uefau17.com

Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik di Indonesia, Periklindo Electric Vehicle Show 2023 Siap Digelar 17 hingga 21 Mei - Otomotif

, Jakarta Saat ini, pemerintah terus gencarkan perkembangan Industri kendaraan listrik/Electric Vehicle (EV) di Tanah Air. Sejalan dengan itu, Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (PERIKLINDO) akan mengadakan PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 pada 17-21 Mei 2023 mendatang. 

“Melalui kesempatan ini saya ingin menggaungkan bahwa banyak peraturan pemerintah yang telah dikeluarkan untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah memiliki semangat yang sangat kuat untuk memajukan industri kendaraan listrik di Tanah Air,’’ ungkap Moeldoko, Ketua Umum PERIKLINDO sekaligus Kepala Staf Kepresidenan RI pada pertemuan dengan awak media di Jakarta Selatan (6/4).

PERIKLINDO sendiri merupakan asosiasi yang memiliki visi memasyarakatkan keberadaan kendaraan listrik di Indonesia yang konsisten mendukung berbagai program pemerintah yang tertuang dalam PERPRES No.5 tahun 2019. 

Salah satu misi besar yang ingin dicapai dalam ajang PEVS 2023 adalah mewujudkan program Business to Government (B2G), dimana PERIKLINDO bersama Dyandra Promosindo selaku penyelenggara, akan menjembatani pelaku bisnis kendaraan listrik dengan pemerintah. 

Tujuannya adalah untuk merealisasikan instruksi Presiden RI, Joko Widodo dalam INPRES no.7 tahun 2022 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai sebagai Kendaraan Dinas Operasional atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

‘’Dukungan pemerintah untuk memajukan kendaraan listrik ini juga sebagai bentuk pemenuhan tanggung jawab pemerintah kepada rakyat agar Indonesia semakin sehat dengan udara yang bersih sehingga dapat meningkatkan usia harapan hidup yang lebih panjang lagi,’’ lanjutnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bentuk Nyata Mendukung Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019

Pada kesempatan yang sama, Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung pun menambahkan bahwa PEVS 2023 merupakan bentuk nyata mendukung Peraturan Presiden (PERPRES) nomor 55 tahun 2019 mengenai percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan.

‘’Ada beberapa hal yang perlu dicatat kenapa kami antusias sekali, karena penjualan kendaraan listrik itu sangat baik pada saat perhelatan IIMS 2023. Atas dasar itulah kami berharap penjualan mobil listrik kali ini melalui event PEVS akan sangat berhasil,’’ pungkas Daswar.

Dalam hal ini, Dyandra Promosindo optimis PEVS 2023 menargetkan lebih dari 30.000 pengunjung selama 5 hari dengan target kepesertaan lebih dari 80 brand dan target transaksi lebih dari Rp 285 miliar. 

Ajang ini pun akan diramaikan dengan deretan program menarik seperti, EV Riding, EV Sunmori, Electric Board & Scooter Ride, Formula Student Show Off, PEVS Push Bike Race, Seminar & Talkshow, EV Test Drive, EV Test Ride.

PEV 2023 ini pun juga disambut baik oleh perusahaan Perusahaan Listrik Negara (PLN). Ririn Rachmawardini, Executive Vice President Pengembangan Produk Niaga PT PLN (Persero) PLN  mengaskan bahwa PLN sudah menyiapkan diri untuk menyambut era elektrifikasi di Indonesia dengan menyiapkan SPKLU untuk kebutuhan charging kendaraan di jalan umum dan home charging bagi para pembeli kendaraan listrik.

‘’Kami berharap kita sama-sama bekerja untuk menciptakan ekosistem elektrik agar kendaraan elektrik semakin diterima oleh masyarakat Indonesia,’’ ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat