uefau17.com

Profil Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu yang Meninggal Dunia pada Usia 96 Tahun - Regional

, Bandung - Pendiri Mustika Ratu dan Mantan Wakil Ketua MPR, Mooryati Soedibyo dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (24/4/2024). Diketahui Mooryati Soedibyo meninggal dunia pukul 01.00 WIB dini hari.

Kabar duka tersebut turut dibagikan langsung oleh Tantowi Yahya di media sosial Instagramnya. Sosok yang dikenal sebagai tokoh jamu tradisional tersebut meninggal dunia di usia 96 tahun.

Telah berpulang ke pangkuanNYA, ibu DR.H.BRA. Mooryati Soedibyo pada hari Rabu, 24 April, jam 01.00 WIB dini hari pada usia 96 tahun,” tulisnya @tantowiyahyaofficial.

Tantowi Yahya juga menyebutkan sosok Mooryati Soedibyo adalah perempuan pengusaha yang visioner dan dikenal sebagai tokoh jamu tradisional. Ia memiliki ramuan jamu yang berasal dari resep Kerajaan Surakarta dan memberikan manfaat bagi banyak masyarakat.

Pembawa acara kondang itu juga menceritakan bahwa sosok Mooryati Soedibyo telah mengharumkan nama Indonesia di mancanegara. Serta dikenal sebagai Ketua Yayasan Puteri Indonesia yang telah berdampak banyak untuk Indonesia.

Selamat jalan bu Moor. Semoga seluruh amal ibadah dan kebaikan ibu semasa hidup akan meringankan langkah ibu kembali ke pangkuanNYA. Saya bersaksi ibu adalah orang baik yang telah banyak berbuat bagi bangsa ini,” kata Tantowi.

Sebagai informasi sosok Mooryati Soedibyo dikenal sebagai pendiri Mustika Ratu. Ia juga jadi pencetus kontes kecantikan nasional “Puteri Indonesia” dan aktif dalam dunia politik serta pernah menjabat sebagai Wakil Ketua MPR periode 2004 hingga 2009.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil Mooryati Soedibyo

Mooryati Soedibyo merupakan sosok paling menginspirasi dan dihormati terutama dalam industri kecantikan Indonesia. Pasalnya Mooryati Soedibyo dikenal sebagai pendiri produk kecantikan Mustika Ratu dan Yayasan Puteri Indonesia (YPI).

Diketahui Mooryati Soedibyo lahir pada 5 Januari 1928 di Solo dan sudah tinggal di Keraton Surakarta sejak usia 3 tahun. Melansir dari situs Mustika Ratu Mooryati adalah cucu dari Raja Kasunanan Surakarta Paku Buwono X.

Ayahnya KRMTA Poornomo Hadiningrat merupakan seorang bupati Demak dan ibunya bernama GRA Kussalbiyah. Sebagai cucu Paku Buwono X Mooryati mendapatkan pendidikan secara tradisional terkait tata krama, seni tari, dan lain-lain.

Ia juga tumbuh dengan mempelajari berbagai tumbuhan berkhasiat dan meramu jamu dari bahan yang alami. Sejak kecil Mooryati sudah terbiasa merias wajahnya sendiri dan pengetahuannya tersebut membawanya berbisnis di dunia kecantikan.

Secara pribadi, Mooryati Soedibyo telah menikah dengan Soedibyo Purbo Hadiningrat pada 1956. Melalui pernikahan tersebut, ia memiliki tiga orang anak yaitu Putri Kuswisnu Wardani, Haryo Tedjo Baskoro, dan Djoko Ramiadji.

3 dari 4 halaman

Dikenal sebagai Pendiri Mustika Ratu

Melansir dari situs resmi Mustika Ratu produk jamu dan kosmetik mereka diolah oleh Mooryati Soedibyo sejak tahun 1975. Produk ini awalnya mendapatkan tanggapan positif hingga pesanan dari kerabat dan teman-temannya.

Kemudian pada 14 Maret 1978 PT Mustika Ratu mulai beroperasi dan mendapatkan reputasi yang baik sebagai perusahaan yang membuat produk kecantikan serta jamu kesehatan tradisional.

Pada tahun 80an perusahaan ini mendapatkan permintaan pasar yang besar dan mulai mendirikan pabrik pertamanya tanggal 8 April 1981 di Ciracas, Jakarta Timur. Sejak itu, produk Mustika Ratu populer di industri kecantikan terutama industri spa.

Penjualannya tidak hanya berada di pasar Indonesia tetapi juga meluas ke negara-negara lain bahkan masuk ke negara Asia Tenggara dan asia Timur. Pada tahun 2018 pasarnya kian meluas ke negara lain mulai dari Kanada, Amerika Serikat, Cina, Irak, dan lain-lain.

4 dari 4 halaman

Pendiri Yayasan Puteri Indonesia dan Terjun ke Dunia Politik

Mooryati Soedibyo juga dikenal sebagai pendiri Yayasan Puteri Indonesia (YPI) pada tahun 1992. Berkatnya yayasan ini menjadi wadah untuk perempuan Indonesia yang ingin berkontribusi dalam pembangunan bangsa di ajang kecantikan.

Ajang Pemilihan Puteri Indonesia sering diadakan setiap tahunnya dan menjadi wadah untuk mengirimkan perempuan lain yang akan mewakili Indonesia dalam ajang bergengsi dunia Miss Universe.

Selain aktif dalam industri kecantikan dan spa, Mooryati Soedibyo juga masuk dalam dunia politik. Ia pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI pada periode 2004 hingga 2009 di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Mooryati menjadi wakil rakyat melalui jalur DPD dan pernah duduk sebagai anggota Panitia Ad Hoc III DPD yang membidangi masalah terkait pendidikan, kesehatan, hingga kesejahteraan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat