleksi relawan yang ingin maju pilkada, nanti di bantu PSI” kata Ketua Umum Bara JP ini.

Menurut Utje, penting dilakukan oleh para pendukung Prabowo-Gibran, baik dari partai politik maupun relawan memenangkan Pilkada 2024. Tujuannya, agar program pembangunan antara pusat dan daerah selaras.

“Kalau kepala daerahnya berseberangan dengan pusat, bisa enggak jalan pembangunannya. Yang menderita kan rakyat pada akhirnya,” ucap Utje Gustaaf Patty.

Utje pun mempersilakan kepada para relawan rumah juang jokowi yang berkeinginan maju di Pilkada 2024 untuk berembuk bersama di RJ2.

“RJ2 ini paguyuban para relawan Prabowo-Gibran. Di sini ada 78 elemen organisasi relawan yang bergabung,” jelasnya.

Ketua Umum Relawan Prabowo-Gibran Indonesia Maju (PENEMU), Sinda Sutadisastra menilai RJ2 sangat layak terlibat dalam menentukan bakal calon dari kalangan relawan apakah layak diusung atau tidak pada Pilkada 2024.

“Seperti bang Utje bilang, di dalam Rumah Juang Jokowi (RJ2) ini ada 78 organ relawan Prabowo-Gibran, PENEMU sebagai salah satu organ Relawan yang terdaftar di TKN Pragib dan gabung di RJ2, untuk memperkuat Koalisi bersama organ relawan pak Jokowi lainnya dan Mas Kaesang mengetahui itu. Jadi wajar kalau proses penyaringannya di RJ2,”  ucap Sinda Sutadisastra.

PENEMU sendiri, lanjut Sinda, dalam waktu dekat ini akan membicarakan terlebih dahulu di internalnya, dan hasilnya akan dibawa ke RJ2.

“Kami sampai saat ini belum punya calon, tapi setidaknya kami menyikapi keinginan dari Mas Kaesang itu,” imbuhnya.

Sebenarnya tidak hanya persoalan bakal calon di pilkada saja, tapi RJ2 juga pantas membicarakan persoalan kandidat menteri.

“Memang, untuk persoalan menteri itu hak prerogatif presiden terpilih (Prabowo Subianto). Tapi kalau ditanya, ya kami yang tergabung di RJ2 melihat banyak relawan yang memiliki kapasitas untuk jadi menteri, salah satunya Bang Utje Ketum Bara JP,” pungkas Sinda Sutadisatra.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat