uefau17.com

Samsung Pamer Sensor Kamera 200MP ISOCELL HP1 dan Fitur Zoom Anyplace, Siap Hadir di Galaxy S24 Ultra? - Tekno

, Jakarta - Samsung memamerkan kemampuan baru dari sensor ISOCELL 200 MP yang ditenagai oleh chipset Snapdragon 8 Gen 3 baru dari Qualcomm dalam sebuah video YouTube.

Menurut laporan GSM Arena, Sabtu (28/10/2023), hingga kini masih belum ada smartphone berteknologi serupa seperti yang ditampilkan di dalam video tersebut.

Banyak yang meyakini, video berdurasi 60 detik di kanal YouTube Samsung itu adalah teaser untuk kemampuan lensa kamera di Galaxy S24 Ultra mendatang.

Dalam video tersebut dipamerkan fitur zoom Anyplace, di mana kamera akan secara otomatis melacak subjek dalam video dan tetap menangkap cuplikan full-frame diperbesar dari keseluruhan adegan yang ditangkap menggunakan HP Samsung ini. 

Artinya, sensor ini memungkinkan pengambilan dua aliran video 4K, yakni dari area dipotong dan dari keseluruhan tampilan. Dengan begitu, pengguna HP Galaxy S24 Ultra nantinya bisa mengubah pembingkaian setelah selesai memotret. Dan itu akan berfungsi pada zoom 2x dan 4x.

Fitur ini juga dikatakan secara otomatis melacak subjek dan menjaganya tetap fokus secara real-time saat bergerak di sekitar pemandangan ke segala arah, termasuk semakin dekat ke lensa. Dan semua ini tetap mempertahankan resolusi 4K.

Selain itu, fitur AI Remosaic E2E (end-to-end) adalah cara baru dalam pemrosesan gambar. Saat ini, sensor ISOCELL memproses foto secara berurutan – warna demi warna, lapis demi lapis.

Namun, dengan adanya AI Remosaic E2E, solusi baru ini bersifat paralel, meliputi warna, nada, pengurangan noise, penajaman, HDR, demosaicing, white balance, dan koreksi bayangan lensa. Semua itu akan terjadi pada saat bersamaan.

Peningkatan di teknologi AI ini akan meningkatkan kecepatan pengambilan dua kali lipat, sehingga mengurangi waktu pemrosesan dan kualitas gambar yang lebih baik.

Samsung mengatakan semua fitur “hanya untuk tujuan ilustrasi,” tetapi sudah dapat dipastikan teknologi ini akan terpasang di HP Samsung terbaru.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Samsung Bakal Umumkan Seri Galaxy S24 Awal 2024

Informasi tentang peluncuran awal dari seri Samsung Galaxy S24 pada tanggal 18 Januari 2024, berasal dari pembocor informasi yang memiliki rekam jejak yang baik dalam mengungkap berita terkait produk Samsung, Ice Universe.

Menurut GSM Arena, dikutip Minggu (1/10/2023), hal ini menandakan bahwa Samsung mungkin akan mengadopsi pendekatan yang sama seperti pada tahun 2021, ketika mereka meluncurkan Galaxy S21 pada Januari.

Ada beberapa alasan potensial di balik keputusan Samsung untuk meluncurkan Galaxy S24 lebih awal. Salah satunya adalah untuk menyelaraskan peluncuran dengan chipset generasi berikutnya yang akan diperkenalkan oleh Qualcomm. 

Dengan chipset baru ini tersedia lebih awal, Samsung akan dapat memasukkan mereka ke dalam produk Galaxy S24 dan memastikan ketersediaan yang lebih cepat di pasaran.

Selain itu, peluncuran awal dapat membantu Samsung dalam mempertahankan permintaan konsumen dan meningkatkan penjualan mereka. 

Contohnya pada 2021, dalam kondisi yang terus berubah akibat pandemi COVID-19, strategi peluncuran yang lebih fleksibel bisa menjadi keuntungan bagi perusahaan.

Namun, perlu dicatat bahwa informasi ini masih bersifat rumor hingga saat ini, dan Samsung sendiri belum mengkonfirmasi tanggal peluncuran resmi untuk smartphone flagship mereka. 

Kita perlu menunggu pengumuman resmi dari Samsung untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat tentang tanggal peluncuran dan fitur-fitur dari seri Galaxy S24 ini.

3 dari 4 halaman

Samsung Galaxy S24 Ultra dan Galaxy S24 Plus Muncul di Internet dengan Desain Baru

Di samping itu, Galaxy S24 Plus dan Galaxy S24 Ultra dijadwalkan akan meluncur pada tahun depan atau 2024. Walau belum dikonfirmasi oleh Samsung, bocoran tentang HP baru ini sudah ramai di internet.

Kali ini bocoran tersebut berhubungan dengan bentuk Galaxy S24 Plus dan Galaxy S24 Ultra. Walau sebatas gambar render, kita dapat mengetahui seperti apa desain HP baru Samsung itu.

Mengutip GSM Arena, Senin (2/10/2023), Galaxy S24 Ultra tidak terlalu berbeda dengan Galaxy S23 Ultra generasi sebelumnya.

HP Android Samsung ini menggunakan empat kamera belakang dengan susunan sama, berbentuk persegi panjang identik bagian atas dan bawah HP Android.

Dari gambar render buatan @OnLeaks dan SmartPrix, frame atau bingkai samsing Galaxy S24 Ultra ini sedikit melengkung.

Sementara di bagian depan HP Samsung menunjukkan tepi layar lebih datar, tidak terlalu melengkung dibandingkan model S23 Ultra.

Laporan tersebut juga mengatakan, Samsung akan menggunakan paduan titanium pada bodi ponsel barunya itu. Alhasil, HP pun akan menjadi lebih ringan.

Terkait ukuran, Galaxy S24 Ultra akan memiiki dimensi 162,3 x 79 x 8,7 mm. Bila benar, makan ponsel ini tampil lebih pendek, tetapi lebar dari Galaxy S23 Ultra.

Sedangkan untuk Galaxy S24 Plus, varian "anak tengah" ini ditampilkan sebagai versi entry-level dengan ukuran layar lebih besar dari S24 standar.

4 dari 4 halaman

Spesifikasi Utama Samsung Galaxy S24 Bocor di Internet

Dikutip dari Gizchina, Rabu (25/10/2023), perangkat baru ini muncul pada daftar Geekbench ini dengan label nama SM-S921B. Perangkat itu pun diyakini sebagai Galaxy S24 versi global atau Eropa.

Menurut daftar Geekbench, perangkat ini hadir dengan Exynos 2400 SoC baru, yang baru-baru ini dirilis oleh Samsung. Dibandingkan chip Exynos 2200, performa CPU-nya 70 persen lebih cepat, dan kekuatan pemrosesan AI-nya 14,7 kali lebih cepat. 

Chip Exynos 2400 yang disebut akan dipakai di Samsung Galaxy S24 ini memiliki 10 core, dua lebih banyak dari Snapdragon 8 Gen 3 octa-core. Chipset ini memiliki super core 3,21 GHz, dua core besar 2,9 GHz, tiga core menengah 2,59 GHz, dan empat core 1,96 GHz.

Hasil Geekbench 6 perangkat baru ini juga menunjukkan skor single-core 2011 dan skor multi-core 6086. Skor ini merupakan peningkatan yang baik dari Samsung Galaxy S23.

Sebagai informasi, hasil Geekbench Samsung S23 saat ini berada pada rata-rata 1.881 dan 4.985 untuk single dan multi-core. Namun, skor ini jauh di bawah iPhone 15, yang mencetak 2559 single-core dan 6375 multi-core.

Samsung Galaxy S24 versi global tampaknya merupakan smartphone yang bertenaga. Sebab, HP Samsung ini dikabarkan akan muncul dengan chipset Exynos 2400 baru dan RAM 8GB. 

Dari segi performa, skor Galaxy S24 lebih baik dari pendahulunya, Galaxy S23. Menurut kabar, Samsung akan memperkenalkan perangkat ini pada acara Galaxy Unpacked yang digelar di San Fransisco, Amerika Serikat pada awal tahun depan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat