uefau17.com

Begini Bentuk Kunci Dekripsi Ransomware yang Dikasih Brain Cipher ke PDN - Tekno

, Jakarta - Kelompok ransomware Brain Cipher akhirnya menepati janji untuk memberikan kunci dekripsi ke pihak Pusat Data Nasional (PDN). Dekripsi itu fungsinya untuk membuka semua file milik PDN yang dikunci atau disandera oleh hacker tersebut.

Lantas, seperti apa bentuk kunci dekripsi ransomware yang dikasih Brain Cipher ke pihak PDN?

Seorang mantan hacker dengan akun Instagram @Realmrbert menunjukkan bentuk kunci dekripsi itu melalui unggahan di Reels. 

<p>Bentuk kunci dekripsi ransomware yang dikasih Brain Cipher ke PDN. Sumber: tangkapan layar dari akun Instagram @Realmrbert</p>

"Kuncinya berupa file ESXi dengan ukuran hanya 54kb. Meski kecil, tapi nilainya bisa ratusan miliar karena ini adalah kunci yang bisa membuka data kita," ujar @Realmrbert, dikutip Rabu (3/7/2024) malam.

"Bayangkan, dengan anggaran Rp 700 miliar untuk mengamankan data Indonesia, kalian (BSSN dkk) hanya mengandalkan sistem keamanan dengan Windows Defender," tuturnya dengan ekspresi kesal.

Pria yang saat ini berprofesi sebagai Penasihat Keamanan Siber itu menyebut kejadian (serangan ransomware Brain Cipher) ini sangat menyedihkan dan merupakan tamparan paling keras bagi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan juga rakyat Indonesia.

"Jujur ini sangat mempermalukan Kominfo dan juga kita sebagai warga negara Indonesia," ujar @Realmrbert mengungkapkan kekecewaannya.

Pun demikian, ia dan rekannya masih menunggu konfirmasi dari Kominfo, BSSN, dan juga PDN untuk memastikan kebenaran kunci dekripsi tersebut.

"Kami masih menunggu kabar dari Kominfo, BSSN, dan juga PDN apakah benar kunci dekripsi itu benar-benar bisa membuka file yang dienkripsi Brain Cipher," @Realmrbert memungkaskan.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat