uefau17.com

Pesona Titik Nol Kilometer Indonesia, Jadi Spot Wisata Favorit - Regional

, Yogyakarta - Beberapa wilayah di Indonesia memiliki Titik Nol Kilometer yang menjadi daya tarik wisata tersendiri. Biasanya, tempat ini ditandai dengan monumen, pal, atau Tugu Titik Nol.

Keberadaan titik nol kilometer di beberapa daerah Indonesia biasanya digunakan sebagai patokan pengukuran jarak yang ada di kota hingga negara. Selain itu, titik nol kilometer juga berfungsi sebagai referensi pembangunan dalam suatu wilayah. 

Mengutip dari kemenparekraf.go.id, berikut beberapa spot Titik Nol Kilometer Indonesia yang jadi daya tarik wisata:

1. Titik Nol Kilometer Sabang 

Titik Nol Kilometer Sabang berada di Desa Iboih Ujong Ba'u, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang. Lokasi ini sering disebut penanda geografis ujung terjauh Barat Indonesia.

Sebagai penanda, terdapat Tugu Titik Nol yang berdiri di atas tebing. Tugu tersebut menghadap langsung ke Samudra Hindia. 

Lokasi ini menjadi destinasi favorit wisatawan karena daya tarik berupa keindahan bawah laut di Sabang. Pengunjung bisa melihat terumbu karang di beberapa spot selam di Sabang, seperti West Seulako, Arus Balee, Rubiah Jetty, hingga Sophie Rickmers. 

2. Titik Nol Kilometer Merauke

Ujung timur Indonesia, Merauke, juga memiliki Titik Nol Kilometer yang tak kalah menarik. Lokasinya berdekatan dengan perbatasan Indonesia dengan Papua Nugini.

Titik Nol Kilometer Merauke menawarkan keindahan monumen bertulisan '0 Km Merauke-Sabang' yang cukup besar. Monumen tersebut sengaja dicat merah-putih yang menyerupai bendera Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Titik Nol Kilometer Yogyakarta

3. Titik Nol Kilometer Yogyakarta

Titik Nol Kilometer Yogyakarta berada di tengah Kota Yogyakarta. Lokasi Tugu Titik Nol Kilometer Yogyakarta ini dikelilingi bangunan bersejarah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, mulai dari Kantor Pos Indonesia, Gedung Agung, Monumen Serangan 1 Maret, Benteng Vredeburg, hingga Jalan Malioboro.

Titik Nol Kilometer Yogyakarta tak pernah sepi pengunjung. Wisatawan bisa sekaligus berburu oleh-oleh khas Yogyakarta dengan berkunjung ke Teras Malioboro yang tak jauh dari titik nol. Terdapat banyak produk ekraf yang bisa dijadikan oleh-oleh, seperti gelang, kerajinan perak, cincin, bakpia, hingga jamu tradisional.

4. Titik Nol Kilometer Nusantara 

Terbaru, adalah Titik Nol Kilometer Nusantara yang berada di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Lokasi ini ditandai dengan diresmikannya monumen setinggi 50 cm pada 2022 lalu.

Titik nol ini berada di Kecamatan Samboja dan Kecamatan Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Titik Nol Kilometer Nusantara menjadi spot wisata baru yang melengkapi daftar Titik Nol Kilometer di Indonesia.

 

Penulis: Resla

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat