uefau17.com

Raffi Ahmad Sebut Momen Haji Jadi Perjalanan Doa Terpanjang Seumur Hidupnya - Lifestyle

, Jakarta - Tahun ini, Raffi Ahmad bersama Nagita Slavina dan keluarganya menunaikan ibadah haji. Mereka berangkat ke Tanah Suci denganHaji Furoda, yaitu haji dengan visa undangan dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

Jemaah yang menggunakan visa furoda berangkat melalui Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK) dengan biaya terbilang fantastis. Sebenarnya bukan hanya Raffi, banyak selebritas lain yang berangkat haji dengan jenis visa ini.

Raffi acap kali membagikan momen ibadahnya secara pribadi, termasuk saat berada di dekat ka'bah. Konten berdurasi panjang pun tak menunggu waktu lama untuk tayang di YouTube, sehingga publik bisa mengetahuinya sesegara mungkin.

Perasaan hati pemain di film Rumput Tetangga itu juga membuat penasaran khalayak. Di video terbaru, Raffi mengungkap telah menempuh perjalanan dari Arafah ke Musdalifah. "Ehem, suara sudah mulai serak, tetep semangat menjalani ibadah haji," kata bapak dua putra itu melalui YouTube RANS, Senin (17/6/2024). 

Langit di luar tampak sudah gelap saat Raffi masih mengenakan pakaian ikhramnya. Di dekatnya, ada Nagita Slavina yang sedang menghabiskan waktu bersama adik Raffi, yaitu Syahnaz Sadiqah. 

Tayangan kemudian berubah saat Raffi berada di hotelnya yang memiliki pemandangan latar belakang Masjidil Haram. "Ya Alhamdulilah tadi kita baru menyelesaikan 90 persen rangkaian haji dari hari pertama sampai hari ini," kata Raffi, seraya menambahkan bahwa ia habis menunaikan tawaf.

Ia mengaku menangis karena terharu bisa melaksanakan ibadah haji bersama keluarganya. "Perjalanan spiritual haji ini buat saya juga perjalanan doa paling panjang seumur hidup," sambung Raffi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wukuf di Arafah Meminta Ampunan

Raffi mengaku, ia biasanya berdoa paling lama sekitar satu jam. Tapi ketika berhaji, ia hampir tak pernah lepas berdoa setelah salat duha hingga memasuki zuhur. Untuk berhaji, Raffi merasa harus benar-benar menguatkan staminanya.

Ia juga menceritakan, saat sampai di Mina, rombongannya harus berangkat sekitar pukul 02.00 dini hari.  "Karena kalau abis subuh, lautan manusianya pasti banyak banget. Akhirnya nyampe di Arafah, di tenda itu jam .. sebelum duha lah," bebernya lagi.

Menurut Raffi, wukuf di Arafah adalah salah satu momen penting dalam ibadah haji. "Wukuf di Arafah itu bener-bener di mana ada janjinya Allah. Kalau kita minta ampunan saat wukuf di Arafah menjelang matahari terbenam, itu adalah waktu yang tepat untuk meminta ampun, meminta doa, memanjatkan harapan kita," jelas Raffi.

Ia mengatakan saat wukuf di Arafah, ia mengatakan terdengar banyak tangisan dari jemaah haji lainnya. Raffi mengaku berharap segala permintaannya selama menjalani wukuf di Padang Arafah akan dikabulkan Allah.

 

3 dari 4 halaman

Bermalam di Muzdalifah

"Semoga kesalahan kami yang disengaja maupun yang tidak disengaja dimaafkan oleh semua. Semoga haji kita mabrur ya Allah, semoga Allah mengijabah doa-doa kami, mengampuni dosa-dosa kami," harap Raffi.

Setelah menjalani wukuf, ia mengungkap jamaah haji bermalam di Muzdalifah. "Terima kasih untuk semuanya yang sudah mendoakan, Alhamdulillah kami sekarang sudah menunggu matahari terbenam di Arafah. Nanti kita akan jalan ke Muzdalifah, mohon doanya," sebut presenter itu.

"Kita sudah berkumpul lagi, jalan ke Muzdalifah, bismillah. Panas, tapi Alhamdulillah dikasih sejuk sama Allah," katanya lagi.

Sebelumnya, pada Minggu, 16 Juni 2024 pagi waktu Indonesia, ayah Rayyanza Malik Ahmad ini sempat memberi pembaruan pada para pengikut akunnya. Ia beserta rombongan disebut sudah menjalani tawaf ifadah yang merupakan bagian dari rukun haji.

"Alhamdulillah sudah selesai, tadi sudah melakukan tawaf ifadah, insya Allah tinggal jumrah nanti malam lempar jumrah pertama, terus nanti ada yang kedua dan ketiga. Alhamdulillah terima kasih yang sudah doain, semoga ibadah kita diterima," tutupnya.

  

4 dari 4 halaman

Pro-Kontra Buat Konten Saat Berhaji

Terkait menjadikan perjalanan haji sebagai konten, ada warganet yang mengkritik Raffi. Tapi, sebagian ada yang justru menantikan laporan langsung dari video yang dibagikan melalui media sosial.

Untuk kepergiannya ke Makkah, pria kelahiran 17 Januari 1987 itu memang membuat konten khusus dan tak menunggu waktu lama tayang. Bahkan, konten video panjang di YouTube RANS, saluran pribadinya tentang perjalanan haji bersama keluarga, sudah dapat disaksikan pengikutnya. 

"Terus terang karena ada nya konten haji Rans aku jd ikut merasakan gimana rasanya menunaikan ibadah haji….dan tdk semua ibadah yg mrk lakukan tdk dikonten kan jd jng banyak yg julid, semoga semuanya dilancarkan hingga puncak nya dan selamat sampai di Indonesia, love RANS," tulis seorang warganet di YouTube.

"Aq mah suka aja di kontenin, nontonya enak jd tahu suasana di mekah," ungkap yang lain. "Terima kasih sdh mau berbagi vidio kegiatan ibadah haji disela2 senggangnya, sy yang sangat pengen berhaji selalu menunggu vidio2 ibadah di tanah suci mekkah & madinah," warganet berterima kasih.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat