uefau17.com

Warga Inggris Tewas dalam Insiden Turbulensi Parah di Pesawat Singapore Airlines, 7 Penumpang Lain Kritis - Lifestyle

, Jakarta - Kasus turbulensi parah yang dialami pesawat Singapore Airlines dalam penerbangan dari London menuju Singapura menewaskan seorang penumpang. Mengutip Chanel News Asia, Rabu (22/5/2024), korban diketahui berkebangsaan Inggris yang berusia 73 tahun.

Ia diduga meninggal akibat serangan jantung, menurut General Manager Bandara Suvarnabhumi Bangkok Kittipong Kittikachorn dalam jumpa pers. Tujuh orang lainnya dilaporkan terluka parah dengan luka di kepala.

Menurut Kittikachorn, mereka tetap tenang saat digiring keluar dari pesawat. Pesawat bernomor SQ321 itu sebelumnya mendarat darurat di bandara tersebut usai mengalami guncangan parah.

Sementara, pihak maskapai menyatakan 18 orang sudah keluar dari rumah sakit dan 12 lainnya masih dirawat. Total pesawat Boeing 777-300ER itu mengangkut 211 penumpang dan 18 awak. Pesawat jatuh ke dalam kantong udara saat awak kabin sedang menyajikan sarapan sebelum mengalami turbulensi.

Tim Singapore Airlines (SIA) juga sedang dalam perjalanan ke Bangkok untuk memberikan bantuan tambahan. Menurut maskapai, prioritas utama mereka adalah memberikan bantuan semaksimal mungkin kepada seluruh penumpang dan awak pesawat.

"Kami bekerja sama dengan pihak berwenang setempat di Thailand untuk memberikan bantuan medis yang diperlukan, dan mengirimkan tim ke Bangkok untuk memberikan bantuan tambahan yang diperlukan," demikian pernyataan SIA.

Biro Investigasi Keselamatan Transportasi (TSIB) Singapura, yang merupakan bagian dari Kementerian Transportasi, sedang membuka penyelidikan atas apa yang terjadi pada SQ321. Dikatakan bahwa mereka telah mengontak mitranya di Thailand dan akan mengirim penyelidik ke Bangkok.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Turbulensi di Cekungan Irrawady

SIA mengatakan di atas Cekungan Irrawaddy di Myanmar pada ketinggian 37.000 kaki pesawat mengalami 'turbulensi ekstrem yang tiba-tiba'. Ini terjadi 10 jam setelah keberangkatan dari Bandara Heathrow.

Pilot kemudian mengumumkan keadaan darurat medis dan mengalihkan pesawat ke Bangkok, lalu mendarat di Bandara Suvarnabhumi pada pukul 15.45 waktu setempat (16.45 waktu Singapura). Seorang penumpang dalam penerbangan tersebut mengatakan kepada Reuters bahwa insiden tersebut melibatkan sensasi naik dan turun.

"Tiba-tiba pesawat mulai miring dan terjadi guncangan sehingga saya mulai bersiap menghadapi apa yang terjadi, dan tiba-tiba terjadi penurunan yang sangat drastis sehingga semua orang yang duduk dan tidak mengenakan sabuk pengaman langsung terlempar ke langit-langit," Dzafran Azmir (28), seorang mahasiswa.

"Beberapa orang kepalanya terbentur kabin bagasi di atas dan penyok, mereka menabrak tempat lampu dan masker berada dan langsung menerobosnya," katanya.

Foto-foto dari bagian dalam pesawat menunjukkan lubang besar di panel kabin atas, masker gas dan panel tergantung di langit-langit, serta barang-barang tas tangan berserakan. Seorang penumpang mengatakan kepala beberapa orang terbentur lampu di atas kursi dan merusak panel.

3 dari 4 halaman

Kebangsaan Para Penumpang Singapore Airlines

"Saya melihat banyak barang tergeletak di mana-mana dan banyak awak pesawat luka memar," kata Kittikachorn setelah penumpang dan awak pesawat yang paling kritis dievakuasi. Dia menambahkan bahwa sebagian besar penumpang yang dia ajak bicara telah mengenakan sabuk pengaman.

SIA pun menjabarkan kebangsaan para penumpang dalam insiden tersebut. Terdiri dari 6 dari Australia, 2 dari Kanada, 1 dari Jerman, 3 dari India, 2 dari Indonesia, 1 dari Islandia, 4 dari Irlandia, 1 dari Israel, 16 dari Malaysia, 2 dari Myanmar, 23 dari Selandia Baru, 5 dari Filipina, 41 dari Singapura, 1 dari Korea Selatan, 2 dari Spanyol, 47 dari Inggris, dan 4 dari Amerika Serikat.

Kecelakaan penerbangan terkait turbulensi adalah jenis yang paling umum, menurut studi 2021 yang dilakukan oleh Dewan Keselamatan Transportasi Nasional AS (NTSB). Dari 2009--2018, badan AS tersebut menemukan bahwa turbulensi menyumbang lebih dari sepertiga kecelakaan penerbangan yang dilaporkan dan sebagian besar mengakibatkan satu atau lebih cedera serius, namun tidak ada kerusakan pada pesawat.

NTSB dilaporkan mengirimkan perwakilannya untuk mendukung penyelidikan Singapura atas insiden tersebut. Kementerian Luar Negeri Singapura (MFA) menyatakan telah menjalin kontak dengan SIA serta otoritas terkait di Singapura dan Thailand untuk mengoordinasikan bantuan bagi para penumpang dan keluarga mereka.

4 dari 4 halaman

Ucapan Duka untuk Para Korban

Staf Kedutaan Besar Singapura di Bangkok juga berada di Bandara Suvarnabhumi dan rumah sakit untuk menawarkan bantuan konsuler kepada warga Singapura yang terdampak dan keluarga terdekat mereka.

"MFA menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada keluarga penumpang yang meninggal dan kami berharap mereka yang terluka segera pulih sepenuhnya," kata Kemenlu Singapura.

Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam juga menyampaikan belasungkawa kepada keluarga dan orang-orang terkasih dari orang yang meninggal di pesawat SQ321. "Kita harus berharap dan berdoa agar penumpang atau awak kapal yang mengalami luka-luka dapat pulih dengan lancar," tulisnya di Facebook.

Boeing mengatakan pihaknya telah menghubungi Singapore Airlines dan siap memberikan dukungan. Ini merujuk pertanyaan lebih lanjut kepada maskapai penerbangan dan otoritas setempat.

"Kami menyampaikan belasungkawa terdalam kami kepada keluarga yang kehilangan orang yang dicintai, dan rasa duka kami tertuju pada penumpang dan awak," kata perusahaan penerbangan itu.

Menteri Transportasi Chee Hong Tat juga menyampaikan belasungkawa. Dia menambahkan bahwa pihak berwenang dan staf SIA memberikan dukungan kepada penumpang yang terdampak dan keluarga mereka.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat