uefau17.com

Makan Buah Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan, Cocok untuk Menu Diet Sehat - Health

, Jakarta Makan buah setiap hari bisa memberikan banyak manfaat kesehatan dan nutrisi. Bagi sebagian orang bahkan bisa membantu menurunkan berat badan.

Meskipun buah sering dianggap buruk karena kandungan karbohidrat dan gula alami, sebenarnya komponen-komponen ini penting untuk pola makan sehat dan bisa mendukung penurunan atau pengelolaan berat badan.

Penelitian menunjukkan bahwa asupan buah berkaitan dengan penurunan berat badan. Pada orang dewasa yang kelebihan berat badan atau obesitas, mereka yang makan lebih banyak buah mengalami penurunan berat badan lebih besar dibandingkan mereka yang tidak.

Dilansir dari Health pada Jumat, 7 Juni 2024, studi lain yang melibatkan lebih dari 130.000 orang dewasa menemukan bahwa mengonsumsi buah dikaitkan dengan penurunan berat badan yang lebih signifikan seiring waktu.

Untuk hasil terbaik, masukkan beragam jenis buah ke dalam menu diet Anda untuk memastikan tubuh mendapatkan spektrum nutrisi dan antioksidan yang luas.

Mengapa Buah Membantu Menurunkan Berat Badan?

Buah bisa membantu menurunkan berat badan karena dapat meningkatkan rasa kenyang dan memuaskan hasrat manis, menggantikan camilan berkalori tinggi. Buah-buahan bisa memberi Anda pilihan untuk tetap mendapatkan camilan manis yang sehat.

Gula dalam buah segar berbeda dengan gula tambahan yang ditemukan dalam makanan olahan, karena gula alami dalam buah kurang pekat dan mengandung air serta nutrisi penting.

Menghindari buah sepenuhnya justru bisa merugikan dalam proses diet dan kesehatan Anda secara keseluruhan. Sebaliknya, seimbangkan asupannya untuk mendapatkan semua manfaat buah sambil tetap mencapai tujuan penurunan berat badan Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Buah Apa yang Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan?

Sebenarnya, tidak ada buah khusus yang paling baik untuk menurunkan berat badan. Justru, variasi buah (semua buah-buahan) dalam porsi yang cukup dapat membantu proses penurunan berat badan secara efektif.

Buah-buahan mengandung zat alami seperti vitamin, mineral, antioksidan, serat, dan prebiotik yang sangat bermanfaat. Zat-zat ini tidak hanya melindungi tubuh dari penyakit kronis, tetapi juga membantu mengatur berat badan.

Bahkan jika sudah makan banyak sayuran, melewatkan buah berarti Anda kehilangan antioksidan unik yang hanya ada dalam buah-buahan.

Menggabungkan berbagai jenis buah dalam diet harian Anda akan memberikan tubuh Anda spektrum nutrisi yang luas, membantu Anda tetap sehat dan mendukung penurunan berat badan Anda.

3 dari 4 halaman

Apakah Waktu Makan Buah Itu Penting?

Ya, waktu makan buah memang penting karena karbohidrat dalam buah membantu mendukung aktivitas Anda. Cobalah memasukkan buah ke dalam makanan dan camilan selama jam-jam aktif Anda untuk memaksimalkan manfaatnya.

Misalnya, makan pisang kecil sebelum berolahraga untuk mendapatkan dorongan energi cepat. Buah beri bisa menjadi tambahan yang menyegarkan untuk sarapan Anda sebelum memulai hari kerja.

Atau, ketika makan apel dengan mentega almond di sore hari, ini bermanfaat untuk menjaga energi tetap stabil hingga malam.

Makan buah sebelum berolahraga atau sebelum memulai hari akan memberi Anda karbohidrat yang mudah dicerna, menjaga energi tetap tinggi, dan membantu Anda menjalani aktivitas dengan lebih baik.

Dengan mengatur waktu makan buah dengan bijak, Anda bisa mendapatkan manfaat optimal untuk kesehatan dan kebugaran Anda.

4 dari 4 halaman

Berapa Banyak Buah yang Harus Dimakan?

Departemen Pertanian AS merekomendasikan agar kebanyakan orang dewasa makan 1,5 hingga 2,5 cangkir buah setiap hari. Ini bisa mencakup buah kalengan, segar, kering, beku, atau jus.

Namun, setidaknya setengah dari jumlah harian yang Anda konsumsi harus berasal dari buah utuh, bukan semuanya dari jus buah.

Buah adalah alternatif yang lebih sehat dibandingkan kebanyakan camilan berkalori tinggi. Kuncinya adalah mengganti camilan berkalori tinggi dengan buah-buahan rendah kalori.

Misalnya, daripada mengonsumsi keripik atau kue, cobalah makan apel, jeruk, atau sepotong melon. Buah-buahan ini tidak hanya rendah kalori tetapi juga kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh Anda.

Dengan memilih buah sebagai camilan, Anda dapat mengurangi asupan kalori berlebih dan tetap merasa kenyang. Ini adalah strategi sederhana namun efektif untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan membantu dalam menurunkan berat badan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat