uefau17.com

Melokal, Hanni NewJeans Sebut Tempe sebagai Makanan Favorit - Regional

, Yogyakarta - Salah satu member grup Kpop NewJeans, Hanni, baru saja mengungkapkan bahwa tempe adalah makanan favoritnya. Hal tersebut ia ungkapkan dalam konten QnA A Day with HANNI dari Marie Claire Korea.

Konten video berdurasi 2 menit 22 detik itu diunggah di kanal YouTube Marie Claire Korea, Rabu (6/3/2024). Dengan balutan dress hitam, Hanni tampak memesona dengan gaya rambut panjang yang digerai.

Saat diberi pertanyaan tentang makanan yang akhir-akhir ini ia suka, Hanni NewJeans tanpa ragu menjawab tempe. Hanni mengatakan, ia mendapatkan rekomendasi makanan khas Indonesia tersebut dari rekan satu grupnya, Danielle.

"Tempeh (tempe). Dani merekomendasikannya itu padaku dan tidak menyangka aku sesuka itu dengan kedelai. Ini sangat enak, pastikan kalian mencobanya," kata idol kelahiran 6 Oktober 2004 ini.

Hal ini pun menghebohkan para fans NewJeans (Bunnies), terutama Bunnies Indonesia. Mereka beramai-ramai ingin mengajak Hanni menikmati berbagai olahan tempe khas Indonesia.

Hal lain yang menjadi sorotan adalah Danielle, sosok yang merekomendasikan makanan tersebut kepada Hanni. Pasalnya, pada Februari lalu Dani mengunggah olahan waluh kukus sebagai menu sarapan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejarah Tempe

Mengutip dari Tempe: Persembahan Indonesia untuk Dunia dari Badan Standarisasi Nasional, tempe adalah makanan khas Indonesia berbahan dasar kedelai. Tempe diproses melalui fermentasi dari yang secara umum dikenal dengan ragi tempe. Lewat proses fermentasi tersebut, biji kedelai mengalami proses penguraian menjadi senyawa sederhana sehingga mudah dicerna.


Dalam manuskrip Serat Centhini ditemukan bahwa masyarakat Jawa sudah mengenal tempe sejak abad ke-16. Kata tempe disebutkan sebagai hidangan bernama jae santen tempe (sejenis makanan tempe dengan santan) dan kadhele tempe srundengan.

Selain dikonsumsi masyarakat Indonesia, tempe juga telah banyak dikonsumsi masyarakat negara lain. Tempe telah tersebar ke berbagai negara di Eropa, seperti Belanda, Belgia, hingga Jerman. Bahkan, tempe sudah populer di negara-negara Eropa sejak 1946.

Pada 1958, peneliti asal Indonesia bernama Yap Bwee Hwa melakukan penelitian ilmiah tentang tempe yang akhirnya membuat tempe populer di Amerika Serikat. Sementara di Jepang, tempe sudah diteliti sejak 1926 dan mulai diproduksi secara komersial sekitar 1983.

Selanjutnya pada 1984, beberapa perusahaan tempe mulai didirikan di Eropa, Amerika, dan Jepang. Adapun di beberapa negara, tempe dikenal oleh kalangan terbatas, yakni di Selandia Baru, India, Kanada, Australia, Meksiko, dan Afrika Selatan.

Disebutkannya tempe sebagai makanan favorit member idol Kpop NewJeans ini menambah bukti nyata bahwa tempe telah mendunia. Baik Hanni maupun Danielle juga pernah tinggal di Australia, sehingga bisa saja mereka memang sudah mengenal tempe sejak di negara asalnya.

 

Penulis: Resla

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat