uefau17.com

Harga Emas Naik di Tengah Perkiraan The Fed Belum akan Turunkan Suku Bunga - Bisnis

, Jakarta - Harga emas dunia naik pada perdagangan Kamis karena imbal hasil treasury AS yang naik setelah data ekonomi menunjukkan yanda-tanda inflasi yang terus menerus. Data ekonomi ini menurunkan harapan bahwa Bank Sentral AS atau The Fed akan menurunkan suku bunga dalam waktu dekat.

Mengutip CNBC, Jumat (26/4/2024), harga emas di pasar spot bertambah 0,6% menjadi USD 2.329,39 per ounce. Harga turun lebih dari USD 100 dari harga tertinggi sepanjang masa sebesar USD 2.431,29 per ounce pada tanggal 12 April, yang dipicu oleh gejolak geopolitik.

Sedangkan harga emas berjangka AS naik 0,1% pada USD 2.342,10 per ounce.

Pertumbuhan ekonomi AS melambat lebih dari perkiraan pada kuartal I 2024, namun peningkatan inflasi menunjukkan bahwa The Fed tidak akan menurunkan suku bunga sebelum bulan September.

“Emas diperdagangkan berdasarkan data tambahan yang menunjukkan bahwa The Fed tidak dalam posisi untuk menurunkan suku bunga dalam waktu dekat,” kata analis senior RJO Futures Bob Haberkorn.

Imbal hasil Treasury AS juga mencapai level tertinggi dalam lebih dari lima bulan setelah data tersebut dirilis. Emas secara tradisional dikenal sebagai lindung nilai terhadap inflasi, namun kenaikan suku bunga mengurangi daya tarik untuk memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

“Setelah kenaikan emas yang sangat dramatis selama beberapa minggu terakhir, emas berada di tengah konsolidasi,” kata direktur perdagangan logam High Ridge Futures David Meger.

“Tentu saja hal ini dapat berubah dalam jangka pendek jika kita melihat gambaran inflasi yang tidak terlalu buruk dan inflasi jauh lebih berkurang.” tambah dia.

Data Indeks Harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) inti bulan Maret akan dirilis pada hari Jumat waktu setempat.

Dari segi fisik, impor emas bersih konsumen utama Tiongkok melalui Hong Kong melonjak 40% di bulan Maret dibandingkan bulan sebelumnya.

Sedangkan untuk logaml ainnya, perak di pasar spot turun 0,2% menjadi USD 27,23 per ounce. Platinum turun 0,2% menjadi USD 901,10 dan paladium kehilangan 1,9% menjadi USD 982,25.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Harga Kemarin

Sebelumnya, harga emas stabil pada hari Rabu karena premi risiko atas ketegangan di Timur Tengah mereda. Sementara investor menunggu data ekonomi AS, yang akan dirilis minggu ini, yang dapat memberikan petunjuk mengenai jalur suku bunga Federal Reserve.

Dikutip dari CNBC, Kamis (25/4/2024), harga emas di pasar spot naik 0,1% menjadi USD 2,323.92 per ounce, setelah mencapai level terendah sejak 5 April di sesi sebelumnya. Harga emas berjangka AS turun 0,2% menjadi USD 2,336.90.

Harga emas batangan telah jatuh lebih dari USD 100 setelah mencapai rekor tertinggi USD 2,431.29 pada 12 April.

Indeks dolar AS menguat 0,2%, membuat emas batangan yang dihargakan dalam greenback kurang menarik bagi pembeli luar negeri.

“Pasar emas dan perak mengalami koreksi seiring dengan meredanya konflik Timur Tengah. Pertanyaan kuncinya adalah apakah koreksi ini akan berubah menjadi tren penurunan harga jangka pendek yang menandakan puncak pasar telah terjadi,” kata Jim Wyckoff, analis senior di Kitco Metals.

“Fokus pasar kembali pada laporan ekonomi dan The Fed. Jika kita melihat data inflasi yang tinggi, maka akan lebih sulit bagi Fed untuk menurunkan suku bunga dan emas bisa turun hingga di bawah USD 2.200," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Data PDB AS

Data produk domestik bruto (PDB) AS akan dirilis pada hari Kamis dan laporan Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) pada hari Jumat.

Para pedagang sekarang memperkirakan penurunan suku bunga pertama The Fed akan terjadi, kemungkinan besar pada bulan September. Suku bunga yang lebih tinggi mengurangi daya tarik untuk memegang emas yang tidak memberikan imbal hasil.

Dalam jangka panjang, harga emas akan semakin meningkat, dengan tahun 2024 yang merupakan tahun pemilihan umum, konflik geopolitik yang terus berlanjut, dan peningkatan utang AS, kata Jonathan Rose, CEO Genesis Gold Group.

“Bank-bank sentral saat ini memiliki minat yang besar terhadap emas, dan hal ini jelas tidak akan melambat,” tambahnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat