uefau17.com

Hasil Piala AFF U-16 Vietnam vs Indonesia: Cetak 5 Gol Tanpa Balas, Garuda Nusantara Amankan Peringkat 3 - Bola

, Jakarta Timnas Indonesia U-16 berhasil mengamankan predikat juara 3 di kompetisi Piala AFF U-16 2024. Kepastian itu didapat setelah Garuda Nusantara tampil ganas dalam laga perebutan peringkat 3 melawan Vietnam di Stadion Manahan, Solo, pada Rabu (3/7/2024).

Sebanyak 5 gol tanpa balas diciptakan anak-anak asuh Nova Arianto di laga ini. Dafa Zaidan menyumbang satu gol di babak pertama, sementara empat sisanya diborong oleh Zahaby Gholy dan Daniel Alfrido lewat brace masing-masing.

Jalannya Pertandingan Vietnam vs Indonesia

Timnas Indonesia dan Vietnam memulai laga dengan begitu hati-hati. Kedua tim sudah cukup paham dengan gaya permainan masing-masing, sehingga peluang berbahaya sulit tercipta di awal babak pertama.

Garuda Muda coba membangun serangan cepat pada menit ke-10, tetapi gagal membuahkan hasil bagus. Sementara The Golden Star muda sempat memperoleh kesempatan tak lama berselang Nguyen Thai Hieu, tetapi bola tembakannya terblokir oleh perut I Putu Panji.

Peluang dari tendangan bebas didapat Timnas Indonesia U-16 pada menit 23. Fandi Ahmad melakukan eksekusi yang coba diteruskan oleh Andi Faith Jamaludin, tetapi finishing-nya masih belum sempurna. Andi kembali nyaris mencetak gol melalui tendangan on-target-nya tak lama berselang. Sayang, kiper Hoa Xuan Tin masih sigap menyelamatkan aksi itu.

Adegan jual beli serangan terus mewarnai jalannya laga di pertengahan babak pertama. Timnas Indonesia U-16 nyaris kebobolan pada menit 26 lantaran para pemain bertahan Indonesia sedikit lengah menghalangi pergerakan penggawa The Golden Star di dalam kotak.

Bui Duy Dang lantas mencoba peruntungan untuk mencatatkan nama di papan skor. Keuntungan bagi Merah Putih lantaran Dafa Al Gasemi sanggup menunaikan tugasnya dengan baik untuk menggagalkan upaya lawan.

Peluang demi peluang terus didapatkan Timnas Indonesia U-16. Nova Arianto juga mencoba membuat perubahan dengan memasukkan Evandra Florasta, tetapi kedudukan 0-0 masih belum berubah hingga laga berjalan 40 menit.

Gol pertama yang ditunggu-tunggu Merah Putih baru tercipta pada menit terakhir waktu normal babak pertama. Gholy melakukan pergerakan mulus ke kotak penalti Timnas Vietnam U-16 yang dilanjutkan dengan finishing sempurna untuk mengecoh Hoa Xuan Tin sekaligus menghadirkan angka pertama.

The Golden Star kesulitan mengejar ketertinggalan di sisa waktu yang ada. Justru Timnas Indonesia U-16 yang berhasil menambah keunggulan lewat tendangan akurat Dafa Zaidan El Fikri dari tepi kotak penalti. Kedudukan berubah menjadi 2-0 dan bertahan sampai jeda.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Babak Kedua Vietnam vs Indonesia

Pertandingan mulai memanas memasuki babak kedua. Peluang demi peluang coba kembali dihadirkan, tetapi skor masih belum berubah di 5 menit awal pasca turun minum.

Vietnam memperoleh kesempatan bagus untuk memperkecil ketertinggalan setelah wasit memberi hadiah tendangan bebas pada menit 57. Bola on-target diarahkan oleh penggawa Vietnam ke gawang Merah Putih, tetapi powernya masih terlalu lemah, sehingga mudah diamankan oleh Dafa Al Gasemi.

Tensi terus bertambah ketika laga berjalan satu jam. Pelanggaran keras dilakukan oleh pemain The Golden Star Chu Ngoc Nguyen Luc kepada Tristan Raissa, yang memicu emosi rekan setimnya. Gesekan sempat terjadi antara kedua kubu, tetapi wasit cepat turun tangan untuk melerai.

Vietnam banyak melakukan pressing setelahnya. Beberapa situasi bola mati yang membahayakan juga diperoleh tim muda The Golden Star, tetapi masih mampu diantisipasi oleh tembok pertahanan Merah Putih.

Timnas Indonesia U-16 gantian melakukan penetrasi untuk menyerang pada menit 72. Akan tetapi, anak asuh Nova Arianto sudah lebih dulu terperangkan offside, sehingga upaya mereka tak mebuahkan hasil sesuai harapan.

Garuda Nusantara kembali mendapat peluang emas pada menit 74. Tiga penggawa Merah Putih termasuk Evandra Florasta sudah masuk ke kotak penalti, tetapi keputusan yang salah dari Evandra menyebabkan dirinya gagal mencetak gol.

Beuntung momen menyakitkan itu langsung dibayar oleh Daniel Alfrido tak lama berselang. Pemain yang baru dimasukkan di babak kedua melepas tembakan terukut yang tidak terlalu keras, tetapi sanggup mematikan langkah penjaga gawang Vietnam pada menit 75. Skor kembali berubah menjadi 3-0.

Timnas Indonesia U-16 tak butuh waktu lama untuk kembali menambah koleksi golnya. Zahaby Gholy mencatatkan namanya di papan skor untuk kedua kali di laga kontra Vietnam setelah memanfaatkancutback dari Mierza tiga menit setelah gol Daniel.

Vietnam sudah pontang-panting meladeni permainan Indonesia. Tim muda The Golden Star nampak kelelahan, sehingga situasi ini langsung dimanfaatkan oleh Garuda Nusantara. Mierza lagi-lagi menjadi sosok penting yang memberi umpan cantik bagi rekannya. Daniel menyambut bola untuk mencetak gol kelima Timnas Indonesia U-16 pada menit 82.

The Golden Star muda sudah kehabisan waktu untuk menggagalkan kemenangan Garuda Nusantara. Beberapa serangan sempat diciptakan, tetapi Dafa Al Gasemi tampil begitu tenang untuk mencegah bola menyentuh gawangnya. Tambahan waktu 3 menit diberikan wasit di masa injury time, tetapi tak ada gol tambahan yang tercipta. Skor 5-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia U-16 bertahan sampai bubaran.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain Vietnam vs Indonesia

Timnas Vietnam U-16: Hoa Xuan Tin; Nguyen Manh Cuong, Nguyen Hong Quang, Le Tan Dung, Pham Duy Long, Tran Dong Thuc; Nguyen Thai Hoa, Chu Ngoc Nguyen Luc, Bui Duy Dang; Nguyen Thai Hieu, Tran Thanh Bhinh.

Timnas Indonesia U-16: Dafa Al Gasemi; Dafa Zaidan El Fikri, I Putu Panji, Ida Bagus Putu Cahya Pramana, Fabio Azkairawan, Andi Faith Jamaludin Rachman; Lucas Raphael Lee, Tristan Raissa Ibrahim; Muhamad Zahaby Gholy, Josh Holong Junior, Fandi Ahmad Muzaki.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat