uefau17.com

5 Kebiasaan Pagi yang Bikin Kurus, Cocok Buat Kamu yang Ingin Turunkan Berat Badan - Health

, Jakarta Kebiasaan pagi yang sehat memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan, selain itu juga dapat mengurangi lemak tubuh dan menurunkan berat badan.

Melakukan beberapa perubahan kecil pada rutinitas pagi, dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan mempertahankan hasilnya dalam waktu lama.

Mungkin Anda bangun setiap hari dengan mengandalkan rutinitas tertentu untuk memulai hari. Beberapa orang memiliki rutinitas pagi yang ketat, sementara yang lain lebih suka menjalani hari mereka secara spontan.

Apapun pendekatan yang Anda pilih, mengadopsi kebiasaan sehat di pagi hari dapat meningkatkan energi, memperbaiki suasana hati, dan meningkatkan metabolisme.

Berikut ini delapan kebiasaan yang dapat membantu mengurangi lemak dalam di tubuh dalam upaya diet, seperti dikutip dari Best Life pada Selasa, 11 Juni 2024.

1. Minum Air Putih untuk Hidrasi Tubuh

Setelah istirahat malam yang panjang, ada baiknya minum segelas (atau dua gelas) air putih untuk menghidrasi tubuh Anda. Beberapa orang menyukai air panas, dan bagi yang lainnya segelas air biasa sudah cukup.

Satu atau dua gelas air putih sebelum sarapan dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Hal ini karena air tidak mengandung kalori, tetapi mengenyangkan dan mengekang nafsu makan.

Jadi Anda mungkin tidak ingin sarapan terlalu banyak setelah minum air, ini juga akan merangsang metabolisme tubuh untuk membantu Anda membakar kalori.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Berolahraga

 

Cobalah untuk menyempatkan diri melakukan aktivitas di luar ruangan pada pagi hari, baik itu berjalan kaki sebentar di sekitar rumah. Sinar matahari pagi yang menyapa akan membantu Anda merasa segar dan siap menghadapi hari.

Lakukanlah olahraga ringan sebelum sarapan di pagi hari, karena berolahraga dengan perut kosong sebenarnya dapat membantu Anda mendapatkan hasil olahraga yang lebih baik.

Sesi berkeringat sebelum sarapan dapat membantu Anda membakar lebih banyak lemak tubuh untuk bahan bakar, sehingga membantu meningkatkan metabolisme Anda secara keseluruhan.

Banyak orang juga mengatakan bahwa melakukan aktivitas fisik ringan seperti berjalan kaki pagi hari dapat membantu tidur lebih nyenyak di malam hari.

3 dari 4 halaman

3. Sarapan Tinggi Protein

Sarapan yang mengandung protein dapat membantu menurunkan berat badan karena protein membuat Anda merasa kenyang lebih lama setelah makan.

Selain itu, tubuh juga membutuhkan lebih banyak energi untuk mencerna protein daripada karbohidrat atau lemak, sehingga membantu meningkatkan metabolisme dan membakar kalori lebih efisien.

Salah satu manfaat lain dari protein adalah tubuh menggunakan lebih banyak kalori untuk memecahnya daripada yang digunakan untuk mencerna karbohidrat atau lemak.

Hal ini berarti protein membantu meningkatkan pembakaran kalori dalam tubuh, sehingga membantu dalam proses penurunan berat badan.

Menu sarapan yang kaya protein dapat membantu menstabilkan kadar gula darah Anda dan memberikan energi yang cukup untuk menjalani aktivitas harian Anda.

Pilihlah sarapan kaya protein, seperti telur, sosis, ayam, atau roti gandum utuh.

 

4 dari 4 halaman

4. Berjalan Kaki

Menurut WebMD, mengemudi dalam waktu lama mengurangi jumlah waktu yang Anda habiskan untuk berjalan, sehingga membakar kalori lebih sedikit.

Untuk mengurangi dampak ini, pertimbangkan untuk menggunakan transportasi umum untuk berjalan kaki dan membiarkan tubuh bergerak.

Dengan sedikit perubahan dalam rutinitas sehari-hari, Anda bisa tetap aktif dan membantu menjaga berat badan tetap seimbang.

5. Dapatkan Sinar Matahari

Mendapatkan sinar matahari pada kulit bisa lebih bermanfaat dari yang Anda kira. Penelitian menunjukkan bahwa berjemur di pagi hari dapat membantu membakar lebih banyak lemak tubuh daripada berjemur di sore hari.

Orang yang terbiasa berjemur di pagi hari cenderung memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah, atau fisik yang lebih ramping dan langsing, dibandingkan dengan orang yang berjemur di sore hari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat