uefau17.com

Pilpres Selesai, Prabowo: Kita Mulai Komunikasi Politik Bentuk Koalisi - News

, Jakarta - Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto tinggal selangkah lagi dinyatakan resmi sebagai presiden terpilih bersama Gibran Rakabuming Raka sebagai wakilnya. Diketahui, pengesahan Prabowo-Gibran akan dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Rabu (24/4/2024) besok.

Menurut Prabowo, setelah disahkan esok hari, maka proses rangkaian Pilpres 2024 sudah dinyatakan selesai. Dia pun memastikan, proses selanjutnya adalah penjajakan komunikasi politik untuk membangun sebuah koalisi di pemerintahan.

“Saya kira prosesnya (Pilpres) sudah selesai dan besok akan menghadap ke KPU jam 10. Kita akan mulai bekerja melakukan komunikasi politik dengan semua unsur di mana kita akan membangun suatu koalisi yang kuat, efektif,” kata Prabowo di Rumah Kertanegara, Jakarta, Selasa (23/4/2024).

Prabowo meyakini, saat ini hal yang diinginkan rakyat adalah persatuan untuk membangun bangsa yang lebih baik dan juga maju. Dia pun memastikan, harapan rakyat tersebut akan diwujudkannya dengan baik dengan kerja nyata.

“Sekarang rakyat berharap menuntut agar semua untuk bersatu bekerja untuk kepentingan bangsa, jadi saya kira demikian,” yakin Prabowo. 

Sebelum menutup jumpa persnya, Prabowo juga memastikan akan hadir besok ke Kantor KPU RI untuk menjalankan seremoni pengesahan presiden dan wakil presiden terpilih bersama Gibran Rakabuming Raka.

“Ya besok kita akan ke KPU jam 10 (pagi),” ucap Prabowo Subianto menandasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gibran Datangi Rumah Prabowo

Sementara itu, Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka menemui Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto.

Dia datang langsung ke rumah Prabowo di jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, Selasa (23/4/2024) malam.

Berdasarkan pantauan merdeka.com, Gibran datang sekira pukul 18.38 WIB, dengan memakai jaket warna biru muda. Gibran masuk dari pintu sisi yang lain, dengan turun dari mobil dan langsung masuk ke dalam rumah Prabowo.

Meski demikian, saat awak media ingin menanyakan agenda kehadirannya, Gibran tak menghiraukan panggilan wartawan yang telah hadir di sana.

3 dari 4 halaman

Besok KPU Tetapkan Prabowo Jadi Presiden Terpilih

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar rapat pleno penetapan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2024-2029 di Kantor KPU, Jakarta, pada Rabu (24/4/2024).

Komisioner KPU August Mellaz menjelaskan, dalam rapat pleno besok pihaknya mengundang seluruh pasangan calon peserta pilpres 2024 hingga para ketua umum partai politik.

"Besok pagi pukul 10.00 WIB tanggal 24 April 2024 KPU akan mengundang sejumlah pihak mulai dari lembaga negara, pimpinan lembaga negara, kemudian pemerintah tentu yang terkait yang relevan," kata August Mellaz kepada wartawan di kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (23/4/2024).

"Kemudian parpol ketua umum dan sekjen parpol peserta pemilu 2024 juga tiga pasangan paslon juga kami undang untuk melakukan rapat pleno terbuka terkait dengan penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih pemilu 2024," sambungnya.

 

4 dari 4 halaman

Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud Diundang

Kendati demikian, kata Mellaz, hingga saat ini KPU belum menerima konfirmasi secara resmi apakah paslon 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan paslon 03 Ganjar Pranowo-Mahfud Md akan hadir atau tidak.

"Yang jelas kita kirim undangannya ke ketiga paslon, soal apakah beliau-beliau akan hadir secara langsung sendiri-sendiri, itu nanti," ujar August Mellaz.

"Kita belum dapat konfirmasi (hadir atau tidak). Yang jelas kita undang semua, baik paslon 01, 02, 03 kita undang semua," imbuhnya.

Mahkamah Konstitusi (MK) telah resmi memutuskan menolak permohonan dalam gugatan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) atau sengketa pilpres 2024 yang dilayangkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Atas dasar itu, KPU menyatakan akan menetapkan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjadi pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih 2024-2029 pada Rabu, 24 April 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat