uefau17.com

Brain Cipher Tepati Janji Kasih Kunci Dekripsi ke Admin PDN, Ini Penjelasan Pengamat Siber - Tekno

, Jakarta - Kelompok ransomware Brain Cipher menepati janjinya untuk memberikan kunci dekripsi ke pihak Pusat Data Nasional (PDN). Informasi ini disampaikan oleh Pengamat Keamanan Siber dari Vaksincom Alfons Tanujaya.

"Brain Cipher menepati janjinya untuk kasih dekripsi ke PDN. Jujur saja, saya sempat ragu karena ini mau lewat hari Rabu. Dia sekarang sudah rilis file dekripsinya," ujar Alfons, Rabu (3/7/2024) malam.

Pun demikian, kata Alfons, kita perlu memastikan apakah file dekripsi itu benar bisa mendekrip semua file yang ada di PDN.

"Jadi saat ini saya menunggu konfirmasi dari tim PDN, apakah benar file yang diberikan oleh Brain Cipher bisa mendekripsi data itu. Kalau itu benar, artinya semua data di VMware (server) yang dienkripsi oleh mereka sekarang bisa balik semua," ia menambahkan.

Alfons pun meminta pihak PDN untuk menjaga data masyarakat Indonesia dengan baik, agar peretasan (serangan ransomware) tak terulang kembali.

"Tolonglah pihak PDN, jaga data ini dengan baik, jangan terulang lagi. Tolong diproteksi data masyarakat Indonesia. Kita semua berkepentingan dan mempercayakan kepada Anda untuk menjaga data dengan baik," ia memungkaskan.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat