uefau17.com

Ini 3 Fitur Penting iPadOS 18, Bisa Bantu Siswa Kerjakan Soal Matematika - Tekno

, Jakarta - Apple baru saja perkenalkan iPadOS di acara Worldwide Developer Conference (WWDC) 2024. Sistem operasi ini diperkenalkan berbarengan dengan iOS 18 dan MacOS Sequoia.

Perusahaan menyebut iPadOS 18 menghadirkan peningkatan signifikan pada pengalaman penggunaan serta fitur yang lebih cerdas dari sebelumnya.

Selain meningkatkan berbagai fitur, iPadOS 18 juga menghadirkan pembaruan pada sektor keamanan dan stabilitas. Hal ini memungkinkan aplikasi yang berjalan lebih mulus dan stabil.

Seperti iOS 18 dan MacOS Sequoia, iPadOS 18 juga dibenamkan Apple Intelligence. Sebagai informasi, alat kecerdasan buatan (AI) milik Apple ini menghadirkan kecerdasan generatif berkat penggabungan kekuatan model generatif dan sistem yang mengenal kebiasaan pengguna.

“Perangkat kami yang paling serbaguna menjadi lebih bertenaga dan cerdas dibandingkan sebelumnya dengan iPadOS 18,” kata Craig Federighi, Wakil Presiden Senior Bidang Rekayasa Perangkat Lunak Apple, sebagaimana dikutip dari Apple Newsroom, Kamis (13/6/2024).

Bagi kamu yang penasaran apa saja yang dimiliki oleh iPadOS 18, Tekno telah menghimpun tiga fitur terbaru yang salah satunya bisa membantu siswa mengerjakan soal matematika

Simak selengkapnya di bawah ini...

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Kalkulator

Bagi kamu yang belum tahu, di versi iPadOS sebelumnya Apple tidak menghadirkan aplikasi kalkulator. Keputusan tersebut dipertanyakan karena perusahaan tidak mau menghadirkan aplikasi sederhana seperti kalkulator.

Kini, di iPadOS 18, Apple menghadirkan aplikasi kalkulator bagi pengguna iPad. Kendati demikian, perusahaan asal Cupertino ini tidak hanya memperkenalkan aplikasi kalkulator saja.

Apple memperkenalkan Math Notes, ini merupakan fitur baru yang mungkinkan pengguna menulis rumus matematika secara langsung melalui tulisan tangan dan sistem akan secara otomatis jawab soal yang telah ditulis sebelumnya.

Math Notes memberikan serangkaian alat yang mampu permudah pengguna menjawab soal matematika, seperti memberikan nilai pada variabel, menghitung anggaran, dan masih banyak lagi.

Selain itu, dengan adanya fitur grafik baru, pengguna dapat menulis atau mengetik persamaan dan menyisipkan grafik hanya dengan satu ketukan, dan bahkan dapat menambahkan beberapa persamaan pada grafik yang sama untuk melihat keterkaitan dari grafik yang telah digambar.

Apple menyebut dengan adanya fitur ini, pengguna khususnya siswa akan lebih terbantu karena mereka bisa menyelesaikan soal matematika dengan lebih cepat.

3 dari 4 halaman

2. Smart Script

Smart Script adalah fitur baru di iPadOS 18 yang membuat pengalaman menggambar di iPad jadi lebih mulus dan menyenangkan.

Dengan kolaborasi Apple Pencil, Smart Script mungkinkan pengguna membuat catatan tulisan tangan menjadi lancar, fleksibel, dan mudah dibaca, sekaligus mempertahankan tampilan dan nuansa tulisan tangan pribadi pengguna.

Fitur ini juga memungkinkan pengguna menulis dengan cepat tanpa mengorbankan keterbacaan dengan menghaluskan dan meluruskan teks tulisan tangan secara real time.

Tak hanya itu, Smart Script dapat membuat pengeditan teks tulisan tangan semudah mengedit teks yang diketik.

Berkat bantuan Apple Pencil, pengguna dapat dengan mudah menambahkan spasi, menggores kalimat, atau bahkan menempelkan teks yang diketik dalam tulisan tangan mereka sendiri, dan paragraf akan secara otomatis diubah posisinya agar sesuai dengan konten baru.

4 dari 4 halaman

3. Cara baru Kostumisasi iPad

iPadOS 18 baru memperkenalkan lebih banyak opsi bagi pengguna untuk menyesuaikan tampilan sesuai selera pengguna, termasuk cara baru untuk menyesuaikan Home Screen, ikon aplikasi, serta Control Center.

Kini, ikon aplikasi dan widget bisa dipindah dan diletakkan di seluruh tempat di Home Screen sesuai preferensi pengguna, serta membuat tampilan Home Screen lebih terpersonalisasi dan membuat wallpaper terlihat jelas.

Selain itu, pengguna juga bisa menyesuaikan tema Home Screen agar lebih sesuai dengan selera pengguna. Pengguna juga bisa membuat tampilan ikon aplikasi dan widget menjadi lebih besar, hingga menyembunyikan nama dibawahnya.

Tak hanya tampilan Home Screen, Apple juga memberikan sentuhan baru di Control Center. Fitur ini telah didesain ulang untuk memberikan akses lebih mudah ke banyak hal yang dilakukan pengguna setiap hari, dan mendapat tingkat penyesuaian dan fleksibilitas baru.

Dengan pembaruan desain Control Center di iPadOS 18, pengguna akan diberikan akses cepat ke grup baru dari kontrol yang paling sering digunakan pengguna, seperti pemutaran media, beranda, dan konektivitas lainnya, serta kemampuan untuk menggeser dengan mudah di antara masing-masing grup.

Fitur ini akan memberikan keleluasaan lebih bagi pengguna sehingga tampilan iPad lebih terpersonalifikasi dan sesuai dengan selera pribadi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat