uefau17.com

Tak Sadar Tengah Hamil, Wanita Ini Tiba-Tiba Melahirkan di Pesawat - Citizen6

, Jakarta - Seorang wanita yang tidak tahu dirinya hamil melahirkan bayi laki-laki dalam penerbangan Delta Airlines yang kebetulan membawa tim medis di dalamnya.

Lavinia "Lavi" Mounga terbang dari Salt Lake City ke Honolulu pada Rabu pekan lalu, ketika dia secara tak terduga melahirkan putranya, Raymond, pada usia 29 minggu, dikutip dari rilis berita Hawaii Pacific Health, Selasa (4/5/2021).

"Adik kami tidak tahu dia hamil, jadi dia sama terkejutnya dengan kami saat keponakan kami lahir!" tulis saudara perempuan ibu baru itu.

Beruntung bagi Mounga, kebetulan ada beberapa penumpang di pesawat yang merupakan tenaga medis, yaitu Dr. Dale Glenn, seorang dokter pengobatan keluarga di Hawaii Pacific Health, serta perawat NICU Lani Bamfield, Amanda Beeding dan Mimi Ho.

"Saya tidak tahu bagaimana seorang pasien begitu beruntung karena memiliki tiga perawat intensif neonatal dalam penerbangan yang sama ketika dia dalam persalinan darurat, tetapi itulah situasi yang kami hadapi. Hal yang hebat tentang ini adalah kerja tim," Kata Mounga.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lahir dengan Selamat

Glenn mengatakan panggilan darurat yang "cukup mendesak" datang dari pengeras suara sekitar setengah penerbangan, dan dia diberi petunjuk tentang apa yang terjadi oleh seorang pramugari.

"Kami sekitar setengah perjalanan dan kami mendengar seseorang meminta bantuan medis. Saya pergi untuk melihat apa yang terjadi dan melihatnya di sana menggendong bayi di tangannya, dan itu kecil," ujar Bamfield.

3 dari 4 halaman

Menggunakan Alat Seadanya

Lantaran para tenaga medis tersebut tidak memiliki peralatan yang biasa mereka gunakan di rumah sakit, Glenn mengandalkan pelatihan medis di alam liar, dan dia serta para perawat menggunakan tali sepatu untuk mengikat dan memotong tali pusar bayi.

Mereka juga membuat penghangat bayi dari botol microwave, dan menggunakan Apple Watch untuk mengukur detak jantung bayi yang baru lahir tersebut untuk menjaganya tetap stabil selama tiga jam sebelum mendarat.

"Begitu kami membawanya naik ambulans, kami langsung menuju Kapiolani. Dan begitu dia tiba di sana, ruang gawat darurat merawatnya dengan baik, memindahkannya ke NICU, dan bayi serta ibunya baik-baik saja."

4 dari 4 halaman

Dirawat di Rumah Sakit

Mounga yang tinggal di Orem, Utah, dan sedang dalam perjalanan ke Hawaii untuk berlibur bersama keluarga, menerima kunjungan khusus dari para tenaga medis yang membantunya tersebut di rumah sakit dua hari kemudian.

"Kami semua baru saja menangis. Dia menyebut kami keluarga dan mengatakan kami semua bibinya, dan sangat senang melihat mereka,” aku Ho.

Ibu baru itu telah dipulangkan, meskipun Raymond kecil akan tetap di NICU sampai dia siap pulang. Kisah mengharukan itu terekam dalam video oleh pengguna TikTok Julia Hansen, yang klip viralnya telah dilihat lebih dari 13,4 juta kali. 

Dalam video tersebut, Hansen berkata, "Seorang bayi baru saja lahir di pesawat ini." Di akhir video, Mounga dibawa keluar dengan kursi roda dan orang-orang bertepuk tangan saat bayi itu terdengar menangis.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat