uefau17.com

Naturalisasi Disetujui Komisi X dan III DPR RI, Calvin Verdonk Berpeluang Bela Timnas Indonesia Lawan Filipina - Bola

, Jakarta - Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia Calvin Verdonk berpeluang ikut serta menjamu Filipina dalam lanjutan putaran dua Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (11/6/2024).

Hal ini disampaikan oleh Menpora Dito Ariotedjo dan Sekjen PSSI Yunus Nusi pasca menghadiri rapat Komisi X DPR RI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Senin (3/6/2024).

Seperti diketahui, Verdonk memang sudah berada di Tanah Air sehingga berkesempatan hadir langsung dalam rapat Komisi X dan Komisi III DPR RI. Dia datang mengenakan batik bernuansa hitam, serta turut ditemani oleh Menpora, Sekjen PSSI, dan Anggota Exco PSSI Vivin Cahyani.

Sementara itu, Jens Raven yang turut menjalani proses naturalisasi bersama Verdonk sedang memenuhi panggilan Timnas Indonesia U-20 jelang Toulon Cup 2024 di Prancis. Alhasil, dia cuma bisa mengikuti rapat via sambungan video conference.

Komisi X dan III DPR RI kompak menyetujui rekomendasi pemberian status WNI untuk Calvin Verdonk dan Jens Raven dalam rapat. Hasil ini selanjutnya bakal kembali dibahas dalam rapat paripurna DPR RI, sebelum duo pemain bisa diambil sumpahnya di Kementerian Hukum dan HAM.

Terlepas dari proses yang masih harus dijalani, Menpora dan Sekjen PSSI optimistis Calvin Verdonk bisa segera memperkuat Timnas Indonesia. Skuad Garuda dijadwalkan menjamu dua negara yakni Irak dan Filipina dalam lanjutan putaran dua Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (6/6/2024) dan Selasa (11/6/2024).

"Kami rapat dengan dengan Komisi X dan Komisi III (DPR RI) untuk proses pemberian kewarganegaraan Jens dan Calvin. Insyaallah besok dalam rapat paripurna disetujui," ucap Menpora Dito Ariotedjo saat ditemui awak media pasca rapat Komisi X DPR RI, Senin (3/6/2024).

"Pastinya ini dari proses DPR di paripurna, akan dilaksanakan pengambilan sumpah. Kita juga berharap nanti bisa mengejar untuk pertandingan (kualifikasi Piala Dunia 2026). Potensinya sangat mungkin dan ini kita akan kerja bersama seluruhnya untuk memastikan hal tersebut," tambah dia.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dikejar untuk Laga Melawan Filipina

Secara spesifik, Sekjen PSSI Yunus Nusi mengungkap Calvin Verdonk kemungkinan baru bisa diupayakan tampil saat laga melawan Filipina pada 11 Juni 2024. Hal itu lantaran dia menilai pertandingan melawan Irak sudah tterlalu mepet

"Kita lagi target untuk Calvin ini (main) di (laga melawan) Filipina. Kalau Irak kan tinggal sekian hari. Tapi kita akan coba semaksimal mungkin," ucap Yunus Nusi dalam kesempatan yang sama.

"Pak Menteri tentu akan memberikan dukungan khusus untuk support naturalisasi. Hari ini kita maraton lagi ke Kemenkumham dan Setneg. Kita berharap dengan Filipina setidaknya (Calvin Verdonk) bisa memperkuat skuad," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Jens Raven ke Timnas Indonesia U-20

Sementara itu, pemain muda Jens Raven yang turut menjalani proses naturalisasi bersama Calvin Verdonk saat ini juga hampir diintegrasikan dengan pasukan Merah Putih.

Meski belum menyandang status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), dia bersama 4 pemain keturunan lain sudah dipanggil ke Timnas Indonesia U-20 untuk mengikuti persiapan jelang Toulon Cup 2024.

Adapun Garuda Nusantara tergabung dalam grup B bersama Italia, Jepang, Panama, dan Ukraina dalam turnamen sepak bola muda di Prancis. Mereka akan berkompetisi mulai 4 Juni hingga 16 Juni 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat