uefau17.com

7 Souk Tempat Berburu Oleh-oleh Khas Arab Saudi yang Unik Usai Berhaji - Lifestyle

, Jakarta - - Arab Saudi tengah melebarkan bidang pariwisata mereka sebagai salah satu upaya mewujudkan visi Saudi 2030. Visi yang mereka sahkan pada 2016 ini merupakan cara mereka untuk melepaskan ketergantungannya dari tambang minyak yang telah lama jadi andalan.

Selain wisata ke situs-situs bersejarah dan perjalanan mewah di resor dan hotel premium, Arab Saudi juga punya destinasi belanja yang tak kalah asyiknya. Anda bisa menikmati pengalaman berbelanja oleh-oleh di pasar-pasar tradisional atau area komersial yang disebut sebagai "souk".

Berbelanja di souk menawarkan perpaduan yang unik dari budaya, sejarah, dan barang-barang khas Arab yang tidak bisa ditemukan di tempat lainnya. Berikut adalah beberapa souk yang paling terkenal di Saudi dengan daya tarik yang unik.

 1. Souk Al Alawi, Jeddah

Souk ini adalah yang terbesar di Arab Saudi. Di sini, Anda bisa menemukan beragam barang mulai dari hasil bumi dan rempah-rempah lokal hingga kerajinan tangan otentik dan pakaian tradisional khas Saudi. 

Di Souk Al Alawi, Anda bisa membawa pulang berbagai buah tangan berkesan, mulai dari perhiasan, karya seni, karpet buatan tangan, dan aksesori lain yang cocok dijadikan buah tangan ketika pulang ke Tanah Air.

Letak souk ini ada di Off Al Dahab St, Al-Balad, Kota Jeddah. Saat musim haji tiba, souk ini ramai pengunjung dari mancanegara yang juga hendak mencari oleh-oleh untuk dibawa pulang.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Souk Al Zal, Riyadh

Di Riyadh, Anda bisa menemukan Souk Al Zal yang merupakan souk tertua di kota tersebut. Terletak sekitar 5,4 km dari Istana Al-Murabba yang bersejarah, area souk ini mencakup 30 ribu meter persegi dan telah berdiri sekitar 100 tahun.

Ini adalah surga bagi para pecinta barang-barang antik. Anda akan menemukan banyak penjual koin langka dan perabotan. Ada juga alat musik, pemutar rekaman jadul, dan barang-barang kuno lainnya yang membuatmu merasa kembali ke masa lalu.

Kalau pergi ke Souk Al Zal, pastikan Anda membeli parfum sebagai oleh-olehnya. Jangan lupa juga dengan sandal dari kulit unta dan perlengkapan tradisional Saudi seperti poci kopi. Letak souk ini ada di Al-Dirah, jantungnya Kota Riyadh. 

3. Souk Diah, Riyadh

Souk ini cocok bagi penyuka hasil kerajinan dari komunitas yang kaya akan nilai seni. Souk Diah atau ada yang menyebutnya sebagai Souk Al Thumari terletak dekat dengan benteng ikonis, Al Masmak, di wilayah Ghirnatah, Riyadh.

Kalau pergi ke Souk Diah, jangan lupa untuk membeli parfum dan perhiasan emas eksklusif yang hanya bisa kamu temukan di sini. Alamat lengkap souk ini ada di 3138 Abi Jafar Al Mansour St, Ghirnatah, Riyadh, dan bisa ditempuh 30 menit menggunakan kendaraan dari Bandara Internasional Riyadh.

 

 

3 dari 4 halaman

4. Souk Al Tumor, Madinah

Tidak ingin pergi jauh-jauh dari kawasan Madinah namun tetap ingin menikmati pasar lokal khas Saudi? Anda bisa mengunjungi Souk Al Tumor yang terletak di Madinah, sekitar 3 km ke arah selatan dari pusat kota.

Souk Al Tumor jadi tempat paling populer untuk berbelanja oleh-oleh buah khas Saudi yaitu kurma. Ada lebih dari 150 jenis kurma yang ditawarkan di sini, mulai dari jenis Ajwa yang tumbuh secara lokal, hingga jenis Medjool yang terkenal langka dan mahal harganya.

 

5. Souk Qabil, Jeddah

Souk yang juga dikenal sebagai Qabil Street, Gabel Street, atau Qabel Trail. Souk ini adalah pasar bersejarah dan tertua di Jeddah.

Lokasinya dikenal sebagai pusat perayaan masyarakat, terutama ketika mendekati Idulfitri dan saat bulan Ramadan. Souk ini dipenuhi warung makanan dan lokasi hiburan tradisional.

Souk ini juga dekat dengan beberapa museum, seperti Nassif House, Al Metbouli House, dan Masjid Al Shafie. Lokasinya berada di kawasan Kota Tua Jeddah dan bisa diakses menggunakan kendaraan dengan waktu tempuh 30 menit dari Bandara Internasional Jeddah.

 

4 dari 4 halaman

6. Souk Qaisariah, Al Hofuf

Selain souk di kota-kota besar, Anda juga bisa mengunjungi Souk Qaisariah yang terletak di Kota Al Hofuf di Provinsi Timur Arab Saudi atau sekitar 3 jam 30 menit berkendara dari pusat Kota Riyadh. Souk ini sudah berdiri sejak tiga abad yang lalu. 

Meski pernah mengalami kebakaran pada 2000 dan direstorasi, lokasi souk ini tetap sanggup menampilkan kejayaan masa lalu Al Hofuf yang gemilang.

Di sini, Anda bisa menemukan berbagai oleh-oleh yang cocok dibawa pulang setelah perjalanan yang asyik mengulik budaya Saudi. Beberapa di antaranya adalah rempah-rempah, dupa dan wewangian, dan kerajinan tangan tradisional khas Saudi.

 

7. Souk Okaz, Taif

Taif terkenal sebagai kota kuno yang memesona dan dipenuhi dengan warisan budaya Saudi. Salah satu yang bisa kamu nikmati secara langsung adalah Souk Okaz. Souk ini merupakan pasar terbuka yang terletak sekitar 130 km di timur Kota Mekkah.

Ada lebih dari 200 toko di souk ini dan setiap tahunnya, mereka mengadakan Festival Tahunan Okaz yang disertai dengan berbagai kegiatan yang sarat akan budaya. Ada kegiatan membaca puisi, cerita, dan pertunjukan budaya khas Saudi. Berdiri di atas area seluas 14 juta meter persegi, Souk Okaz tidak boleh dilewatkan ketika kamu sedang berkunjung ke Saudi.

Barang yang wajib kamu dapatkan di sini antara lain, kerajinan tangan, tekstil tradisional, tembikar, dan dokumen-dokumen bersejarah yang diperjuabelikan. 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat