uefau17.com

9 Penyebab Mulut Kering Saat Bangun Tidur, Bukan Cuma Dehidrasi - Citizen6

, Jakarta - Anda pasti ingin bangun dengan perasaan segar setelah tidur malam yang nyenyak, bukan? Namun, mengapa terkadang Anda sering terbangun dengan sakit tenggorokan, bibir pecah-pecah, atau mulut yang kering?

Anda mungkin bertanya-tanya apa yang terjadi sehingga mulut Anda menjadi sangat kering. Perlu diketahui, mulut kering saat bangun tidur merupakan hal yang wajar, tetapi jika terjadi secara terus-menerus bisa jadi tanda adanya masalah kesehatan yang perlu diatasi.

Terkadang, minum banyak air putih dapat membantu mengatasi mulut kering, kata Chester Wu, MD, seorang psikiater dan spesialis pengobatan tidur dari Rise Science di Houston, Texas.

Namun, jika masalah ini berlanjut, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan tidak ada masalah kesehatan serius yang perlu ditangani.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah ada masalah serius pada kesehatan tubuh Anda dengan memperhatikan gejala lain yang Anda alami. Berikut penyebab mengapa Anda bangun tidur dengan mulut kering dan gejala lainnya yang perlu diwaspadai, seperti dilansir Well Good, Jumat (28/6/2024).

1. Anda mengalami dehidrasi

Dehidrasi merupakan salah satu penyebab utama mengapa Anda bangun tidur dengan mulut kering, apalagi jika kamar tidur Anda hangat atau Anda belum cukup minum pada hari sebelumnya.

Jika mulut Anda kering akibat dehidrasi, minumlah segelas air saat bangun tidur, dan coba untuk rutin  minum air sepanjang hari.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Bernapas Melalui Mulut

Mana yang lebih baik, bernapas melalui hidung atau mulut? Bernapas melalui hidung sebenarnya lebih baik, tetapi terkadang ada banyak hal yang menyebabkan Anda bernapas melalui mulut saat tertidur, seperti hidung tersumbat karena pilek, dan hal ini yang menyebabkan Anda terbangun dengan sakit kepala dan mulut kering.

Jika Anda bernapas melalui mulut saat hidung dan berlangsung selama lebih dari seminggu, hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa gejala penyakit berikut, seperti adanya alergi kronis, kelenjar adenoid membesar, dan septum menyimpang (ketika tulang rawan dan tulang yang membagi bagian dalam hidung Anda condong lebih ke satu sisi).

Jika Anda terus bernapas lewat mulut selama lebih dari seminggu atau lebih, hubungi dokter untuk memeriksa apakah ada septum yang menyimpang, kelenjar yang membesar, atau masalah struktural lainnya. 

3. Anda mendengkur atau mengalami sleep apnea

Mulut yang sangat kering saat Anda bangun tidur bisa berarti Anda mendengkur di malam hari. Mendengkur terjadi ketika aliran udara melalui mulut dan hidung tersumbat sebagian. Hal itu dapat menganggu pernapasan Anda, yang membuat mulut Anda terasa kering.

Jika sering terjadi, bisa jadi itu merupakan tanda sleep apnea, gangguan tidur yang ditandai dengan jeda napas yang dapat menyebabkan dengkuran sangat keras, kelelahan di siang hari, mudah tersinggung, dan sakit kepala.

Faktanya, sekitar 45 persen orang yang mengalami sleep apnea ditandai dengan mulut kering saat bangun tidur, menurut studi Agustus 2020 di Journal of Clinical and Experimental Dentistry.

4. Mengonsumsi obat tertentu

Ada banyak obat yang dapat membuat mulut Anda kering seperti antidepresan, antipsikotik, diuretic, obat penenang, dan obat pereda nyeri. Jika Anda merasa obat yang Anda minum membuat mulut Anda sangat kering, beri tahu dokter Anda.

Dengan begitu, Anda dapat memutuskan apakah sebaiknya beralih ke obat dengan efek samping yang berbeda, atau mengubah dosis Anda.

3 dari 4 halaman

5. Menggunakan Obat Kumur Sebelum Tidur

Menggunakan obat kumur dapat membuat mulut Anda menjadi lebih segar. Tetapi, obat kumur yang mengandng alkohol bisa membuat mulut Anda kering. Jadi, jika digunakan sebelum tidur, mulut Anda mungkin akan merasa kering sepanjang malam.

6. Alkohol atau tembakau

Alkohol dan tembakau dapat menjadi penyebab mulut kering saat bangun tidur, terutama jika Anda merokok atau minum alkohol sebelum tidur. Alkohol adalah diuretik yang meningkatkan kehilangan cairan, sehingga membuat Anda dehidrasi untuk sementara waktu.

Sedangkan tembakau dapat mengurangi produksi air liur, sehingga Anda memiliki lebih sedikit cairan yang menghidrasi di mulut.

7. Anda menderita diabetes

Gula darah tinggi dapat membuat mulut Anda sangat kering, dan cenderung menjadi salah satu gejala awal diabetes, menurut Cleveland Clinic. Inilah yang sering menyebabkan pengidap diabetes sering merasa haus saat bangun tidur.

Penting untuk menjaga pola hidup sehat untuk menjaga kadar gula darah agar tetap terkendali. Hal ini dapat mencakup mengonsumsi makanan yang seimbang, atau mengonsumsi obat-obatan seperti insulin.

4 dari 4 halaman

8. Memiliki Kelainan Kelenjar Ludah

Masalah pada kelenjar yang memproduksi air liur dapat menyebabkan mulut terasa lebih kering di pagi hari—bahkan sepanjang hari. Hal ini dapat disebabkan oleh penyumbatan kelenjar ludah, atau gangguan autoimun.

Anda mungkin juga merasakan gejala-gejala seperti kesulitan membuka mulut, bengkak di sekitar mulut atau wajah Anda, dan benjolan di dekat telinga, pipi, rahang, bibir, atau bagian dalam mulut Anda.

9. Sedang hamil

Tingkat hormon estrogen dan progesteron yang sangat tinggi yang terjadi saat Anda hamil dapat membuat tubuh Anda melakukan banyak hal, termasuk menghentikan produksi air liur sehingga membuat mulut Anda kering, menurut studi pada bulan Desember 2022 di Archives of Gynecology and Obstetrics.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat