uefau17.com

Instagram Notes Makin Interaktif dengan Fitur Prompts Terbaru - Tekno

, Jakarta - Aplikasi sosial media buatan Meta, Instagram baru-baru ini meningkatkan fitur untuk meningkatkan pengalaman penggunaan.

Fitur yang ditingkatkan itu adalah Notes. Sebagai informasi, Instagram meluncurkan Notes pada bulan Desember 2022 sebagai cara baru berbagi status.

Kini, Instagram akan menambahkan fitur yang dinamakan Prompts untuk melengkapi fitur Notes. Mengutip dari Engadget, Minggu (2/6/2024), fitur ini memungkinkan pengguna membagikan pertanyaan ke pengguna lain tanpa perlu mengirimkan pesan.

Cara kerja fitur baru ini adalah menampilkan pertanyaan atau kalimat apa pun yang bisa diisi pengguna. Pertanyaan tersebut akan muncul sebagai gelembung di atas foto profil pengguna maupun di kotak masuk Direct Messages (DM) di aplikasi Instagram

Pengguna yang ingin memberikan respons dapat mengetuk pertanyaan yang berbentuk gelembung itu.

Untuk diketahui, fitur Notes Instagram akan muncul selama 24 jam, dan pengguna dapat mengontrol siapapun yang melihat pertanyaan tersebut.

Sebagai contoh, pengguna dapat membagikan Prompt ke pengguna yang saling mengikuti akun Instagram, ataupun membagikan Prompt ke daftar Close Friend.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Instagram Buka Akses Uji Coba Fitur Baru untuk Semua Pengguna

Sebelumnya, Instagram dikabarkan berencana untuk memberikan akses uji coba fitur yang lebih luas. Jika sebelumnya uji coba hanya diberikan ke sebagian kecil penguji (beta tester), aplikasi milik Meta itu disebut akan memperluasnya. 

Menurut laporan, Instagram kini dikabarkan berencana untuk membagikan akses uji coba terhadap fitur eksperimental bagi pengguna yang berminat. Jadi, pengguna bisa ikut bereksperimen dengan fitur-fitur yang sedang dikembangkan platform tersebut.

Mengutip laporan Gadgets360, Kamis (30/5/2024), informasi ini diketahui dari laporan salah satu akun Threads. Akun itu membagikan screenshot menu Settings di aplikasi Instagram yang menampilkan opsi bagi pengguna mengakses fitur yang sedang diuji coba.

Untuk mengakses fitur tersebut, pengguna cukup membuka Settings and Activity. Kemudian, klik opsi "Early Access to Features".

Dengan opsi baru ini, Instagram akhirnya memungkinkan pengguna mengakses lebih awal fitur eksperimen mereka. Kehadiran opsi ini disebut akan membantu perusahaan menyesuaikan fitur baru Instagram dengan selera mayoritas pengguna.

Instagram sendiri bukan platform pertama yang melakukan hal tersebut. Akses serupa sebenarnya telah dihadirkan Google lewat Google Search Labs dan YouTube Experiments.

3 dari 4 halaman

Meta Uji Coba Integrasi Instagram-Threads

Di sisi lain, Meta dikabarkan sedang bereksperimen dengan cara baru untuk meningkatkan interaksi di aplikasi Threads dengan memanfaatkan Instagram. Menurut laporan, perusahaan itu tengah menguji coba fitur cross-posting foto dari Instagram langsung ke Threads.

Mengutip laporan dari Engadget, Kamis (9/5/2024), informasi ini dipastikan Meta setelah beberapa pengguna Threads melihat fitur tersebut muncul di Instagram. Menurut Meta, fitur cross-posting dari Instagram ke Threads ini bersifat opsional.

Disebutkan, pengguna juga memiliki pilihan untuk membuat semua unggahan foto baru mereka dibagikan secara otomatis ke akun Threads mereka. Adapun pengaturan cross-posting bisa diatur melalui aplikasi Instagram.

Perlu diketahui, Meta sudah menguji beberapa fitur mendorong pertumbuhan Threads. Padahal, layanan milik Meta tersebut sudah memiliki 150 juta pengguna.

Sebelumnya, perusahaan juga telah mencoba fitur cross-posting dari Facebook ke Threads. Pengguna juga bisa mempromosikan unggahan Threads secara langsung ke feed Facebook dan Instagram.

4 dari 4 halaman

Fitur Flipside Resmi Hilang dari Instagram

Sementara itu, Instagram mengumumkan pihaknya bakal menghapus fitur second account, Flipside, pada 24 Mei 2024. Kini, pada Jumat (24/5/2024), fitur Flipside Instagram benar-benar sudah hilang dari Instagram.

Pantauan Tekno , pagi ini, ketika membuka aplikasi Instagram, terdapat sebuah pengumuman yang menyebut kalau Flipside sudah tidak ada lagi di Instagram.

 Meski begitu, unggahan yang sudah dipos di profil Flipside akan disimpan di Archive atau diarsipkan.

Instagram menyebut seluruh unggahan yang ada di Arsip hanya bisa dilihat oleh pemilik akun, kecuali jika pemiliki akun ingin membagikannya.

Berdasarkan pantauan, ikon kunci (lambang Flipside) yang semula ada di kanan bawah Profil Instagram pun hilang. Flipside pun resmi dihapus dari Instagram.

Sementara itu, sebelumnya, Instagram menyebutkan, pemilik akun bisa mengunduh unggahan Flipside mereka untuk disimpan ke perangkat.

Pengunduhan konten yang sudah dibagikan di Flipside dapat dilakukan sejak akhir April lalu hingga 25 Agustus 2024 melalui Pusat Akun.

Meski begitu, sejauh ini belum ada informasi kenapa Instagram memutuskan menghapus Flipside atau fitur second account Instagram ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat