uefau17.com

Hampir Separuh Uang Warren Buffet Diinvestasikan di 1 Saham Ini, Nekat? - Saham

, Jakarta - Memiliki rekam jejak tersukses di dunia investasi, Warren Buffett menjadi legenda di dunia keuangan. Manuver investasinya lewat Berkshire Hathaway menjadi perhatian mulai dari investor amatir hingga profesional.

Baru-baru ini, Apple (AAPL) bisa dibilang menjadi saham terbaik yang dimiliki I 2016. Sejak awal kuartal tersebut hingga 18 Juni 2024, saham raksasa teknologi konsumen ini melonjak 714%. Keuntungan besar ini telah menjadikan Apple sebagai perusahaan induk terbesar di Berkshire, mewakili 43% dari portofolio senilai USD 390 miliar.

Banyak hal yang bisa dipelajari dengan melihat proses pengambilan keputusan Warren Buffett saat pertama kali memilih membeli saham "Magnificent Seven". Investor kemudian harus melihat segala sesuatunya dengan perspektif baru untuk melihat apakah faktor-faktor ini masih berlaku dan dapat menjadikan Apple sebagai pembelian yang cerdas saat ini.

Melansir Motley Fool, Senin (24/6/2024), Apple adalah bisnis kecil hampir satu dekade yang lalu, namun masih menjadi salah satu merek terkuat di dunia. Produk perangkat keras perusahaan yang populer, terutama iPhone, meningkatkan loyalitas pelanggan. Namun berkat perangkat lunak dan layanan Apple, ekosistem yang kuat tercipta dan membuat pelanggan enggan beralih ke platform pesaing.

Pengenalan merek dan loyalitas pelanggan membantu mendorong kekuatan penetapan harga yang luar biasa. Hal ini ditunjukkan dengan margin kotor Apple tahun fiskal 2015 sebesar 40,1%. Sepertinya pelanggan bersedia membayar untuk produk mahal tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kinerja Keuangan

Keuangan Apple berada dalam kondisi prima ketika Buffett pertama kali membeli saham tersebut. Pada tahun fiskal 2015, bisnis ini meraup laba bersih sebesar USD 53 miliar, dengan margin keuntungan yang luar biasa sebesar 22,8%. Dan Apple memiliki uang tunai, setara kas, dan surat berharga sebesar USD 206 miliar, dibandingkan dengan utang jangka panjang sebesar USD 56 miliar per 26 September 2015. Ini bukanlah perusahaan yang mengalami kesulitan finansial.

Warren Buffett suka membeli bisnis berkualitas tinggi. Tapi dia hanya akan melakukannya jika harganya cocok. Selama Q1 2016, saham Apple diperdagangkan dengan rasio harga terhadap pendapatan (P/E) rata-rata hanya 10,6. Tidak, itu bukan salah ketik. Jika dipikir-pikir, ini tampak seperti sebuah pencurian total.

Apple merupakan keputusan investasi yang fantastis untuk Oracle of Omaha. Dan saat ini, perusahaan tersebut mewakili sebagian besar portofolio ekuitas publik Berkshire Hathaway. Namun investor tidak serta merta membeli saham tersebut. Regulasi saat ini tidak sama dengan saat Buffett pertama kali membeli saham.

 

 

3 dari 3 halaman

P/E Saham Apple

Apple adalah perusahaan yang lebih matang pada 2024 dibandingkan pada 2016. Ini berarti prospek pertumbuhannya sedikit lebih terbatas. Penjualan turun 2,8% pada tahun fiskal 2023, dan turun lagi pada kuartal II tahun fiskal 2024.

Untuk tren pertumbuhan yang lebih rendah ini, investor diminta membayar rasio harga terhadap pendapatan sebesar 32,7. Itu adalah penilaian yang sangat curam, yaitu 53% lebih tinggi dari rata-rata P/E saham Apple dalam 10 tahun terakhir. Dan penilaian saat ini tiga kali lebih tinggi dibandingkan saat Buffett pertama kali menambahkan Apple ke portofolio Berkshire.

Berdasarkan penilaian, ekspektasi terhadap perusahaan ini dan masa depannya tetap tinggi. Namun, perolehan pendapatan dan pendapatan di masa depan kemungkinan besar tidak akan menyerupai masa lalu. Tidak diragukan lagi, ini adalah bisnis yang hebat, tetapi saat ini sepertinya ini bukan investasi yang cerdas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat