uefau17.com

Top 3 News: Membaca Arah Politik, Setelah Prabowo dan Gibran Jadi Presiden-Wapres Terpilih - News

, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) sudah menetapkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2024-2029. Itulah top 3 news hari ini.

Penetapan Prabowo-Gibran dilakukan usai keduanya menang satu putaran pada kontestasi Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 dengan memperoleh 96.214.691 suara atau setara dengan 58,59 persen dan memenuhi sedikitnya 20% suara dari 38 provinsi di Indonesia.

Membaca arah politik nasional, analis politik sekaligus Direktur Eksekutif dari Al Jabar Strategic, Arifki Chaniago mengatakan peleburan akan terjadi, khususnya pada Partai NasDem dan PKB yang sebelumnya berada di barisan partai pendukung rival Prabowo, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Terkait barisan oposisi, Arifki meyakini hanya tinggal PDIP menjadi partai yang akan konsisten melakukan checks and balances terhadap pemerintahan Prabowo-Gibran.

Sementara itu, Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla (JK) memberikan ucapan selamat kepada Prabowo-Gibran yang telah ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029.

JK menilai, dengan ucapan selamat menandakan bahwa semua pihak harus menerima kenyataan hasil dari Pilpres 2024. Terlebih, selama dua tahun lalu berbagai pihak terus membahas soal dinamika politik. Sehingga, dia meminta kepada semua pihak untuk legawa menerima hasil Pilpres 2024.

Lebih lanjut, JK pun meminta agar seluruh elemen untuk bersatu untuk menuntaskan permasalahan bangsa Indonesia.

Berita terpopuler lainnya di kanal News adalah terkait Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi menyatakan, pertemuan Wapres Ma’ruf Amin dengan Wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka pada Rabu 24 April 2024 berlangsung hangat dan cair.

Menurut Masduki, Gibran menyampaikan dirinya masih fokus bekerja sebagai Wali Kota Solo. Masduki menyatakan tak ada titipan program dari Wapres Ma’ruf Amin agar dilanjutkan Gibran.

Menurut Ma’ruf, posisi Wapres bukan pihak yang memiliki stempel atau pengambil keputusan, melainkan hanya menjalankan penugasan dari presiden.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News sepanjang Kamis 25 April 2024:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Membaca Arah Politik, Setelah Prabowo dan Gibran Jadi Presiden-Wapres Terpilih

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) sudah menetapkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2024-2029.

Penetapan dilakukan usai keduanya menang satu putaran pada kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dengan memperoleh 96.214.691 suara atau setara dengan 58,59 persen dan memenuhi sedikitnya 20% suara dari 38 provinsi di Indonesia.

Membaca arah politik nasional, analis politik sekaligus Direktur Eksekutif dari Al Jabar Strategic, Arifki Chaniago mengatakan peleburan akan terjadi, khususnya pada Partai NasDem dan PKB yang sebelumnya berada di barisan partai pendukung rival Prabowo, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

"Bakal terjadi peleburan situasi politik. Pada satu sisi, ada peluang NasDem dan PKB masuk ke dalam koalisi Prabowo-Gibran," kata Arifki melalui pesan singkat diterima, Kamis 25 April 2024.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Jusuf Kalla Ucapkan Selamat ke Prabowo-Gibran: Kita Menerima Kenyataan

Wakil Presiden ke-10 dan 12 RI Jusuf Kalla (JK) memberikan ucapan selamat kepada, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang telah ditetapkan sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029.

JK menilai, dengan ucapan selamat menandakan bahwa semua pihak harus menerima kenyataan hasil dari Pilpres 2024.

Terlebih, selama dua tahun lalu berbagai pihak terus membahas soal dinamika politik. Sehingga, dia meminta kepada semua pihak untuk legawa menerima hasil pilpres 2024.

"Kita sudah dua tahun capek untuk berbicara politik, sudahlah kita selesaikan ini. kita menerima apa yang telah, kenyataan yang ada, bahwa kita berikan selamat kepada Pak Prabowo-Gibran untuk menjalankan pemerintahan ini," kata JK, kepada wartawan, di Kampus UI, Depok, Kamis 25 April 2024.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. Pesan Ma’ruf Ke Gibran: Wapres Tidak Punya Stempel, Hanya Terima Penugasan dari Presiden

Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi menyatakan, pertemuan Wapres Ma’ruf Amin dengan Wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka pada Rabu 24 April 2024 berlangsung hangat dan cair.

Menurut Masduki, Gibran menyampaikan dirinya masih fokus bekerja sebagai Wali Kota Solo. 

"Bahkan Mas Gibran mengundang Wapres ke Solo untuk meresmikan satu destinasi wisata yang sekarang masih belum selesai, masih diselesaikan oleh Kementerian PUPR. Jadi kira-kira Wapres akan meresmikan itu, bulan Juni atau Juli," ungkap Masduki dikutip Kamis 25 April 2024.

Masduki menyatakan tak ada titipan program dari Wapres Ma’ruf Amin agar dilanjutkan Gibran.

Menurut Ma’ruf, posisi wapres bukan pihak yang memiliki stempel atau pengambil keputusan, melainkan hanya menjalankan penugasan dari presiden.

 

Selengkapnya...

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat