uefau17.com

Ingin Diet? Lakukan 7 Cara Ini untuk Menurunkan Berat Badan Tanpa Harus ke Gym - Health

, Jakarta Menurunkan berat badan dan membakar lemak tidak harus dengan selalu datang ke pusat kebugaran atau gym. Anda bisa melakukannya di mana saja dengan konsisten mengonsumsi makanan sehat dan seimbang, serta menjaga tubuh tetap aktif bergerak.

Menerapkan pola makan yang sehat, seperti mengonsumsi lebih banyak buah, sayuran, protein tanpa lemak, dan biji-bijian utuh, dapat membantu mempercepat metabolisme dan mengurangi timbunan lemak.

Sementara itu, menjaga tubuh tetap aktif bisa dilakukan dengan aktivitas sederhana seperti berjalan kaki, bersepeda, atau bahkan melakukan pekerjaan rumah tangga.

Aktivitas fisik ini tidak hanya membakar kalori, tetapi juga meningkatkan kesehatan tubuh dan memperbaiki suasana hati. Penerapan gaya hidup seperti ini, dapat memberikan hasil yang signifikan dan berkelanjutan.

Dilaporkan dari Health pada Selasa, 4 Juni 2024, berikut ini tips menghilangkan lemak tubuh secara efektif tanpa perlu pergi ke gym.

1. Mulai Hari Dengan Berolahraga 

Saat bangun di pagi hari, coba luangkan waktu untuk berolahraga. Penelitian menunjukkan bahwa berolahraga di pagi hari dapat membantu membakar lebih banyak lemak dibandingkan berolahraga di sore hari.

Untuk sesi olahraga cepat dan efektif, cobalah latihan pembakar lemak yang mencakup gerakan dinamis seperti lompat jongkok dan lunge.

Latihan ini tidak memerlukan peralatan khusus dan bisa dilakukan di ruang yang nyaman di rumah Anda. Olahraga ini bisa Anda lakukan dalam waktu 10 menit.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Menaiki Tangga

Istirahatlah selama 10 menit dari kesibukan Anda untuk berjalan naik turun tangga di rumah atau apartemen. Aktivitas sederhana ini dapat memberikan manfaat besar bagi kesehatan tubuh, seperti memperbaiki komposisi tubuh dan mengurangi lemak tubuh.

Selain kalori, naik turun tangga juga dapat meningkatkan kekuatan otot kaki dan daya tahan kardiovaskular. Aktivitas ini bisa menjadi alternatif menjadi efektif bagi Anda yang tidak sempat pergi ke gym atau melakukan olahraga berat.

 

3. Menari

Menari selama satu jam dapat membakar antara 200 hingga 600 kalori, menjadikannya cara yang menyenangkan dan efektif untuk menurunkan berat badan dan menjaga tubuh tetap bugar.

Selain membakar kalori, menari juga membantu membangun kekuatan otot, meningkatkan kekuatan otot, dan bahkan dapat memperlambat proses penuaan.

4. Sering Tertawa

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di BMC pada tahun 2022, tertawa selama 10 hingga 15 menit dapat membakar sebanyak 40 kalori.

Berbagi tawa dengan orang-orang terdekat tidak hanya menyenangkan tetapi juga bisa bermanfaat untuk membakar kalori. Jadi, jangan ragu untuk menikmati momen lucu bersama teman atau keluarga.

 

3 dari 4 halaman

5. Terapkan Pola Makan yang Sehat

Makanan tertentu dapat membantu Anda menjaga berat badan yang sehat. Berikut adalah daftarnya:

  • Makan berbagai protein: Protein dapat membantu mengurangi nafsu makan. Ahli merekomendasikan agar protein memenuhi 10-35% dari total kebutuhan kalori orang dewasa. 
  • Dapatkan serat yang cukup: Serat membantu melancarkan pencernaan dan membuat Anda merasa kenyang lebih cepat. 
  • Makan biji-bijian utuh: Mengganti biji-bijian utuh dengan biji-bijian utuh dapat meningkatkan metabolisme, karena biji-bijian utuh mengandung lebih banyak nutrisi dan serat.

Anda bisa mendapatkan protein dari kacang-kacangan, daging tanpa lemak, makanan laut, telur, dan biji-bijian. Sementara itu, serat dapat ditemukan dalam sereal, buah-buahan, sayuran, serta kacang-kacangan dan kacang polong kering.

Pastikan untuk meningkatkan asupan serat Anda secara bertahap untuk menghindari masalah pencernaan. Biji-bijian utuh dapat berupa roti gandum panggang, oatmeal, nasi merah, dan lainnya.

4 dari 4 halaman

6. Tidur yang cukup

Penelitian menunjukkan bahwa tidur yang cukup dapat membuat penurunan berat badan menjadi lebih mudah. Untuk orang dewasa, disarankan untuk tidur minimal tujuh jam setiap malam.

Agar lebih mudah tertidur, hindari penggunaan layar yang menyala, makan makanan besar, dan minum alkohol selama dua jam sebelum tidur. 

7. Berjalan Kaki

Berjalan-jalan di sekitar rumah selama 15 menit dapat membakar kalori tiga kali lebih banyak daripada hanya duduk dalam jangka waktu yang sama. Selain itu, jalan kaki setelah makan juga dapat membantu menstabilkan gula darah.

Jika Anda ingin berjalan lebih lama, Anda bisa melakukannya 40 menit seperti yang direkomendasikan oleh pelatih selebriti Harley Pasternak. Latihan dengan jalan kaki ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan kebugaran tubuh. 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat