uefau17.com

45 Kata Mutiara Al-Quran dan Hadis yang Bijaksana, Bisa Jadi Penuntun Hidup - Hot

, Jakarta Kata mutiara dalam Al-Qur'an dan Hadis merupakan sumber inspirasi dan petunjuk hidup yang sangat berharga bagi umat Muslim. Setiap ayat Al-Qur'an dan hadis Nabi Muhammad SAW mengandung hikmah yang mendalam dan bisa menjadi pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Kata-kata mutiara Al-Qur'an dan Hadis tidak hanya memberi pencerahan spiritual, tetapi juga memberikan arahan untuk berperilaku dan bersikap dengan bijaksana dalam berbagai situasi kehidupan.

Al-Qur'an merupakan kitab suci Umat Muslim yang penuh dengan kata-kata mutiara yang mengajarkan nilai-nilai moral, kebijaksanaan, kesabaran, dan kasih sayang. Sementara Hadis menekankan pentingnya sikap saling mencintai, mengasihi, dan berempati dalam kehidupan bermasyarakat.

Berikut ulas mengenai kata mutiara Al-Qur'an dan Hadis yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (26/4/2024). 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara dalam Al-Qur'an

  1. "Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir." (Surah Yusuf: 87)
  2. "Dan Allah menciptakan kamu dari tanah kemudian dari air mani, kemudian Dia menjadikan kamu berpasang-pasangan. Dan tidak ada seorang perempuan pun yang mengandung dan melahirkan melainkan dengan izin-Nya. Dia Maha Tinggi lagi Maha Mengetahui." (Surah Fatir: 11)
  3. "Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan." (Surah Al-Insyirah: 5)
  4. "Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari saripati (berasal) dari tanah. Kemudian Kami jadikan dia (Nutfah) dalam qarar yang kukuh (rahim). Kemudian Kami ciptakan (janin) itu menjadi segumpal darah, lalu Kami ciptakan (segumpal darah) itu menjadi segumpal daging, lalu Kami ciptakan (segumpal daging) itu menjadi tulang belulang, lalu Kami balut (tulang belulang) itu dengan daging. Kemudian Kami hasilkan makhluk yang lain dari (sejenis)nya. Maka Maha Sucilah Allah, Pencipta Yang Paling Baik." (Surah Al-Mu’minun: 12-14)
  5. "Sesungguhnya aku hanya diperintahkan supaya menyembah Tuhan yang memperintahku untuk beragama hanif (bersih dari penyimpangan); dan aku diperintahkan supaya aku menjadi orang yang memeluk Islam (berserah diri kepada Allah)." (Surah Al-An'am: 71)
  6. "Katakanlah: 'Sesungguhnya aku hanya manusia biasa seperti kamu, diwahyukan kepadaku bahwasanya Tuhan kamu adalah Tuhan Yang Maha Esa. Barangsiapa mengharapkan perjumpaan dengan Tuhannya, maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorang pun dalam beribadat kepada Tuhannya.'" (Surah Al-Kahf: 110)
  7. "Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka sesungguhnya Aku adalah dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia berdoa kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah) Ku dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran." (Surah Al-Baqarah: 186)
  8. "Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap-siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu mendapat keberuntungan." (Surah Ali Imran: 200)
  9. "Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak memiliki pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati - semuanya itu akan diminta pertanggungjawabannya." (Surah Al-Isra: 36)
  10. "Dan sesungguhnya Kami telah menghormati anak-anak Adam dan Kami telah mengangkut mereka di darat dan di laut. Dan Kami telah memberi mereka rezeki dari barang-barang yang baik-baik dan Kami telah lebih utamakan mereka dengan keutamaan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang Kami ciptakan." (Surah Al-Isra: 70)
  11. "Dan hendaklah kamu bersabar, karena sesungguhnya Allah tidak menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat baik." (Surah Hud: 115)
  12. "Dan barangsiapa bertawakkal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya." (Surah At-Talaq: 3)
  13. "Dan janganlah kamu mengatakan terhadap sesuatu yang kamu anggapnya sebagai kebohongan: 'Ini baik untuk kamu, sedang pada sisi Allah ia lebih baik.'" (Surah An-Nisa: 69)
  14. "Dan sesungguhnya kamu benar-benar akan diuji dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta dan jiwa, serta buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar." (Surah Al-Baqarah: 155)
  15. "Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri." (Surah Ar-Ra'd: 11)
3 dari 4 halaman

Kata-kata Mutiara dalam Al-Qur'an

  1. "Sesungguhnya bersabarlah kamu; sesungguhnya janji Allah adalah benar." (Surah Ar-Rum: 60)
  2. "Dan katakanlah: 'Ya Tuhanku, berilah aku kebijaksanaan dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh.'" (Surah Ash-Shu'ara: 83)
  3. "Dan janganlah kamu condongkan kedua mata kamu kepada apa yang telah Kami berikan kepada golongan-golongan mereka yang berpasang-pasangan di antara mereka untuk dinikmati, sebagai perhiasan hidup di dunia ini, supaya Kami menguji mereka dengan (pemberian) itu. Dan karunia Tuhanmu itu lebih baik dan lebih kekal." (Surah Taha: 131)
  4. "Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar." (Surah Al-Baqarah: 153)
  5. "Dan janganlah kamu berputus asa terhadap kehidupan (yang baik), sesungguhnya Allah tidaklah menyia-nyiakan pahala bagi orang-orang yang berbuat baik." (Surah Yusuf: 64)
  6. "Dan ingatlah ketika kamu diperintahkan untuk berjihad, maka bersabarlah kamu. Sesungguhnya jihad itu adalah suatu pengajaran yang besar, tetapi tidak dipahami oleh kebanyakan manusia." (Surah Al-Baqarah: 249)
  7. "Dan janganlah kamu berdiri di antara orang-orang yang melakukan kesesatan, sehingga api neraka tidak menyentuhmu, dan kamu tidak mempunyai seorang penolongpun selain Allah. Kemudian tidaklah kamu diberi pertolongan." (Surah Hud: 113)
  8. "Dan bertawakkallah kepada Allah, dan cukuplah Allah sebagai Pelindung." (Surah Al-Ahzab: 3)
  9. "Dan tidaklah ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allahlah yang memberi rezekinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam kitab yang terang." (Surah Hud: 6)
  10. "Dan apabila diperdengarkan dengannya satu keterangan dari Tuhanmu, ia lalu mengingkarinya dan berkata: 'Sesungguhnya ini adalah dongengan-dongengan orang-orang dahulu.'" (Surah An-Naml: 68)
  11. "Dan sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul sebelum kamu kepada kaum-kaum yang dahulu, lalu Kami berikan kepada mereka kepergian yang pahit dan menyakitkan, supaya mereka berseru minta pertolongan, tetapi tiadalah pertolongan yang datang kepada mereka." (Surah Al-Mu’minun: 44)
  12. Sesungguhnya Allah tidak berbuat zalim kepada manusia sedikit pun, akan tetapi manusia itulah yang berbuat zalim kepada diri mereka sendiri. (Q.S Yunus: 44)
  13. Tetapi kalian lebih memilih kehidupan dunia. Padahal kehidupan akhirat lebih baik dan lebih kekal. (Q.S Al-A'la: 16-17)
  14. Maka jangan sekali-kali membiarkan kehidupan dunia ini memperdayakan kamu. (Q.S Fatir: 5)
  15. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas. (Q.S Az-Zumar: 10)
4 dari 4 halaman

Kata Mutiara dalam Hadis

  1. "Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak."  - HR. Ahmad
  2. "Engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihat-Nya. Jika engkau tidak melihat-Nya, sesungguhnya dia pasti melihatmu." HR Muslim
  3.  “Nabi Muhammad SAW bersabda : sebaik -baik rezekimu adalah apa yang kamu usahakan, dan anak-anakmu adalah bagian dari apa yang kamu usahakan.”- Sunan Ibn Majah
  4. ” Nabi Muhammad SAW bersabda : tidak ada yang pernah makan makanan yang lebih baik daripada yang diperoleh dengan bekerja dengan tangannya sendiri. Nabi Allah, Dawud (as) biasa makan dari hasil kerja kasarnya.” - Sahih Bukhari
  5. “Nabi Muhammad SAW bersabda: ada tiga jenis tangan: tangan Allah adalah yang tertinggi, dan tangan pemberi di bawahnya, dan tangan orang yang meminta adalah yang terendah. Jadi bersedekahlah, dan jangan terlalu lemah untuk mengalahkan diri sendiri.” - Abu Dawud
  6. “ Nabi Muhammad SAW bersabda : tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah.Tangan atas adalah tangan pemberi dan tangan bawah adalah tangan pengemis.” - Sahih Bukhari
  7. "Sebaik-baik pekerjaan ialah usahanya seseorang pekerja apabila ia berbuat sebaik-baiknya (profesional)." -HR. Ahmad.
  8. "Jika benar kalian bertawakal pada Allah, Ia akan memberikan kalian rezeki sebagaimana burung yang pergi dalam keadaan lapar dan pulang dengan perut kenyang." - HR. Tirmidzi.
  9. "Jangan melibatkan hatimu dalam kesedihan atas masa lalu atau kamu tidak akan siap untuk apa yang akan datang." –Ali bin Abi Thalib
  10. "Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barakah dan keberuntungan." (HR At-Thabrani dan Al-Bazzar)
  11. "Jangan iri kecuali kepada dua perkara: (1) orang yang dianugerahi Allah harta kekayaan kemudian ia membelanjakannya di jalan yang benar, dan (2) orang yang diberi hikmah oleh Allah (pengetahuan tentang alquran dan hadis) kemudian ia melaksanakan dan mengajarkannya." - HR. Bukhari
  12. "Ketahuilah bahwa kemenangan bersama kesabaran, kelapangan bersama kesempitan, dan kesulitan bersama kemudahan." - HR Tirmidzi
  13. "Sungguh kamu sekalian akan mengikuti sunnah orang-orang sebelum kamu sejengkal demi sejengkal dan sehasta demi sehasta, sehingga walau mereka masuk ke sarang biawak, niscaya kamu sekalian akan mengikuti mereka." - HR. Muslim
  14. "Bersemangatlah atas hal-hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolonglah pada Allah, jangan engkau lemah." - HR. Muslim
  15. "Aku berlindung dengan rida-Mu dari murka-Mu, aku berlindung dengan ampunan-Mu dari siksa-Mu, dan aku berlindung kepada-Mu dari jauh dengan-Mu." - HR. Muslim

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat