uefau17.com

10 Manfaat yang Didapat Tubuh Jika Rutin Berjalan Kaki - Citizen6

, Jakarta - Memulai hari dengan berjalan kaki menjadi kebiasaan yang sehat dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran.

Berjalan kaki merupakan sebuah aktivitas fisik yang paling sederhana, namun memiliki manfaat yang luar biasa jika dilakukan secara rutin. Tujuan berjalan kaki adalah meningkatkan denyut jantung, mempercepat pernapasan, dan mengeluarkan keringat untuk memperoleh manfaat kesehatan yang optimal.

Berjalan kaki merupakan bentuk olahraga yang banyak memiliki manfaat, misalnya meningkatkan daya tahan tubuh, membakar kalori, meningkatkan kekuatan otot, dan memperbaiki kesehatan mental.

Berjalan kaki juga merupakan pilihan yang baik bagi mereka yang mencari alternatif olahraga dengan dampak rendah pada sendi dan otot, serta dapat dilakukan dengan fleksibilitas di mana saja, baik di luar ruangan atau di dalam ruangan. Selain itu, jalan kaki juga bisa menjadi bentuk olahraga atau rekreasi, dengan melakukan perjalanan jarak jauh atau berjalan santai untuk menjaga kesehatan dan kebugaran.

Ketika Anda bangun tidur di pagi hari, bergerak mungkin bukan prioritas utama Anda. Namun, memulai hari Anda dengan berjalan kaki di sekitar lingkungan Anda atau bagian dari perjalanan Anda ke tempat kerja atau sekolah dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh Anda.

Berikut beberapa manfaat berjalan kaki yang dapat Anda peroleh jika dilakukan secara rutin, seperti dilansir dari laman Health Line, Senin (15/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Meningkatkan Energi Anda

Memulai hari Anda dengan berjalan kaki dapat memberi Anda lebih banyak energi sepanjang hari terutama jika berjalan di luar ruangan. Penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang berjalan kaki selama 20 menit di luar ruangan memiliki lebih banyak vitalitas dan energi dibandingkan mereka yang berjalan kaki selama 20 menit di dalam ruangan. Jika Anda membutuhkan energi di pagi hari, berjalan kaki merupakan solusi yang baik.

2. Meningkatkan Suasana Hati

Ada beberapa manfaat fisiologis dari berjalan kaki di pagi hari. Berjalan kaki di pagi hari dapat membantu seseorang dalam meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, kecemasan, kelelahan, dan bahkan mengurangi risiko depresi.

3. Menyelesaikan Akivitas Fisik

Salah satu manfaat berjalan kaki di pagi hari adalah Anda akan menyelesaikan aktivitas fisik untuk hari itu sebelum kewajiban keluarga, pekerjaan, atau sekolah Anda terganggu.

Orang dewasa yang sehat harus menyelesaikan setidaknya 150 hingga 300 menit latihan intensitas sedang per minggu. Untuk itu, cobalah untuk berjalan kaki selama 30 menit 5 kali seminggu untuk memenuhi persyaratan ini.

3 dari 4 halaman

4. Dapat Menurunkan Berat Badan

Berjalan kaki di pagi hari dapat membantu Anda mencapai target penurunan berat badan. Berjalan kaki dengan kecepatan sedang selama 30 menit dapat membakar hingga 150 kalori.

Semakin lama dan lebih cepat Anda berjalan, semakin banyak kalori yang terbakar. Dalam jangka panjang, defisit kalori yang dihasilkan dari berjalan kaki secara teratur dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini juga dikombinasikan dengan diet sehat danberolahraga secara teratur.

5. Mencegah Penyakit

Berjalan kaki dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan Anda, termasuk meningkatkan kekebalan tubuh, serta mencegah dan membantu Anda menjaga kondisi kesehatan. Sebuah penelitian menujukkan bahwa berjalan kaki selama 30 menit per hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Jika Anda mengalami diabetes, berjalan kaki juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah Anda. Bahkan berjalan kaki dapat membantu meningkatkan usia hidup Anda dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan kanker tertentu.

6. Memperkuat Otot

Berjalan kaki dapat membantu memperkuat otot-otot di kaki Anda. Untuk hasil terbaik, berjalanlah dengan kecepatan sedang hingga cepat. Cobalah untuk mengubah rutinitas Anda dan menaiki tangga, berjalan naik turun bukit, atau berjalan di tanjakan di atas treadmill.

Tambahkan latihan penguatan kaki seperti squat dan lunge beberapa kali seminggu untuk mendapatkan otot yang lebih kuat.

4 dari 4 halaman

7. Meningkatkan Kesehatan Mental

Jalan pagi dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan kemampuan Anda untuk fokus sepanjang hari. Sebuah penelitian menujukkan bahwa di antara orang dewasa yang lebih tua, mereka yang memulai hari dengan berjalan kaki di pagi hari dapat meningkatkan fungsi kognitif mereka, dibandingkan dengan mereka yang tetap tidak banyak bergerak.

Berjalan kaki juga dapat membantu Anda berpikir lebih kreatif. Penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki membuka aliran ide yang bebas, yang dapat membantu Anda memecahkan masalah dengan lebih baik dibandingkan jika Anda duduk atau tidak banyak bergerak. Hal ini terutama terjadi jika Anda berjalan di luar ruangan.

8. Tidur Nyenyak di Malam Hari

Berjalan kaki di pagi hari dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Sebuah penelitian menujukkan bahwa mereka yang berolahraga di pagi hari dibandingkan malam hari mengalami kualitas tidur yang lebih baik di malam hari.

Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan mengapa berolahraga di pagi hari mungkin lebih baik untuk tidur daripada berolahraga di malam hari.

9. Dapat Mengatasi Cuaca Panas

Salah satu manfaat berjalan kaki di pagi hari pada musim panas atau jika Anda tinggal di daerah yang beriklim hangat sepanjang tahun adalah Anda bisa berolahraga sebelum cuaca terlalu panas di luar. Pastikan Anda minum banyak air agar tetap terhidrasi sebelum dan sesudah berolahraga.

10. Menginspirasi Pilihan Hidup Sehat

Memulai hari Anda dengan berjalan kaki dapat membuat Anda membuat pilihan yang lebih sehat sepanjang hari. Setelah berjalan kaki, Anda mungkin merasa lebih berenergi dan kurang tidur.

Ketika energi Anda menurun atau Anda lelah, Anda cenderung meraih makanan ringan atau penambah energi. Berjalan kaki di pagi hari dapat menginspirasi Anda untuk memilih makan siang dan camilan yang sehat di sore hari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat