uefau17.com

Pengguna iPhone Mulai Bisa Jajal Fitur RCS di Messages - Tekno

, Jakarta - Apple akhirnya membenamkan fitur Rich Communication Services (RCS) ke iPhone melalui iOS 18. Fitur ini banyak dinantikan pengguna karena RCS bisa meningkatkan pengalaman perpesanan antara iOS dan Android.

Sebagai informasi, Apple memutuskan untuk mengadopsi RCS setelah banyak tuntutan dari pengguna. Selain pengguna, Google pun beberapa kali menyindir Apple karena tidak kunjung menerapkan fitur ini di Messages.

Sebelumnya, ketika Apple belum mengadopsi RCS, pengalaman perpesanan antar iOS dan Android tidak maksimal karena masih menggunakan teknologi SMS.

Akibatnya, pesan berisi foto dan video yang dikirim menjadi buram, bahkan tidak dienkripsi secara end-to-end.

Semua permasalahan tersebut akhirnya terselesaikan saat Apple mengumumkan di Worldwide Developer Conference (WWDC) 2024 kalau mereka akan menghadirkan dukungan RCS untuk iPhone.

Dukungan tersebut akan meningkatkan pengalaman perpesanan dengan pengguna Android, karena memungkinkan pengguna merasakan sejumlah menghadirkan fitur baru.

Beberapa di antaranya adalah pengiriman file dengan kualitas lebih tinggi, tanda terima telah dibaca, dan indikator pengetikan, yang mana semua fitur tersebut tidak tersedia pada teknologi SMS.

Dikutip dari Phone Arena, Kamis (27/6/2024), beberapa pengguna di X/Twitter membuat cuitan yang mengatakan RCS telah diaktifkan di iPhone yang menjalankan iOS 18 beta 2.

Untuk menghadirkan RCS ke iPhone, Apple bergantung pada operator. Lalu, tampaknya iOS 18 beta ini baru mendukung paket operator yang diperbarui untuk tiga operator terbesar Amerika Serikat.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masih Belum Bisa Dicoba Banyak Pengguna

Fitur ini masih belum ditemukan di versi iOS terdahulu, sehingga pengguna perlu memperbarui ponsel ke iOS 18.

Pun demikian, iOS 18 saat ini masih dalam versi beta. Karenanya, pengguna umum perlu menunggu hingga perilisan iOS 18 versi stabil agar fitur ini dapat dinikmati.

Kendati demikian, pesan yang dikirim melalui RCS akan tetap menampilkan gelembung hijau, dan akan diberi label sebagai "Text Messages – RCS".

Selain itu, meskipun RCS memiliki banyak fitur yang sama dengan iMessage, baik iMessage maupun Google Messages akan tetap memiliki beberapa fitur eksklusif.

3 dari 4 halaman

Apple Permak Habis-habisan Photos di iOS 18

iOS 18, pembaruan untuk sistem operasi ponsel buatan Apple digadang-gadang akan memperkenalkan sejumlah fitur baru dan peningkatan besar-besaran.

Apple mengakui, iOS 18 akan menjadi update penting bagi perusahaan di masa mendatang. Salah satu perubahan besar di OS baru iPhone ini adalah aplikasi Photos.

Photos menjadi salah satu aplikasi yang dipermak oleh Apple lewat pembaruan iOS 18, di mana perusahaan membuat tampilan lebih sederhana dan mudah menelusuri momen berharga Anda.

Koleksi Intuitif dan Terorganisir

Walau tampilan tata letak grid (kisi) di aplikasi masih tetap dipertahankan, iOS 18 memperkenalkan tombol filter memungkinkan Anda mengurutkan foto berdasarkan favorit, yang baru saja diedit, video, atau tangkapan layar.

Fitur koleksi baru mengatur foto Anda berdasarkan waktu, orang, hewan peliharaan, perjalanan, dan kenangan, menciptakan tampilan seperti kolase yang menarik secara visual sehingga memudahkan pencarian momen tertentu.

4 dari 4 halaman

Personalisasi dengan Grup Khusus dan Koleksi

Dengan iOS 18, Anda dapat membuat grup khusus untuk foto Anda, seperti keluarga, teman, atau hewan peliharaan, sehingga menambahkan sentuhan pribadi ke library foto.

Pengguna juga bisa mengumpulkan semua foto, baik itu foto saat jalan-jalan atau lainnya, ke dalam satu tampat sehingga mudah dicari berdasarkan tahun.

Fitur Pinned Collection menawarkan akses cepat ke bagian penting seperti tampilan peta atau tangkapan layar tersembunyi. Anda dapat menyesuaikan koleksi ini, menyusun ulang, dan menambahkan album khusus sehingga sesuai dengan preferensi Anda.

Pengalaman Dinamis dan Menarik

Aplikasi Photos kini lebih dapat disesuaikan dari sebelumnya. Dari elemen unggulan di bagian atas hingga tampilan carousel di sebelah kanan kisi yang menampilkan foto favorit.

Saat Apple mendemokan aplikasi ini di WWDC 2024, Photos terlihat dinamis dan menarik setiap kali Anda membukanya. Highlights harian menjaga pengalaman tetap segar dan menarik, memastikan pengguna selalu memiliki sesuatu baru untuk dinikmati.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat