uefau17.com

CEO ADOR Min Hee Jin Tuding HYBE Dibutakan Profit hingga Tiru Konsep NewJeans untuk ILLIT - ShowBiz

, Seoul - Debut ILLIT pada Maret lalu ternyata bikin CEO ADOR, Min Hee Jin, naik darah. Puncaknya adalah Senin (22/4/2024) kemarin, saat HYBE mengonfirmasi bahwa pihaknya tengah melakukan audit untuk memeriksa agensi NewJeans tersebut.

Pada hari yang sama, Min Hee Jin menjatuhkan bom atom: ia menuding konsep debut ILLIT adalah tiruan dari ciri khas NewJeans.

“ILLIT meniru NewJeans di semua area dalam aktivitas mereka termasuk rambut, makeup, kostum, koreografi, foto, video, dan penampilan dalam event” tutur Min Hee Jin dalam pernyataannya, dilansir dari Soompi dan Korea JoongAng Daily, Selasa (23/4/2024).

Tak ada takut-takutnya, ia menuding pendiri dan pimpinan HYBE, Bang Si Hyuk, bersekongkol dengan agensi ILLIT yakni Belift Lab dalam penjiplakan ini. Sekadar informasi, ADOR dan Belift Lab sama-sama berada di bawah payung HYBE.

“Pimpinan HYBE Bang Si Hyuk memproduseri album debut ILLIT. Peniruan NewJeans oleh ILLIT tidak dilakukan secara mandiri oleh Belift Lab, tetapi juga melibatkan HYBE,” kata dia.

Ia meneruskan, “HYBE, sebuah perusahan besar dalam jagat K-Pop, dibutakan oleh profit jangka pendek dan melakukan produksi massal karya tak orisinal dengan tak segan-segan menjiplak konten budaya yang sukses.”

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

NewJeans yang Kena Getah

Min Hee Jin menekankan bahwa pihak yang paling dirugikan adalah NewJeans. Apalagi Danielle dkk sebenarnya kini tengah mempersiapkan comeback untuk bulan Mei mendatang.

Dengan kemunculan “tiruan” NewJeans, kata Min Hee Jin, ia khawatir publik bosan karena terpapar dengan image yang serupa. Belum lagi adanya perselisihan di antara penggemar yang tak perlu.

“Pelaku utama yang menciptakan situasi ini adalah HYBE dan Belift Lab, tapi kerugian karena hal ini sepenuhnya diderita ADOR dan NewJeans,” kata dia.

3 dari 4 halaman

Boleh Mirip karena Masih Saudara?

Min Hee Jin juga menampik anggapan bahwa karena secara teknis NewJeans dan ILLIT adalah saudari satu HYBE, maka tak apa bila keduanya memiliki kemiripan.

“Reaksi seperti ini jelas adalah sebuah kesalahpahaman, dan kami ingin mengklarifikasinya. Sistem multi-label adalah sistem dengan masing-masing label dapat menciptakan musik yang diinginkan secara mendiri, bukan sistem yang memberikan kelonggaran kepada satu label untuk meniru pencapaian budaya label lain, hanya karena mereka berafiliasi,” Min Hee Jin menjabarkan.

4 dari 4 halaman

Sudah Ajukan Komplain

Sosok yang pernah menangani idol SM Entertainment ini, menegaskan ia tak pernah memberi izin kepada siapa pun, untuk meniru NewJeans. Ia juga mengaku ADOR sudah mengajukan komplain secara resmi kepada HYBE.

“Namun, HYBE dan Belift Lab menolak mengakui kesalahan mereka, hanya menghadirkan beragam alasan dan memperlambat respons yang kongkrit,” kata dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat