uefau17.com

Studi Baru Ungkap Jenis Makanan dan Minuman yang Bisa Turunkan Risiko Diabetes Tipe 2 - Health

, Jakarta - Sebuah penelitian baru di Inggris menemukan, mengonsumsi banyak makanan dan minuman yang kaya flavanoid seperti teh hijau, buah beri dan apel bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Sejumlah 113.097 peserta menjalani setidaknya dua penilaian diet 24 jam untuk menentukan Skor Flavodiet mereka. Para peneliti tertarik pada asupan teh hitam dan hijau, anggur merah, apel, beri, anggur, jeruk (termasuk satsuma), jeruk bali, paprika manis, bawang bombay, dan coklat hitam.

Flavonoid – senyawa kimia yang ditemukan dalam buah-buahan, sayuran dan tanaman lainnya – telah dipuji karena sifat antikanker, antivirus, antibakteri, antioksidan dan anti-inflamasinya. Ada enam jenis utama flavonoid, yang berbeda dalam aktivitas biologisnya dan cara metabolismenya di dalam tubuh.

Studi baru yang dipublikasikan pekan lalu di jurnal Nutrition & Diabetes, menemukan bahwa mengonsumsi enam porsi makanan kaya flavonoid sehari dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 sebesar 28% dibandingkan dengan hanya makan satu porsi.

Ketika anggur merah tidak dimasukkan dalam analisis, enam porsi makanan kaya flavonoid dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang 26% lebih rendah.

Lebih dari 38 juta orang Amerika menderita diabetes – sebagian besar dari mereka menderita diabetes tipe 2. Faktor risiko termasuk kelebihan berat badan, usia di atas 45 tahun dan tidak aktif secara fisik. Pola makan nabati telah terbukti mengurangi risiko diabetes tipe 2

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Efek Positif Flavonoid

Dalam studi baru, empat porsi teh sehari menurunkan risiko diabetes sebesar 21%; satu porsi buah beri sehari menguranginya sebesar 15%; dan satu porsi apel sehari menurunkannya sebesar 12%.

Para peneliti juga mencatat efek positif flavonoid terhadap metabolisme gula, peradangan dan fungsi ginjal dan hati.

“Studi ini mendukung saran saat ini mengenai peningkatan konsumsi buah untuk mengurangi risiko [diabetes tipe 2], namun menunjukkan peran spesifik dari buah beri dan apel,” tulis para penulis, dilansir New York Post.

“Mendorong peningkatan asupan makanan dan minuman tertentu yang kaya akan flavonoid, seperti teh, beri, dan apel dapat menurunkan risiko [diabetes],” mereka menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

Flavonoid Jenis Tertentu Bisa Mengurangi Risiko Diabetes

Ahli diet terdaftar Megan Hilbert, yang tidak terlibat dalam penelitian ini, mencatat bahwa “temuan ini dapat memainkan peran besar dalam mendidik pasien tentang rekomendasi diet.”

“Apa yang sangat saya nikmati dari penelitian ini adalah bahwa berbagai jenis flavonoid dibandingkan dan data menunjukkan bahwa flavonoid tertentu memiliki dampak yang lebih besar dalam mengurangi diabetes, dan makanan tertentu tampaknya memiliki efek perlindungan yang lebih besar dibandingkan makanan lainnya,” katanya kepada MedicalNewsToday.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat