uefau17.com

Alasan Ilmiah Pendengar Lagu Baru Taylor Swift Ikut Baper Menurut Peneliti - Lifestyle

, Jakarta - Para penggemar Taylor Swift menunggu dengan tidak sabar untuk siksaan emosional yang mereka yakini datang dari "The Tortured Poets Department," album studio ke-11. Penyanyi berambut pirang ini bahkan mengirimkannya sebagai album ganda.

Mengutip laman CNN, Rabu, 24 April 2024, rilisan pertama sejak berakhirnya hubungan romansa enam tahun Swift sudah bisa didengarkan publik. "The Tortured Poets Department" menangkap kemarahan, kesedihan, kerinduan dan kebingungan yang disukai penggemar dalam sebuah lagu perpisahan yang bagus.

Para ahli mengatakan bahwa terhubung dengan musik yang memilukan adalah hal yang normal dan sering kali membantu. Swift bahkan membagikan filosofinya sendiri dalam unggahan Instagram tentang album tersebut.

"Penulis ini sangat yakin bahwa air mata kita menjadi suci dalam bentuk tinta di sebuah halaman," ujarnya. "Setelah kita menceritakan kisah paling menyedihkan kita, kita bisa terbebas darinya."

Sesuatu yang buruk, tapi mengapa rasanya begitu enak? Jika pernah melihat penampilan 'All Too Well', Anda pasti tahu bahwa Swifties sangat senang menyanyikan bagian-bagian yang paling memilukan.

Mengapa rasanya melegakan sekali? Alasannya adalah katarsis dan validasi, kata Arianna Galligher, direktur Kantor Kesejahteraan Gabbe dan Program Stres, Trauma, dan Ketahanan (STAR) di The Ohio State University Wexner Medical Center.

Ada manfaatnya jika kita berkesempatan untuk mengeksplorasi emosi yang lebih menyakitkan dan merasa tidak apa-apa karena orang lain juga mengalaminya, katanya. Bahkan jika Anda tidak sedang putus cinta, memanfaatkan emosi dari pengalaman masa lalu dapat membantu, kata Dr. Jaryd Hiser, psikolog di The Ohio State University Wexner Medical Center. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Musik Bisa Membawa Kedamaian

"Kita semua jatuh ke dalam perangkap penghindaran emosi-emosi ini," lanjut Dr. Jaryd Hiser. "Untuk dapat kembali ke masa itu, anggaplah ini sebagai proses dari waktu itu."

Proses itu mungkin mengarah pada penerimaan yang lebih besar atas pengalaman-pengalaman tersebut. Menurut Hiser, tidak apa-apa jika kita tidak pernah sepenuhnya merasa baik-baik saja dengan pengalaman tersebut.

Selain itu, musik dianggap membawa kedamaian. Musik mungkin menjadi kunci dalam membuat orang-orang, yang sebelumnya merasa tidak aman untuk mengalami pengalaman dan emosi sulit tersebut, kembali mengunjunginya, kata Hiser.

"Saya menganggapnya sebagai cara yang sangat mudah menuju kesadaran," katanya. "Jika kita bisa selalu sadar, itu akan bagus, tapi kebanyakan dari kita tidak bisa... memanfaatkannya."

Dia suka melatih kesadaran pasien dengan memadukannya dengan aktivitas yang mereka sukai. Ia menilai jauh lebih mudah untuk tetap berada di masa sekarang ketika Anda melakukan sesuatu yang Anda sukai.

"Hal-hal seperti itulah yang bisa membuat kita tertarik dan membiarkan kita meluapkan emosi kita pada saat itu," tambah Hiser. 

 

 

3 dari 4 halaman

Patah Hati Jadi Lagu Kebangsaan Swift

Kesuksesan Swift dalam lagu perpisahan mungkin berasal dari nuansa yang ia pegang dalam tulisannya, kata Galligher. Meskipun mungkin ada kesedihan dan kehilangan, ada juga tema pemberdayaan dalam pekerjaannya.

Dalam sebuah lagu dari album barunya, "Fresh Out the Slammer," Swift menulis tentang perubahan dari "menghilang setiap hari hanya untuk melihat sekilas senyumannya" menjadi mengatakan bahwa dia telah belajar, bebas, dan akan mengambil pelajaran ke depannya. 

Menurut Galligher, dia tidak selalu mengikuti kiasan mantan yang ditolak cintanya dengan lagu perpisahan yang penuh dendam. "Banyak lagunya yang benar-benar memberikan keseimbangan dalam percakapan," katanya.

"Dan ya, [beberapa lagu] menyorot 'inilah sebabnya saya menetapkan batasan,' tetapi seringkali ada juga lirik yang menyatakan 'inilah cara saya tumbuh dan berubah dan apa yang telah saya pelajari tentang diri saya, dan mungkin apa yang akan saya lakukan secara berbeda."

"Saya pikir eksplorasi berimbang seperti itu adalah model yang sehat," kata Galligher. 

4 dari 4 halaman

Lagu Sebagai Ekspresi Perasaan

Swift bahkan mengontekstualisasikan album tersebut dalam unggahan Instagramnya dengan mengatakan bahwa ekspresi perasaan dalam lagu-lagunya bukan berarti masih ada penjahat dan pahlawan. "Tidak ada yang perlu dibalas, tidak ada yang perlu diselesaikan setelah luka telah sembuh. Dan setelah direnungkan lebih lanjut, banyak di antara mereka yang ternyata melakukan tindakan sendiri," tulisnya.

Meskipun lagu perpisahan bisa menghibur, memberdayakan, dan menghubungkan, terlalu berlebihan mendengarkannya akan berdampak negatif, kata Galligher. "Jika kita mendalaminya terlalu lama, hal itu akan berdampak pada kemampuan kita untuk berfungsi, dan itu tentu saja menjadi alasan untuk berhenti sejenak dan mungkin mencoba beberapa jenis musik lain," katanya. 

Terutama, jika Anda kesulitan pada awalnya, pastikan untuk berkonsultasi dengan orang-orang terkasih dan diri Anda sendiri tentang cara mengatasinya. Jika terpikir untuk bunuh diri, hubungi terapis Anda.

"Tetapi sungguh, menurut saya bagi kebanyakan orang, musik adalah saluran untuk mengakses emosi kita dan terkadang memprosesnya melalui emosi tersebut," kata Galligher. "Memberikan ruang bagi emosi untuk hadir sangatlah penting, dan musik benar-benar dapat membantu kita memanfaatkannya."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat