uefau17.com

Jelang Pilkada Serentak 2024, Tiga Parpol Besar Gelar Safari Politik di Banten - Regional

, Serang - Safari politik Pilgub Banten telah dimulai oleh tiga partai politik (parpol), Golkar, Gerindra dan Demokrat. Ketiganya telah bersilaturahmi di sebuah hotel di Kota Serang, Banten, Rabu, 24 April 2024 malam. Ketiganya berbicara mengenai potensi koalisi antar parpol di pilgub, pilbup dan pilwalkot pada Pilkada Serentak 2024. Golkar, Gerindra dan Demokrat merupakan peraih suara terbanyak dan mendapatkan kursi pimpinan DPRD Banten periode 2024-2029.

"Silaturahmi ini harus dilakukan karena kami juga sudah bersama pada proses pemilihan presiden. Jadi komunikasinya lebih cair. Apalagi, kami memang nyaman bersama Partai Gerindra," ujar Ratu Tatu Chasanah, dalam keterangan resmi, Kamis, (25/04/2024).

Silaturahmi awal jelang pilkada serentak tersebut mengisyaratkan akan terjadi koalisi yang kuat di Pilkada Banten, antara dua parpol pemegang suara terbanyak pemilu legislatif ini. Pimpinan partai juga turut hadir dalam pertemuan tersebut. Golkar dipimpin oleh Ratu Tatu Chasanah, Gerindra oleh Andra Soni, kemudian Demokrat ada Iti Octavia Jayabaya.

Golkar sendiri resmi mengusung Airin Rachmi Diany sebagai Cagub Banten. Sedangkan nama Andra Soni santer diusung maju di Pilgub Banten. Nama Iti Octavia Jayabaya, meski belum resmi, disebut-sebut juga bakal maju di Pilkada Banten 2024 mendatang.

Pertemuan dengan Gerindra merupakan proses komunikasi politik yang harus dilakukan oleh Golkar untuk menentukan arah koalisi di pilkada provinsi, dan delapan kabupaten/kota. Apalagi, di semua tingkatan pilkada, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar sudah menugaskan sejumlah kader untuk menjadi bakal calon kepala daerah. 

"Ini masih komunikasi awal, tetapi memang ada kesepahaman yang kuat. Selanjutnya akan dilakukan komunikasi kembali agar koalisi yang kami harapkan bersama akan menjadi kenyataan. Prinsipnya, tantangan dan masalah pembangunan daerah, dibutuhkan sinergi dan kebersamaan," terangnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata Gerindra dan Demokrat

Khusus Gerindra dan Golkar, keduanya memiliki sejarah yang tidak bisa dilepaskan, lantaran ketua umumnya, Prabowo Subianto, pernah menjadi kader Golkar. Golkar maupun Gerindra belum membicarakan komposisi koalisi maupun bakal calon kepala daerah yang akan diusung. "Intinya, Gerindra sangat punya keinginan mewarnai pilkada, dan itu dilakukan bersama dengan Partai Golkar. Kami ingin menjadi seorang adik yang baik," umat Andra Soni, dalam keterangan yang sama, Kamis, (25/04/2024). 

Partai Demokrat, menyatakan dalam pertemuan sekitar dua jam itu, terjadi perbincangan yang mengalir dan dalam suasana keakraban. Partai berlambang bintang tiga itu menyatakan sudah terjadi kesamaan visi dan misi dengan partai beringin. Sehingga diharapkan bisa melanjutkan kerja sama yang terjalin di pilpres ke daerah.

"Sudah terjadi kesepemahaman visi dan misi. Kita berbicara mengenai provinsi, kabupaten dan kota. Pertemuan sekitar dua jam, makan malam dulu, ngopi-ngopi," ujar Azwar Anas, melalui selulernya, Kamis, (25/04/2024).

Sebagai informasi, perolehan kursi DPRD Banten untuk Golkar sebanyak 14 kursi, Gerindra 14 kursi dan Demokrat 11 kursi legislatif. Sedangkan syarat minimal untuk mengusung Cagub Cawagub Banten, sebanyak 20 kursi legislatif.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat