uefau17.com

Cuaca Besok Sabtu 27 April 2024: Waspada Hujan Petir di Jakarta Siang hingga Malam - News

, Jakarta - Di akhir pekan besok, Sabtu 27 April 2024, langit pagi Jakarta sebagiannya diprakirakan berawan dan juga cerah berawan. Seperti itulah prediksi cuaca besok.

Berdasarkan laporan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), hujan ringan pada siang hari diprakirakan guyur seluruh wilayah Jakarta kecuali Jakarta Barat waspada hujan petir dan Kepulauan Seribu berawan.

Untuk malam harinya, waspada seluruh wilayah Jakarta diprediksi bakal hujan petir, kecuali Jakarta Selatan dan Jakarta Timur hujan ringan.

Selanjutnya, wilayah penyangga Jakarta yaitu Bekasi, Depok, dan Kota Bogor, Jawa Barat cuaca pagi hari diprakirakan berawan dan cerah berawan, namun siang hingga malam hujan dengan intensitas ringan.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang yang dapat terjadi pada skala lokal dan durasi singkat pada rentang waktu antara menjelang siang hingga malam hari di sebagian wilayah Kota Depok, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang," tegas BMKG.

Senada, Kota Tangerang, Banten juga diprediksi langit paginya cerah berawan, lalu siang hingga malam hari hujan berintensitas ringan.

Berikut informasi prakiraan cuaca Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selengkapnya yang dikutip dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi  Siang   Malam 
 Jakarta Barat  Berawan  Hujan Petir  Hujan Petir
 Jakarta Pusat   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Petir
 Jakarta Selatan   Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Jakarta Timur   Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Jakarta Utara   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Petir
 Kepulauan Seribu   Cerah Berawan  Berawan  Hujan Petir
 Bekasi   Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Depok   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Kota Bogor   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Tangerang  Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

BMKG Ingatkan Masyarakat untuk Waspada Cuaca Ekstrem di Jatim

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan kepada masyarakat supaya mewaspadai cuaca ekstrem di sejumlah kabupaten kota di Jawa Timur (Jatim) menyusul adanya peralihan musim dari hujan ke kemarau.

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Juanda Sidoarjo, Taufiq Hermawan, mengatakan saat ini sebagian besar wilayah Jawa Timur masih dalam masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

"Selain itu terdapat gangguan gelombang Ekuatorial Rossby dan MJO yang mendukung terbentuknya awan-awan konvektif yang masif di wilayah Jawa Timur," ujar Taufiq, melansir Antara, Selasa, 23 April 2024.

Oleh karena itu, pihaknya mengingatkan kepada masyarakat waspadai potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah Jawa Timur yang dapat mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi.

"Waspadai potensi cuaca ekstrem hingga mengakibatkan bencana hidrometeorologi, seperti hujan lebat, angin kencang, puting beliung, serta hujan es, pada periode 22-28 April 2024," ucap Taufiq.

3 dari 3 halaman

Sejumlah Wilayah di Jatim

Taufiq merinci sejumlah kabupaten kota yang terdampak tersebut di antaranya Bangkalan, Banyuwangi, Kota Batu, Bojonegoro, Bondowoso, Gresik, Jombang, Kota Kediri, Malang, Lamongan, Lumajang, Kota Madiun, Madiun, Magetan, Kota Malang, Kota Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, dan Pacitan.

"Selain itu juga berdampak di Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, Sampang, Sidoarjo, Situbondo, Kota Surabaya, Trenggalek, Tuban, Tulungagung, Kediri, Mojokerto, Probolinggo, Blitar, Pasuruan, Jember, Ponorogo, Sumenep, Kota Blitar, dan Pamekasan," papar dia.

Menurut Taufiq, BMKG Juanda mengimbau masyarakat dan instansi terkait agar senantiasa waspada terhadap peningkatan kecepatan angin dan potensi cuaca ekstrem, berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang selama sepekan ke depan.

"Diharapkan masyarakat lebih mengantisipasi terhadap dampak yang dapat ditimbulkan akibat cuaca ekstrem seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, jalan licin, pohon tumbang serta berkurangnya jarak pandang," tandas Taufiq.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat