uefau17.com

Rambut Rontok, Bisa Jadi Anda Kekurangan 4 Vitamin Ini - Citizen6

, Jakarta - Masalah penipisan rambut yang memengaruhi pria dan perempuan bisa disebabkan berbagai faktor, termasuk kekurangan vitamin.

Beberapa vitamin sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut, dan kekurangan vitamin tersebut bisa menyebabkan efek buruk pada pertumbuhan dan ketebalan rambut.

Di antara vitamin-vitamin yang terkait dengan kesehatan rambut, kekurangan vitamin A, vitamin E dan vitamin B tertentu telah dikaitkan dengan penipisan rambut. Ketahui penjelasannya lengkapnya berikut ini, seperti melansir dari Times of India, Jumat (1/12/2023).

1. Kekurangan vitamin A bisa menyebabkan kerontokan rambut

Vitamin A sangat penting untuk pertumbuhan sel, termasuk sel-sel yang membentuk folikel rambut. Namun kelebihan vitamin A bisa menyebabkan rambut rontok, dan sebaliknya kekurangan vitamin A juga bisa menyebabkan penipisan rambut.

Vitamin A berperan dalam produksi sebum, yaitu zat berminyak yang melembabkan kulit kepala dan menjaga kesehatan rambut. Tanpa vitamin A yang cukup, kulit kepala bisa menjadi kering dan rambut menjadi lebih rentan patah.

2. Vitamin D menutrisi folikel rambut

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kekurangan vitamin D telah dikaitkan dengan penipisan rambut. Vitamin D terlibat dalam pengaturan siklus pertumbuhan rambut dan mendukung kesehatan folikel rambut.

Kadar vitamin D yang tidak mencukupi bisa mengganggu siklus ini, menyebabkan peningkatan kerontokan rambut dan berkurangnya ketebalan rambut.

Memastikan kecukupan asupan vitamin D melalui paparan sinar matahari, diet, atau suplemen sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut yang optimal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3.Vitamin E melindungi sel-sel rambut dari kerusakan oksidatif

Vitamin E dikenal karena sifat antioksidannya, yang membantu melindungi sel, termasuk folikel rambut, dari stres oksidatif.

Kekurangan vitamin E bisa menyebabkan peningkatan kerusakan oksidatif, yang berdampak buruk pada kesehatan rambut.

Selain itu, vitamin E mendukung kesehatan kulit kepala dan kekurangan vitamin E bisa menyebabkan kekeringan dan peradangan, yang merupakan faktor yang bisa menyebabkan penipisan rambut.

4. Vitamin B

Vitamin B berperan penting dalam metabolisme asam amino, bahan penyusun protein. Karena rambut terdiri dari protein yang disebut keratin, pasokan vitamin B yang cukup sangat penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat.

Biotin, khususnya, sering dikaitkan dengan kesehatan rambut dan kekurangan biotin telah dikaitkan dengan penipisan dan kerontokan rambut.

Vitamin B6 dan B12 juga penting untuk menjaga kesehatan rambut, karena berkontribusi terhadap produksi sel darah merah, yang memasok nutrisi dan oksigen ke folikel rambut.

3 dari 3 halaman

Jenis Rambut Anda Ungkap Kepribadian Tersembunyi Anda

Setiap hal kecil tentang tubuh Anda menunjukkan banyak hal tentang kepribadian Anda. Salah satu aspek tubuh Anda adalah jenis rambut yang dapat mengungkapkan ciri-ciri kepribadian Anda yang tersembunyi. 

Jenis rambut Anda lebih dari sekedar karakteristik fisik. Pernahkah Anda bertanya-tanya apa yang diungkapkan jenis rambut tentang kepribadian Anda? Dalam tes kepribadian tipe rambut kali ini, kita akan membahas secara luas tentang orang-orang dengan rambut bergelombang alami, rambut keriting, dan rambut lurus.

Bisakah jenis rambut Anda mengungkapkan apa yang ada di dalam kepala Anda? Bagaimana Anda suka berperilaku? Apa pola pikir Anda? Apakah Anda praktis atau dibimbing oleh emosi? 

Apakah Anda mendambakan koneksi yang intens dan penuh gairah, atau apakah Anda menempatkan karier di atas koneksi? Apakah Anda mudah terkesan? Apakah Anda memiliki kepribadian yang tidak dapat diprediksi?

Kami yakin Anda akan kagum dengan betapa akuratnya ciri-ciri kepribadian untuk setiap jenis rambut. 

Selengkapnya...

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat