uefau17.com

Debut saat Timnas Indonesia Hajar Filipina, Calvin Verdonk Langsung Tuai Sanjungan Shin Tae-yong - Bola

, Jakarta Pemain baru Timnas Indonesia Calvin Verdonk resmi mencatatkan debutnya saat skuad Garuda menaklukkan Filipina dengan 0-2 dalam matchday keenam grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Selasa (11/6/2024) malam WIB.

Pesepak bola berusia 27 tahun itu diturunkan sejak menit pertama dan baru ditarik keluar pada pertengahan babak kedua untuk digantikan oleh Pratama Arhan.

BACA JUGA: VIDEO: Momen Pemain Timnas Latihan Nyanyi Indonesia Raya di Jacuzzi Jelang Indonesia vs Irak

Adapun Calvin Verdonk memang belum lama ini menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia. Dia baru saja menyelesaikan proses naturalsiasi usai mengambil sumpah pada Selasa (4/6/2024) lalu.

Nama Verdonk belum dimasukkan ke daftar skuad ketika Timnas Indonesia kalah dari Irak dalam laga kelima grup F di SUGBK, Kamis (6/6/2024) lalu.

Praktis, duel kontra The Azkals menandai pertandingan pertama Verdonk dengan skuad Garuda, dengan dia bahkan langsung diberi kesempatan tampil sebagai starter di hadapan pendukung sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentar Shin Tae-yong soal Debut Verdonk

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong, yang diminati komentar seputar penampilan perdana Calvin Verdonk, pun langsung melontarkan sanjungan kepada pemain barunya.

Dia nampak puas dengan performa pesepak bola kelahiran 1997 dan menyatakan Verdonk tampil baik serta profesional di tengah tantangan menyesuaikan diri pada perbedaan waktu serta lingkungan.

"(Debut) Calvin sangat baik. Memang ini pertandingan pertamanya (untuk Timnas Indonesia)," ucap Shin Tae-yong dalam konferensi pers selepas laga di SUGBK, Selasa (11/6/2024) malam WIB.

"Harusnya tidak begitu gampang buat dia debut karena ada perbedaan waktu dan lingkungan. Akan tetapi, dia tetap tampil dengan baik sebagai pemain profesional," sambung pelatih asal Korea Selatan.

3 dari 3 halaman

Timnas Indonesia Lolos Putaran 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Dengan kemenangan atas Filipina, Timnas Indonesia dipastikan lolos ke putaran tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pasukan Garuda menempati peringkat 2 klasemen grup F dengan perolehan 10 poin dari 6 pertandingan.

Adapun Irak sudah lebih dulu mengunci tiket ronde selanjutnya lantaran tampil dominan dan menguasai puncak klasemen. Sementara itu, Vietnam, yang sempat menjadi pesaing terdekat Timnas Indonesia untuk melangkah mendampingi Singa Mesopotamia harus puas duduk di urutan 3 tabel grup F.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat