uefau17.com

5 Olahraga yang Tepat untuk Memulai Gaya Hidup Sehat - Bola

, Jakarta- Memulai gaya hidup sehat sebenarnya tidaklah sulit. Anda bisa memulainya dari hal-hal sederhana dan mengubah pola aktivitas harian. Tidur yang cukup adalah kunci penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan otak, serta membantu mengelola stres.

Selain itu, menjalani hidup sehat juga harus disertai dengan rutin berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Dalam sebuah artikel berjudul 'Navigating the shifts in consumer behavior in Indonesia', Survei Nielsen mengungkapkan bahwa kesehatan fisik dan mental termasuk dalam tiga pengeluaran terbesar masyarakat Indonesia pada tahun 2023.

Sebanyak 70% responden memprioritaskan kesehatan fisik, diikuti dengan perencanaan masa depan (64%) dan kesehatan mental (60%). Ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat Indonesia terhadap pentingnya hidup sehat sudah sangat tinggi.

Namun, tantangan terbesar adalah menjaga konsistensi. Bagaimana cara mengalahkan diri sendiri yang kemarin dan melakukan lebih baik hari ini? Untuk kamu yang ingin memulai gaya hidup sehat secara konsisten, berikut adalah 5 pilihan olahraga yang mudah dilakukan kapan saja: 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Berlari

Berlari adalah aktivitas yang sangat bermanfaat karena dapat membantu membakar lebih banyak kalori, meningkatkan stamina, dan memperkuat otot. Bagi kamu yang baru memulai, cobalah untuk berlari perlahan selama 10 menit dan secara bertahap tingkatkan durasi serta intensitasnya.

Menurut data dari Garmin, berlari memiliki dampak positif yang signifikan pada berbagai metrik kesehatan dan kebugaran. Mereka yang berlari lebih dari 80 kilometer per minggu mencatatkan skor tidur rata-rata tertinggi, Body Battery™ maksimal, serta detak jantung istirahat dan skor stres terendah.

Bahkan, pelari pemula menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak berlari sama sekali.

3 dari 6 halaman

2. Jalan Kaki

Berjalan kaki adalah bentuk olahraga yang paling sederhana dan terjangkau. Jalan kaki bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun tanpa memerlukan peralatan khusus.

Dengan berjalan kaki selama minimal 30 menit setiap hari, kamu sudah cukup untuk meningkatkan kesehatan jantung dan membakar kalori.

4 dari 6 halaman

3. Bersepeda

Bersepeda memiliki banyak manfaat luar biasa, seperti membantu membakar kalori, meningkatkan stamina, dan memperkuat otot kaki.

Kamu dapat menikmati aktivitas ini di luar ruangan dengan pemandangan yang indah atau di dalam ruangan menggunakan sepeda statis yang praktis.

5 dari 6 halaman

4. Renang

Renang adalah pilihan olahraga yang sempurna bagi mereka yang ingin tetap aktif tanpa membebani sendi.

Aktivitas ini tidak hanya membantu membakar kalori, tetapi juga meningkatkan stamina dan memperkuat otot-otot di seluruh tubuh.

6 dari 6 halaman

5. Yoga

Yoga adalah seni olahraga yang mengutamakan peregangan dan relaksasi. Melalui praktik ini, Anda dapat meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan keseimbangan tubuh secara signifikan.

Selain itu, yoga juga selama ini dikenal efektif dalam mengurangi stres dan memperbaiki kualitas tidur Anda.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat