uefau17.com

8 Urutan Hair Care Routine Agar Rambut Sehat dan Indah, Bisa Dilakukan dari Rumah - Citizen6

, Jakarta Perawatan rambut (hair care) secara rutin merupakan serangkaian langkah yang dapat kamu lakukan setiap hari untuk menjaga kesehatan dan penampilan rambut. Selain membersihkan, melakukan hair care routine juga bertujuan untuk membersihkan, melembabkan, memperbaiki, dan melindungi rambut dari kerusakan.

Kerusakan pada rambut dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti polusi, panas, paparan sinar matahari berlebih, hingga styling rambut yang berlebihan.

Pemilihan produk yang tepat merupakan hal yang sangat penting. Dengan jenis rambut yang berbeda, sehingga kebutuhan produk juga akan berbeda pula. Misalnya untuk kamu yang memiliki rambut rontok, maka kamu perlu produk yang dapat memperkuat serta menutrisi rambut.

Dalam melakukan hair care routine, terdapat beberapa produk serta urutan dalam pemakaiannya. Bagi kamu yang masih bingung bagaimana urutan memakai produk perawatan rambut, berikut penjelasan lengkapnya.

1. Hair Oil

Hair oil (minyak rambut) merupakan langkah pertama dalam melakukan hair care routine. Produk ini sangat bermanfaat dalam membantu menjaga kelembaban alami rambut. Cara kerja hair oil yaitu dengan membentuk lapisan pelindung di sekitar rambut.

Selain menghidrasi, hair oil juga dapat melindungi rambut dari kerusakan akibat panas dan sinar UV. Jika menggunakan produk ini, jangan heran bila rambutmu akan terlihat mengkilap dan juga terasa halus.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Sampo

Sampo merupakan basic hair care yang pasti digunakan oleh semua orang. Sampo dapat membersihkan rambut dan kulit kepala dari kotoran, minyak, residu di rambut, serta mengangkat sel kulit mati sehingga kulit kepala tetap sehat.

Selain itu, sampo juga dapat menghilangkan serta mencegah ketombe di rambut. Apabila kamu memilih sampo dengan kandungan tertentu seperti vitamin, protein, atau ekstrak herbal, kamu juga bisa mendapat manfaat lebih.

3. Hair Mask

Setelah selesai keramas, kamu bisa menggunakan masker rambut. Hair mask memiliki manfaat untuk memperbaiki rambut yang kering dan rusak. Kamu bisa memilih hair mask yang mengandung bahan seperti protein atau minyak alami.

Aplikasikan produk ini sesuai dengan kebutuhan atau seberapa parah permasalahan di rambutmu. Dengan penggunaan masker rambut yang tepat, kamu akan mendapatkan rambut yang lembab, elastis, dan berkilau.

3 dari 5 halaman

4. Conditioner

Kondisioner berfungsi untuk menjaga kelembaban rambut serta mengurangi kekeringan dan kusut pada rambut yang bermasalah. Kandungan bahan-bahan seperti silikon dan pelembab lain membuat kamu dapat mengatur dan menyisir rambut dengan lebih mudah.

Selain itu, conditioner juga memiliki cara kerja dengan membentuk lapisan pelindung di sekitar rambut. Hal ini dapat membantu untuk melindungi rambut dari panas atau faktor lingkungan lainnya.

5. Hair Tonic

Hair tonic atau tonik rambut umumnya mengandung bahan-bahan seperti vitamin, mineral, atau ekstrak herbal yang dapat mempercepat pertumbuhan rambut dengan sehat. Selain itu, produk ini juga dapat mengurangi kerontokan pada rambut.

Bagi kamu yang rentan merasa stress atau ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan kerontokan rambut parah, maka hair tonic dapat menjadi salah satu solusi.  

6. Hair Serum

Setelah menggunakan hair tonic, kamu bisa lanjut menggunakan serum rambut. Produk ini dapat membuat rambut menjadi lebih halus, lembut, dan berkilau. Terlebih bagi kamu yang ingin melindungi rambut dari panas pengering atau catok rambut, maka peran serum menjadi cukup penting.

4 dari 5 halaman

7. Vitamin Rambut

Vitamin rambut mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh rambut, seperti biotin, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan mineral seperti zinc dan selenium. Kandungan ini dapat menyehatkan rambut dengan memperkuat struktur rambut sehingga lebih tahan terhadap kerusakan.

8. Hair Mist

Hair mist merupakan tambahan yang baik bagi kamu yang membutuhkan aroma menyegarkan untuk rambut. Kamu dapat memilih hair mist yang memiliki aroma menyegarkan sehingga dapat menutupi bau tak sedap yang timbul pada rambut.

5 dari 5 halaman

Apa saja produk basic hair care yang tepat?

Bagi kamu yang ingin melakukan hair care routine namun tidak memiliki waktu untuk melakukan seluruh langkah yang telah dijelaskan, kamu bisa menggunakan produk-produk basic saja.

Untuk melakukan basic hair care, kamu cukup menggunakan sampo, kondisioner, serta satu produk tambahan lain yang sesuai dengan permasalahan rambutmu. Misalnya, kamu bisa menggunakan sampo, kondisioner, dan hair mask. Untuk lebih tepatnya, kamu bisa memilih produk tambahan yang sesuai dengan permasalahan pada rambutmu.

Penting untuk diketahui, banyak orang berpikir bahwa perawatan rambut hanya dilakukan oleh wanita dengan rambut yang panjang. Padahal, hal ini tidaklah benar. Perawatan rambut juga penting dilakukan bagi laki-laki maupun perempuan yang berhijab. Rambut yang sehat merupakan hal yang seharusnya dimiliki oleh semua orang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat