uefau17.com

Makin Dekat Jadi WNI, Calvin Verdonk Sudah Bisa Nyanyi Indonesia Raya - Bola

, Jakarta - Calon pemain Timnas Indonesia Calvin Verdonk menunjukkan keseriusannya untuk segera menyandang status sebagai warga negara indonesia (WNI) dan memperkuat skuad Garuda.

Penggawa berusia 27 tahun yang terafiliasi dengan NEC Nijmegen itu sudah bisa menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya saat hadir langsung pada rapat Komisi III DPR RI di Gedung DPR Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (3/6/2024).

Seperti diketahui, Verdonk dan Jens Raven sebelumnya telah mengantongi persetujuan dari Komisi X dan III DPR RI terkait proses naturalisasinya menjadi WNI. Putusan ini selanjutnya akan dibahas dalam rapat paripurna, sebelum duo pemain bisa mengambil sumpah di Kemenkumham.

Verdonk yang tengah berada di Tanah Air pun berkesempatan hadir langsung dalam kedua sesi rapat, dengan didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo serta Sekjen PSSI Yunus Nusi.

Sementara itu, Jens Raven yang sedang memenuhi panggilan ke Timnas Indonesia U-20 jelang Toulon Cup 2024 di Prancis, cuma bisa berpartisipasi melalui sambungan video conference.

Calvin Verdonk pun langsung dihadapkan dengan momen menarik ketika hadir di ruang rapat Komisi III DPR RI. Salah satu anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar Adde Rosi Khoerunnisa menanyakan kesannya menjalani proses naturalisasi sekaligus meminta Verdonk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

"Karena Anda akan menjadi warga negara, bisakah Anda menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia, sedikit saja, di hadapan kami semua karena lagu itu adalah kebanggaan buat kami," ucap Adde Rosi Khoerunnisa mendekati pengujung rapat.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Respons Calvin Verdonk

Calvin Verdonk yang mendengar permintaan tersebut sontak tersenyum ke arah anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar. Dia mengaku sudah mempelajari Pancasila serta Indonesia Raya, tetapi merasa masih kesulitan untuk mempraktikkan sendiri lagu kebangsaan.

"Sepanjang malam saya sudah belajar Pancasila dan lagu kebangsaan Indonesia. Itulah alasan saya terlihat sedikit lelah (hari ini) karena saya belajar sepanjang malam," ucap Verdonk di tengah rapat Komisi III DPR RI, Senin (3/6/2024).

"Namun, lagu kebangsaannya sedikit sulit. Walau begitu, untuk menjawab pertanyaan sebelumnya, saya merasa sangat bangga dan senang karena akan menjadi warga negara Indonesia," sambung pemain NEC Nijmegen itu.

3 dari 4 halaman

Nyanyikan Bagian Awal Lagu Kebangsaan

Sayangnya, jawaban tersebut belum membuat Adde Rosi Khoerunnisa puas. Dia kembali memancing Calvin Verdonk untuk menyanyikan Indonesia Raya, sembari memberi panduan untuk memulai lagu.

Verdonk sempat sedikit malu-malu dan mengajak peserta rapat untuk ikut menyanyikan lagi Indonesia Raya bersama dia. Namun, dia pada akhirnya tetap membuka suara serta menunjukkan dirinya mampu menyanyikan penggalan awal lagu kebangsaan Tanah Air.

"Jika Anda menyanyikan, saya akan mengikutinya. Tetapi, semua orang juga harus ikut bernyanyi," ucap Verdonk sebelum menyanyikan bagian pembuka lagu Indonesia Raya.

4 dari 4 halaman

Diupayakan Ikut Lawan Filipina

Sekadar informasi, Calvin Verdonk sebelumnya sudah sempat ambil bagian dalam sesi latihan Timnas Indonesia jelang laga uji coba melawan Tanzania, Jumat (31/5/2024).

Meski belum menyandang status WNI, Menpora Dito Ariotedjo dan Sekjen PSSI Yunus Nusi menargetkan pemain berusia 27 tahun dapat ikut memperkuat skuad Garuda kala menjamu Filipina dalam lanjutan putaran dua Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (11/6/2024).

"Kita lagi target untuk Calvin ini (main) di (laga melawan) Filipina. Kalau Irak kan tinggal sekian hari. Tapi kita akan coba semaksimal mungkin," ucap Yunus Nusi saat ditemui awak media selepas rapat Komisi X DPR RI pada Senin (3/6/2024) siang WIB.

"Pak Menteri (Dito Ariotedjo) tentu akan memberikan dukungan khusus untuk support naturalisasi. Hari ini kita maraton lagi ke Kemenkumham dan Setneg. Kita berharap dengan Filipina setidaknya (Calvin Verdonk) bisa memperkuat skuad," tandasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat