uefau17.com

Ilmuwan Sebut Perubahan Iklim Picu Turbulensi Meningkat, Cek Serba-Serbinya Berikut Ini - Global

, Singapura - Turbulensi merupakan hal yang sering terjadi dalam penerbangan. Turbulensi parah bahkan bisa menyebabkan cedera, meski tingkat kematian sangat jarang terjadi. 

Meski demikian belum lama ini dunia dikejutkan oleh kematian satu orang pria akibat serangan jantung saat penerbangan Singapore Airlines dari London mengalami turbulensi parah, di mana 30 orang lainnya terluka. 

Saat sedang berada di ketinggian 37.000 kaki, pesawat secara tiba-tiba turun, dan para penumpang terlempar dari tempat duduk mereka.

Para ilmuwan mengatakan bahwa ketika perubahan iklim menyebabkan suhu global meningkat, turbulensi menjadi meningkat.

Berikut ini serba-serbi soal turbulensi dilansir dari ABC News, Jumat (7/6/2024):

Apa Itu Turbulensi Pesawat?

Jika Anda membayangkan langit seperti lautan, turbulensi mirip seperti ombaknya, menurut Profesor Todd Lane, seorang ilmuwan atmosfer di University of Melbourne.

Turbulensi disebabkan oleh gangguan pada pola udara yang dilalui pesawat.

"Turbulensi yang dialami pesawat terbang adalah ketika angin di atmosfer berubah dari yang semula mendatar menjadi naik turun," Profesor Lane menjelaskan.

"Sebuah pesawat yang terbang dengan mulus akan mulai bergerak naik dan turun secara radikal karena angin bergerak naik dan turun."

Apa yang Menyebabkan Turbulensi?

Penyebab utama turbulensi adalah gunung, badai, dan jet stream (arus jet), yang membuat tugas memperkirakan dan menghindarinya menjadi mudah dalam beberapa situasi.

Pilot dapat merencanakan rute untuk menghindari udara yang naik di atas pegunungan, atau di sekitar badai sebanyak mungkin.

Jet stream adalah angin kencang di atmosfer bagian atas tempat pesawat terbang melintas, menurut Profesor Lane.

"Di atas dan di bawah jet stream terdapat apa yang disebut dengan geseran angin yang kuat, sehingga kecepatan angin berubah ketinggiannya secara dramatis. Anda akan merasakan turbulensi yang kuat jika berada di daerah geseran angin tersebut,"ujar Profesor Lane.

"Jadi di atas dan di bawah daerah aliran jet ini, ada cukup banyak turbulensi yang biasanya disebut turbulensi udara jernih karena tidak ada awan yang terlihat," sambung Profesor Lane.

Pada tahap ini belum diketahui jenis turbulensi apa yang menyebabkan gangguan pada penerbangan Singapore Airlines.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hubungan Perubahan Iklim dengan Turbulensi

Ketika dunia terus membakar bahan bakar fosil, akibatnya suhu global meningkat, dan turbulensi merupakan fenomena alam yang dipengaruhi oleh pemanasan tersebut.

"Hal inilah yang memengaruhi pola angin dan salah satu dampak yang diakibatkan adalah perubahan arus jet," kata Profesor Lane. 

“Jet Stream yang berada di ketinggian penerbangan pesawat diproyeksikan akan semakin meningkat yang berarti akan semakin meningkat, artinya wilayah tersebut akan menjadi bergejolak."

Sebuah studi tahun 2017 memperkirakan bahwa turbulensi parah akan menjadi 2 hingga 3 kali lebih sering terjadi di atas Atlantik Utara pada tahun 2050-2080 dikarenakan perubahan iklim yang semakin parah.

Namun, studi yang sama memprediksi peningkatan yang lebih kecil yaitu 50% untuk turbulensi parah di atas Australia.

“Sifat arus jet sedikit berbeda di belahan bumi utara dan selatan karena lokasi daratan,” kata Profesor Lane. "Ada sinyal perubahan iklim yang sangat kuat di belahan bumi utara, terutama di sekitar Kutub Utara."

Selain aliran jet yang semakin intens, para ilmuwan iklim juga memperingatkan bahwa badai juga akan semakin parah.

Profesor Lane mengatakan bahwa sebagian besar turbulensi di wilayah tropis berasal dari badai petir.

“Dengan atmosfer yang lebih hangat, atmosfer dapat menampung lebih banyak air, yang dapat menyebabkan badai petir yang paling kuat dengan adanya perubahan iklim. Ketika badai petir itu semakin kuat, mereka bisa menghasilkan turbulensi yang lebih kuat.”

Ini bukan masalah yang akan kita hadapi di masa depan, ini sudah terjadi.

3 dari 4 halaman

Turbulensi Telah Meningkat

Data di atas merupakan perubahan dalam jam per tahun untuk lima ambang batas kekuatan turbulensi dari pengamatan di Atlantik Utara.

Pemodelan ini memprediksi peningkatan turbulensi yang lebih kecil di Belahan Bumi Selatan dan di atas Australia.

"Setelah satu dekade penelitian yang menunjukkan bahwa perubahan iklim akan meningkatkan turbulensi udara di masa depan, kami sekarang memiliki bukti yang menunjukkan bahwa peningkatan tersebut telah dimulai," kata Profesor Paul Williams, seorang ilmuwan atmosfer di University of Reading, ketika penelitian ini dirilis.

Dia menyerukan agar lebih banyak penelitian dilakukan untuk membantu memprediksi dan mencegah pesawat terbang dari turbulensi tersebut.

"Kita harus berinvestasi dalam sistem peramalan dan deteksi turbulensi yang lebih baik untuk mencegah udara yang lebih kasar diterjemahkan ke dalam penerbangan yang lebih keras dalam beberapa dekade mendatang," Profesor Paul Williams.

4 dari 4 halaman

Peningkatan Turbulensi Udara yang Jernih

Perubahan dalam beberapa jam per-tahun untuk lima ambang batas kekuatan turbulensi dari pengamatan di Atlantik Utara.

Pemodelan ini memprediksi peningkatan turbulensi yang lebih kecil di Belahan Bumi Selatan dan di atas Australia.

"Setelah satu dekade penelitian yang menunjukkan bahwa perubahan iklim akan meningkatkan turbulensi udara di masa depan, kami sekarang memiliki bukti yang menunjukkan bahwa peningkatan tersebut telah dimulai," kata Profesor Paul Williams, seorang ilmuwan atmosfer di University of Reading, ketika penelitian ini dirilis.

Dia menyerukan agar lebih banyak penelitian dilakukan untuk membantu memprediksi dan mencegah pesawat terbang dari turbulensi tersebut.

"Kita harus berinvestasi dalam sistem peramalan dan deteksi turbulensi yang lebih baik untuk mencegah udara yang lebih kasar diterjemahkan ke dalam penerbangan yang lebih keras dalam beberapa dekade mendatang."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat