uefau17.com

PKB Buka Lembaran Baru dengan NasDem Usai Putusan MK, Cak Imin: Bisa Saja Termasuk Pilkada - News

, Jakarta - Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin siap membuka lembaran baru dengan Partai NasDem, usai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024. Cak Iminmeyakini kerja sama dan kekuatan partai politik sangat dibutuhkan untuk kemajuan Indonesia.

"PKB dan NasDem akan bekerja sama dalam semua aspek. Tentu lembaran baru yang kita harapkan adalah apapun masa depan bangsa kita ini membutuhkan kerja sama yang sungguh-sungguh dari kekuatan partai-partsi politik baik di legislatif, di lingkup pendidikan politik masyarakat, maupun di ruang-ruang agenda politik nasional," kata Cak Imin usai bertemu Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower Jakarta, Selasa (23/4/2024).

Dia pun membuka kemungkinan PKB bekerja sama dan berkoalisi dengan Partai NasDem di Pilkada Serentak 2024. Hanya saja, Cak Imin mengaku belum ada pembicaraan detail antara PKB dan NasDem terkait hal ini.

"Bisa saja termasuk Pilkada. Belum tahu di mana Pilkada, kita belum bahas, tapi bisa saja Pilkada menjadi salah satu ruang kerjasama lembaran baru PKB-NasDem," ujarnya.

"Pilkada adalah salah satu agenda kita, tapi belum tahu di mana kita kerja sama," imbuh Cak Imin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PKB dan NasDem Belum Putuskan Jadi Oposisi atau Koalisi

Di sisi lain, Cak Imin menyampaikan bahwa PKB dan Partai NasDem belum memutuskan apakah akan bergabung di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka atau menjadi oposisi.

Dia menuturkan PKB dan NasDem masih memiliki waktu untuk memikirkan hal tersebut.

"Dalam hal apakah di eksekutif, kita belum membahas. Karena itu masing2 masih memiliki kesempatan untuk merenung di dalam atau di luar belum ada satu kesimpulan," ucap dia.

"Sampai detik ini pun saya belum tahu Bang Surya itu di dalam (pemerintahan) atau di luar. Mau nanya itu sungkan. Saya tuh mau nanya enggak enak. Ya sudahlah nanti kita rasakan aja itu. Karena yang saya tangkap Bang Surya itu di dalam atau di luar itu juga belum bisa saya simpulkan. Itu jadi belum tahu," sambung Cak Imin.

3 dari 3 halaman

Paloh-Cak Imin Sepakat Tutup Buku Lama

Sebelumnya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengungkapkan kesepakatan antara dirinya dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin saat bertemu di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2024). Keduanya sepakat untuk menutup buku lama dan membuka buku baru.

"Memang seperti kita ketahui bersama dengan seluruh perjalanan suka dan duka yang telah bersama-sama kami jalankan. Nah, kami menyepakati tadi dalam pembicaraan, nah ini ada kesepakatan, kita tutup buku lama, buka buku baru. Nah, itu kesepakatannya," kata Surya Paloh dalam konferensi pers usai pertemuan di NasDem Tower Jakarta Pusat, Selasa.

Dia mengajak semua pihak untuk menerima realitas usai putusan Mahkamah Konstitusi (MK), di mana pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi pemenang Pilpres 2024.

Paloh menyebut NasDem dan PKB akan tetap memperkuat sinergitas untuk membangun Indonesia.

"Tugas dan tanggung jawab kami bersama baik PKB maupun NasDem adalah bagaimana memperkuat sinergisitas diantara dua institusi partai politik ini untuk memperkuat seluruh aspek kehidupan yang kita miliki sebagai satu bangsa," tuturnya.

"Pemilu sudah selesai, tapi perjalanan untuk membangun negeri ini itu belum selesai. Saya pikir kita sepakat semuanya itu," sambung Paloh.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat