uefau17.com

Aturan Baru Gunung Fuji: Pendaki Dikenakan Tiket Masuk Rp202 Ribu - Global

, Tokyo - Gunung Fuji, situs Warisan Dunia UNESCO dan ikon Jepang, telah menerapkan peraturan baru bagi para pendaki di tengah kekhawatiran akan kepadatan pengunjung secara berlebihan.

Mulai 1 Juli, pendaki harus membayar 2.000 yen atau sekitar Rp202 ribu per orang.

Gunung Fuji juga membatasi jumlah pengunjung dengan maksimal 4.000 pendaki per hari.

"Dengan mendorong langkah-langkah keselamatan komprehensif untuk mendaki Gunung Fuji, kami akan memastikan bahwa Gunung Fuji, harta karun dunia, diwariskan kepada generasi mendatang," kata Koutaro Nagasaki, gubernur Prefektur Yamanashi, seperti dilansir CNN, Senin (1/7/2024).

"Dalam rangka menghidupkan kembali pendakian gunung tradisional dari kaki Gunung Fuji, kita akan memperoleh pemahaman mendetail tentang budaya Fuji-ko dan Oshi yang mendukung pemujaan Gunung Fuji. Kami ingin menghubungkan budaya-budaya ini dengan pendakian gunung ini, karena hal ini berakar pada nilai-nilai budaya agama."

Gunung Fuji telah mengalami berbagai permasalahan akibat padatnya pengunjung, termasuk kemacetan lalu lintas, sampah dan pakaian pendaki yang tidak sesuai.

Dalam aturan terbaru, akan ada pemandu yang mengatur keselamatan di dalam dan sekitar jalan setapak. Mereka akan memberi tahu pendaki jika mereka melanggar etika di gunung, seperti tidur di pinggir jalan setapak, menyalakan api, atau mengenakan pakaian yang tidak sesuai.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Problem bagi Warga Lokal

Gunung Fuji tertutup salju hampir sepanjang tahun, namun pada musim panas lebih dari 220.000 pengunjung berjalan dengan susah payah mendaki lerengnya yang curam dan berbatu, banyak di antaranya mendaki sepanjang malam untuk melihat Matahari terbit.

Beberapa berusaha mencapai puncak setinggi 3.776m tanpa henti dan akibatnya menjadi sakit atau terluka.

Wisatawan juga berbondong-bondong ke daerah sekitarnya untuk mengambil foto gunung megah tersebut, yang dipandang sebagai simbol Jepang. Namun, bagaimanapun, popularitas Gunung Fuji menjadi persoalan tersendiri bagi penduduk setempat.

Di salah satu spot foto ikonik yang memperlihatkan Gunung Fuji di belakang gerai Lawson, para pejabat yang kesal memasang penghalang berupa jaring hitam besar untuk menghalangi pandangan.

3 dari 3 halaman

Warga Setempat Mengeluh

Langkah tersebut diambil setelah warga yang bekerja dan tinggal di dekatnya mengeluhkan sebagian besar turis asing masuk tanpa izin, membuang sampah sembarangan, dan menyeberang jalan secara berbahaya untuk mendapatkan gambar yang sempurna.

Jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Jepang mencapai rekor tertinggi, di mana pada Maret pengunjung bulanannya melebihi tiga juta untuk pertama kalinya.

Penduduk distrik geisha di Kyoto juga telah melarang wisatawan memasuki gang-gang pribadi setelah adanya keluhan bahwa beberapa wisatawan secara kasar meminta selfie dengan para penghibur yang mengenakan kimono.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat