uefau17.com

Cara Rebus Daun Singkong Supaya Tetap Hijau dan Tidak Keras, Hanya dengan 2 Bahan - Citizen6

, Jakarta Daun singkong sering kali ditemui sebagai pelengkap dalam berbagai hidangan karena memiliki tekstur lembut dengan rasa dan aroma yang khas.

Namun agar bisa lembut seperti yang dijumpai di warung makan, daun singkong harus direbus terlebih dahulu.

Jika direbus dengan cara yang tidak tepat, daun singkong dapat berubah warna jadi hitam. Meski tidak memengaruhi tekstur, rasa dan aroma, hal ini kerap kali membuat orang jadi tidak nafsu makan lagi.

Meski demikian, ada cara yang lebih efektif untuk merebus daun singkong agar tetap hijau dan tidak keras. Cara ini dibagikan oleh pemilik kanal YouTube Anna Subadi, yang dirangkum pada Rabu (24/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 10 halaman

Rebus Daun Singkong

Rebus air sampai mendidih, lalu masukkan daun singkong ke dalam rebusan tersebut. Panci yang digunakan harus agak besar agar semua daun singkong muat. Daun singkong sendiri bebas ingin dicuci dulu atau tidak.

3 dari 10 halaman

Tambahkan Garam dan Soda Kue

Sesaat setelah memasukkan daun singkong ke dalam rebusan, tambahkan garam dan soda kue masing-masing sebanyak satu sendok makan. Garam dan soda kue ini akan membuat daun singkong cepat empuk dan tidak pahit.

4 dari 10 halaman

Aduk Daun Singkong

Selagi merebus, aduk dan bolak-balikkan daun singkong agar garam dan soda kue bisa tercampur rata. Daun singkong tidak perlu direbus lama-lama, cukup sekitar 15 menit saja.

5 dari 10 halaman

Daun Singkong Jadi Sangat Empuk

Setelah direbus selama 15 menit, biasanya daun singkong akan sudah matang secara sempurna. Matikan kompor lalu angkat dan tiriskan daun singkong. Sekarang daun singkong tetap berwarna hijau dan jadi sangat empuk hingga mudah dipotong.

6 dari 10 halaman

Kenapa Daun Singkong Harus Direbus Dulu?

Setelah dipilih dan dicuci, daun singkong sebenarnya cukup direbus dalam air mendidih saja. Air mendidih akan membuat daun singkong layu dan mudah empuk.

7 dari 10 halaman

Mengapa Harus Menambahkan Garam Saat Merebus Daun Singkong?

Awali dengan merebus air hingga mendidih agar daun singkong menjadi lembut saat dimasak. Setelah mencapai titik mendidih, campurkan 2 sendok makan garam dan minyak sayur ke dalam rebusan. Garam berguna untuk meningkatkan suhu rebusan.

8 dari 10 halaman

Apa Manfaat Minum Air Rebusan Daun Singkong?

Kandungan vitamin dan mineral dalam air rebusan daun singkong dapat mendukung meningkatnya kekebalan tubuh serta membantu dalam melawan infeksi-infeksi yang beragam.

9 dari 10 halaman

Apakah Daun Singkong Boleh Dipanaskan Ulang?

Semua sayuran hijau seperti kangkung, sawi, pokcoy, atau gulai daun singkong sebaiknya dikonsumsi dalam sehari dan sebaiknya tidak dipanaskan berulang kali/

10 dari 10 halaman

Apakah Daun Singkong Bisa Disimpan di Kulkas?

Daun singkong yang direbus bisa disimpan sebagai stok di kulkas, sehingga tidak perlu merebus setiap kali ingin makan. Dengan cara penyimpanan yang tepat, daun singkong rebus dapat tetap awet selama berbulan-bulan meskipun disimpan di kulkas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat