uefau17.com

27 April 1961: Sierra Leone Raih Kemerdekaan dari Inggris - Global

, Freetown - Sierra Leone menjadi negara Afrika Barat terbaru di tahun 1961 yang memperoleh kemerdekaan, setelah lebih dari 150 tahun berada di bawah pemerintahan kolonial Inggris.

Negara baru ini lahir tepat pada tengah malam, pada 27 April 1961 ketika bendera hijau, putih dan biru dikibarkan.

Kerumunan dalam jumlah besar berkumpul di Brookfields Playground, Freetown untuk menyaksikan momen kemerdekaan tersebut. Bersorak riuh, itulah hal yang tergambar pada momen itu, dikutip dari BBC, Sabtu (27/1/2024).

Hari Kemerdekaan secara resmi dimulai ketika Duke of Kent menyerahkan instrumen kerajaan yang mengakui Sierra Leone sebagai negara merdeka.

Sir Maurice Dorman, Gubernur sejak tahun 1956, kemudian dilantik sebagai Gubernur Jenderal oleh Ketua Hakim Beoku Betts.

Pesan sambutan terhadap pemerintahan baru, yang dipimpin oleh Perdana Menteri Sir Milton Margai, datang dari Perdana Menteri, Harold Macmillan, dan dari Ratu Inggris.

Perayaan kemerdekaan telah berlangsung sepanjang minggu, terutama dipusatkan di kawasan pelabuhan Freetown.

Tiga hari libur umum telah diumumkan, dan suasana kota sedang berpesta, dengan jalan-jalan yang dihiasi bendera dan warna-warna nasional baru di mana-mana.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bayang-bayang Keadaan Darurat

Namun peningkatan tersebut dibayangi oleh keadaan darurat, yang diumumkan sepuluh hari lalu menyusul kampanye sabotase yang dilakukan oleh oposisi Partai Kongres Rakyat Seluruh (APC).

Partai tersebut telah mendesak agar kemerdekaan ditunda hingga pemilu yang bebas dapat diselenggarakan.

Pemimpin APC, Siaka Stevens, ditangkap lebih dari seminggu yang lalu, bersama tangan kanannya, Wallace Johnston, dan 16 anggota partai lainnya. Mereka telah merencanakan pemogokan umum bertepatan dengan perayaan kemerdekaan, dan dikhawatirkan akan terjadi kerusuhan jika pemogokan tetap dilakukan.

Pemerintah di Freetown bersikeras bahwa pemilu akan diadakan tahun depan, sesuai kesepakatan berdasarkan syarat kemerdekaan.

Para menteri mengatakan penangkapan tersebut dilakukan untuk melindungi mereka yang mengunjungi negara tersebut untuk menghadiri upacara tersebut, dan, kata mereka, ada niat untuk membebaskan mereka yang ditahan segera setelah upacara tersebut selesai.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat