uefau17.com

Studi: Orang Tua Lebih Sering Membanggakan Kemampuan Matematika Anak Laki-laki Daripada Anak Perempuan - Global

, London - Orang tua cenderung sering terlalu membanggakan kemampuan matematika anak laki-laki daripada anak perempuan, menurut penelitian yang menunjukkan bahwa stereotip gender di lingkungan rumah dapat menghambat kemajuan siswa perempuan.

Melansir dari The Guardian, Sabtu (29/562024), temuan yang dipresentasikan dalam sebuah kelas di University College London, menemukan bahwa orang tua cenderung terlalu percaya diri terhadap kinerja akademis anak-anak mereka dalam membaca dan matematika, terlepas dari jenis kelamin.

Namun, dalam matematika, orang tua melebih-lebihkan kemampuan anak laki-laki secara signifikan lebih besar.

"Kami tahu bahwa stereotip gender bisa menjadi ramalan yang terpenuhi dengan sendirinya," kata Dr. Valentina Tonei, seorang ekonom di University of Southampton yang mempresentasikan penelitian ini dalam sebuah ceramah di Institute of Education.

"Kami terkadang mendengar bahwa anak perempuan tidak suka matematika, tetapi apa yang telah dilakukan untuk melihat mengapa mereka tidak suka matematika? Saya sangat yakin bahwa ini bukan karena anak perempuan benci matematika, tetapi karena hasil dari bertahun-tahun terpapar stereotip."

Masih terdapat kesenjangan gender yang signifikan dalam matematika, fisika, dan teknik, dengan siswa perempuan hanya berjumlah 23% dari kandidat A-level untuk fisika dan 37% untuk matematika di Inggris dan menghasilkan proporsi yang lebih kecil di luar tingkat sarjana.

Mantan komisaris mobilitas sosial pemerintah, kepala sekolah Katharine Birbalsingh, mengatakan kepada komite terpilih pada tahun 2022 bahwa anak perempuan tidak memilih fisika A-level karena mereka tidak menyukai "matematika yang sulit", yang memicu kemarahan dari para ilmuwan terkemuka.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bagaimana Hasil Penelitian Diperoleh?

Penelitian terbaru ini, yang menunjukkan bahwa bias orang tua dapat berperan, mengikuti temuan sebelumnya yang menyatakan bahwa guru mengharapkan anak perempuan lebih buruk dalam matematika dan memberi nilai mereka sesuai dengan kemampuan tersebut.

Tonei dan rekan-rekannya menganalisis data dari sekitar 3.000 anak-anak dan orang tua mereka yang berpartisipasi dalam Studi Longitudinal Anak-anak Australia atau Longitudinal Study of Australian Children (LSAC). 

Orang tua diminta untuk menilai seberapa baik anak-anak mereka dalam matematika dan membaca pada berbagai waktu. Skor yang mereka berikan kemudian dibandingkan dengan hasil tes Naplan anak-anak tersebut.

Tes Naplan ini setara dengan Sats di Australia, yang diambil pada usia delapan hingga sembilan tahun.

Skor tes menunjukkan sedikit perbedaan gender, dengan anak perempuan mencapai setara dengan tambahan 1,7% dalam membaca dan anak laki-laki tambahan 0,6% dalam matematika.

Namun, dalam pelajaran matematika, kepercayaan berlebihan orang tua terhadap kemampuan anak laki-laki secara signifikan melebihi kinerja mereka yang sedikit lebih baik.

3 dari 4 halaman

Banyak Bias yang Tidak Disadari

Namun, bias gender tersebut tidak terlihat pada sekitar satu dari sepuluh orang tua yang kebetulan menjawab kuesioner setelah mereka menerima skor anak mereka.

Efek ini juga lebih kecil pada ibu yang sangat terdidik dan mereka yang bekerja di pekerjaan yang didominasi oleh perempuan.

"Orang tua membutuhkan informasi yang jelas dan objektif tentang keterampilan dan kemampuan untuk mendukung anak mereka dengan cara terbaik," kata Tonei. 

"Banyak bias yang tidak disadari sehingga kita perlu bertindak sejak dini. Skor tes ini bisa menjadi alat yang cukup kuat dalam mengubah keyakinan orang tua."

Penelitian ini juga mengisyaratkan bahwa bias orang tua dapat berdampak pada arah pendidikan anak. Ketika para peneliti melacak kinerja anak-anak dalam tes Naplan berikutnya dua tahun kemudian, anak-anak yang orang tuanya paling percaya diri terhadap kemampuan mereka cenderung memiliki hasil yang lebih baik.

 

4 dari 4 halaman

Pola Asuh yang Dipengaruhi Stereotip Gender

Sejalan dengan hasil tes Naplan tersebut, kesenjangan antara anak perempuan dan laki-laki dalam pelajaran matematika semakin melebar.

"Semakin orang tua melebih-lebihkan, semakin tinggi tingkat keterampilan anak-anak ini dua tahun kemudian," kata Tonei.

"Karena orang tua lebih sering melebih-lebihkan keterampilan matematika anak laki-laki, hal ini mengarah pada amplifikasi perbedaan keterampilan matematika antara anak laki-laki dan perempuan. Ini dapat berkontribusi pada kesenjangan yang meluas dari waktu ke waktu," tambahnya.

Profesor Gina Rippon, seorang ahli saraf di Aston University yang telah mempelajari perbedaan gender dalam otak, mengatakan bahwa temuan ini sesuai dengan banyak bukti dalam psikologi bahwa stereotip gender dapat memengaruhi pola asuh.

"Psikologi telah lama mengetahui bahwa orang tua mengharapkan hal yang berbeda dari anak laki-laki dan perempuan," katanya.

Ia menambahkan bahwa hal yang menggembirakan adalah bahwa memberikan skor objektif tampaknya dapat membantu melawan efek tersebut. "Saya pikir itu cukup menggembirakan," tambahnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat