uefau17.com

Superapps Livin' by Mandiri Punya Fitur Baru, Kini Bisa Akses KPR - Bisnis

, Jakarta - Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Darmawan Junaidi resmi merilis fitur baru dalam aplikasi Livin' by Mandiri. Kali ini ada fitur Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang bisa diakses oleh nasabah.

Darmawan menegaskan, sederet fitur yang dirilis merupakan upaya inovasi untuk menangkap keperluan masyarakat. Tentunya, selain dari layanan transaksi perbankan.

“Saya percaya bahwa inovasi dan kualitas adalah kunci dalam menghadirkan pengalaman perbankan terbaik bagi nasabah kami. Sudah menjadi komitmen kami di Bank Mandiri untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan melalui inovasi-inovasi terdepan," ucap Darmawan dalam kampanye bertajuk #BeyondSuperAPP, di Sarinah, Jakarta, Jumat (28/6/2024).

Darmawan menyebut, fitur terbaru Livin’ KPR akan memudahkan nasabah dalam mengajukan KPR. Nasabah dapat mencari rumah yang sesuai dengan kebutuhan mereka sekaligus mengajukan KPR di Livin' by Mandiri.

"Kehadiran fitur Livin’ KPR diharapkan dapat mengoptimalkan akuisisi KPR dan meningkatkan portfolio Mandiri KPR di tahun 2024. Saat ini, pencairan KPR Bank Mandiri telah meningkat sebesar 31,4 persen secara year-on-year (yoy)," ucap dia.

Fitur ini menawarkan berbagai kemudahan seperti pilihan properti variatif, suku bunga kompetitif, diskon biaya provisi, serta formulir pengajuan yang simpel. Nasabah dapat dengan mudah mencari properti sesuai preferensi harga dan ketersediaan fasilitas umum di sekitarnya. 

Pada saat yang sama turut merencanakan keuangan dengan fitur Simulasi Angsuran, serta memantau status aplikasi KPR secara real-time melalui Tracking KPR.

"Sebagai super app terdepan di bidang finansial dan gaya hidup, Livin’ by Mandiri telah menjadi andalan dalam mempermudah transaksi harian serta menghadirkan hiburan yang membawa kebahagiaan bagi pengguna, seperti fitur kami Livin’ KPR dan Livin’ Sukha,” ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Transaksi Tembus Rp 1.552 Triliun

Darmawan menuturkan, hingga Mei 2024, tercatat pengguna aplikasi Livin' by Mandiri telah menembus 25,4 juta. Angka ini naik 37 persen secara year-on-year (YoY). 

Bahkan, dari jumlah tersebut, total nilai transaksi Livin' by Mandiri hingga akhir Mei 2024 telah mencapai Rp 1.552 triliun dengan volume transaksi sebesar 1,45 miliar transaksi secara year to date (ytd).

"Sejak diluncurkan pada Oktober 2021, Livin’ by Mandiri telah memenuhi kebutuhan nasabah dalam menabung, bertransaksi, meminjam, dan mengembangkan finansial melalui ratusan fitur inovatif. Nasabah dapat membuka rekening baru di 120 negara dengan kartu SIM lokal," bebernya.

Hingga kuartal I 2024, Livin’ by Mandiri menghadirkan fitur pembayaran QRIS dengan tiga pilihan sumber dana (tabungan, kartu kredit, dan paylater), Tap to Pay, QR Cross Border, dan Solusi Valas yang memungkinkan nasabah untuk bertransaksi di luar negeri tanpa konversi. 

Tak hanya transaksi finansial, nasabah juga dapat menikmati layanan Livin’ by Mandiri untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup melalui fitur Sukha. 

Nasabah dapat melakukan pembelian tiket konser, belanja di ratusan online merchant tanpa perlu pindah aplikasi seperti tiket pesawat, kereta api, dan transportasi lainnya, hingga menikmati konten menarik di SukhaTV, SukhaReels, dan SukhaNews.

 

3 dari 6 halaman

Bank Mandiri Tawarkan KPR di 3 Proyek Properti Ini, Apa Saja?

Sebelumnya, pengembang properti nasional Citra Swarna Group (CSG) menjalin kerja sama dengan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk guna memfasilitasi layanan pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) khususnya di Region 5. Kerjasama ini dilakukan melalui dua akan usaha CSG, yaitu PT Bumi Arta Sedayu dan PT Graha Artha Kencana, pada 15 Mei 2024.  

Nantinya, Bank BUMN  terbesar di Indonesia tersebut akan menyediakan fasilitas KPR bagi proyek-proyek unggulan besutan CSG yang mencakup Kartika Residence Karawang, Citra Swarna Grande Karawang, dan Citra Swarna Tembong City, Serang, Banten. 

Direktur Utama PT Bumi Arta Sedayu, Victor Yap mengungkapkan, dengan kerja sama tersebut, calon pembeli dapat menikmati berbagai manfaat, seperti suku bunga kompetitif, proses aplikasi lebih mudah dan cepat, serta tenor kredit yang lebih fleksibel. 

“Kami sangat antusias dengan adanya kerja sama ini. Bank Mandiri memiliki reputasi kuat dan layanan yang handal. Kolaborasi ini dipastikan memberikan nilai tambah bagi konsumen, antara lain mereka akan lebih mudah mewujudkan impian memiliki rumah di proyek-proyek yang kami kembangkan,” ungkapnya, di Jakarta, Minggu (19/05/2024).  

Victor menegaskan, tiga kawasan perumahan besutan Citra Swarna Group di Karawang dan Serang, Banten tersebut merupakan proyek unggulan yang menawarkan hunian modern dengan fasilitas pendukung serba ada. “Dengan adanya dukungan pembiayaan dari Bank Mandiri, diharapkan dapat meningkatkan minat dan aksesibilitas masyarakat terhadap hunian berkualitas,” imbuhnya. 

 

4 dari 6 halaman

Kerja Sama dengan Citra Swarna Grup

Menurut dia, kerja sama antara Citra Swarna Group dengan Bank Mandiri sejalan dengan visi kedua perusahaan dalam mendukung program pemerintah, meningkatkan kepemilikan rumah bagi seuluruh kalangan masyarakat di Indonesia. “Dengan begitu, melalui kolaborasi ini kami dapat berkontribusi positif terhadap pertumbuhan sektor properti serta perekonomian nasional,” ucap Victor.

Sambutan antusias juga ditunjukkan oleh SVP Bank Mandiri Kanwil V - Jakarta 3, Lourentius Aris Budiyanto. Ia melihat kerjasama ini membuka peluang usaha yang potensial, mengingat kebutuhan terhadap hunian terbilang masih tinggi. Keinginan Masyarakat untuk tumbuh bersama mitra developer juga cukup besar.  

Saat ini Bank Mandiri memiliki lini produk KPR cukup menarik dengan rate yang kompetitif, sehingga diharapkan mampu membantu masyarakat untuk segera memiliki hunian idaman di lokasi terpilih. Aris pun berharap, dukungan solusi KPR ini menjadi alternatif pembiayaan terbaik bagi konsumen Citra Swarna Group. 

“Untuk informasi lebih lanjut mengenai fasilitas KPR dan proyek-proyek Citra Swarna Group, calon pembeli dapat mengunjungi kantor pemasaran Citra Swarna Group atau Cabang Bank Mandiri terdekat di Region 5,” pungkas Aris.

 

5 dari 6 halaman

Bank Mandiri dan Apersi Kolaborasi Genjot KPR

Sebelumnya, Bank Mandiri menandatangani kerja sama dengan Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (Apersi), untuk memperluas kepemilikan rumah bagi nasabah lewat skema Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

Direktur Jaringan & Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto mengatakan, kolaborasi ini menjadi upaya Bank Mandiri untuk memenuhi seluruh kebutuhan stakeholder, termasuk pembangunan properti dan fasilitas pembiayaan kredit perumahan. 

Dia menuturkan, dengan menggabungkan keahlian Bank Mandiri dan Apersi, kerjasama ini dirancang untuk menciptakan solusi inovatif dan berkelanjutan bagi masyarakat. 

"Ini adalah upaya kami yang signifikan untuk menyediakan solusi inovatif bagi masyarakat dengan memaksimalkan potensi dan peluang yang ada," papar Aquarius dalam pernyataan tertulis, Sabtu (16/3/2024).

Terlebih, ia menambahkan, Apersi merupakan salah satu asosiasi pengembang terbesar dengan total lebih dari 3.500 pengembang dan 27 DPD yang tersebar di seluruh Indonesia. Ini terlihat dengan jumlah kontribusi penyediaan dan penyaluran perumahan subsidi lewat Apersi yang mencapai 66 ribu unit pada 2023. 

"Konsistensi ini selaras dengan Bank Mandiri, yang berkomitmen untuk membantu memenuhi kebutuhan hunian masyarakat melalui penyaluran Kredit Pemilikan Rakyat (KPR), baik subsidi maupun non-subsidi. Tanpa terkecuali pemenuhan kebutuhan rumah bersubsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) melalui penyaluran KPR FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan)," ujar dia.

 

6 dari 6 halaman

Skema FLPP

Adapun, sepanjang 2023, Bank Mandiri telah menyalurkan 3.684 unit KPR berskema FLPP. "Lewat kolaborasi dengan Apersi, Bank Mandiri optimis penyaluran KPR FLPP dapat terus ditingkatkan untuk mengurangi backlog perumahan di Indonesia," imbuh Aqurius.

Dalam mewujudkan hal ini, Bank Mandiri juga memanfaatkan platform digital untuk memasarkan KPR melalui Super Apps Livin’ by Mandiri.

Hingga akhir Februari 2024, total penyaluran KPR Bank Mandiri mencatat pertumbuhan 35,4 persen secara year on year (YoY) dengan kualitas kredit yang terjaga. 

"Melalui serangkaian strategi dan kolaborasi, Bank Mandiri optimis pertumbuhan di tahun 2024 mampu melampaui pencapaian di tahun lalu," pungkas Aquarius.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat