uefau17.com

Pakar Ungkap Cara Sederhana Tingkatkan Energi Sebelum Olahraga, Salah Satunya Cukup Minum Air Putih - Health

, Jakarta - Bangun pagi untuk berolahraga dapat menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Akan tetapi, melepaskan guling yang dipeluk dan bangun dari tempat tidur nampaknya sulit untuk dilakukan.

Apalagi, Anda merasa lelah dan mengantuk setelah bangun tidur.

Menurut pelatih kebugaran Kari Pearce, inilah salah satu alasan umum mengapa orang-orang malas berolahraga.

"Orang sering merasa lelah dan berpikir bahwa olahraga akan lebih menguras energinya," katanya. Meskipun sebenarnya olahraga dapat meningkatkan energi Anda, ini akan terlihat melelahkan jika dibandingkan dengan tiduran di sofa yang nyaman.

Begitu pula dengan olahraga pada malam hari, Anda merasa sudah kehabisan energi setelah bekerja seharian. Anda kemungkinan lebih memilih kembali ke tempat tidur untuk mengakhiri hari dibanding melatih otot-otot Anda dengan beberapa menit olahraga.

Namun, jangan khawatir. Dilansir dari situs Bustle, ada cara meningkatkan energi sebelum berolahraga menurut pakar yaitu:

1. Hidrasi

Dehidrasi adalah penyebab rendahnya energi. Jadi, ingatlah untuk minum banyak air sepanjang hari dan tidak hanya saat Anda pergi ke gym.

"Jangan menunggu sampai satu jam sebelum latihan Anda untuk mulai minum air," kata ahli gizi terdaftar dan pendiri Healthful Lane Nutrition Amanda Lane, MS, RD, CDCES.

Targetkan minum air putih sebanyak 64 ons tiap harinya untuk membantu menstabilkan tingkat energi Anda, ujar Lane.

Anda juga bisa meneguk minuman olahraga berelektrolit, kata ahli gizi terdaftar Patricia Kolesa, RDN. Perasaan lelah dan lesu itu akan menguap begitu Anda cukup terhidrasi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Keluar Rumah

Jika Anda berada di rumah seharian, cobalah keluar dan sapa matahari yang bersinar terang. Percaya atau tidak, ini dapat mengisi ulang energi bahkan membuat Anda ingin berolahraga di luar.

"Ini benar-benar dapat membangunkan Anda dan memberi Anda dorongan energi yang besar," kata ahli diet klinis senior di UCLA Medical Center Dana Ellis Hunnes, PhD, MPH, RD.

3. Pilih Rutinitas dan Detail yang Disukai

Bahkan jika Anda bersemangat secara fisik, sulit untuk mendorong mental Anda ketika tidak dalam suasana hati yang baik. Itulah mengapa penting untuk menemukan detail kecil yang disukai agar semangat berolahraga.

"Mungkin (itu berarti) mendengarkan lagu favorit Anda dalam perjalanan ke gym atau mengenakan (pakaian) favorit Anda," kata Lane.

Tentu saja, ini juga berarti memilih latihan yang benar-benar tampak menarik bagi Anda. Jika Anda tidak ingin berjalan di atas treadmill, maka jangan lakukan.

Sebagai gantinya, Anda bisa melakukan yoga, bersepeda, berjalan-jalan, atau bertemu dengan seorang teman untuk kelas tari kardio.

"Semakin Anda bersemangat untuk menggerakkan tubuh, semakin banyak energi yang akan Anda dapatkan," kata Lane.

3 dari 4 halaman

4. Makan Dua atau Tiga Jam Sebelumnya

Makan dua atau tiga jam sebelum pergi ke gym adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan energi sebelum berolahraga, kata ahli gizi terdaftar Christina Jax, MS, RDN, LDN, CLT, RYT.

Makanan yang dikonsumsi harus mencakup karbohidrat dan protein. Pikirkan semangkuk bihun dengan udang atau telur orak-arik dengan sayuran dan kentang, kata Jax. Karbohidrat dapat meningkatkan energi dan protein menjadi bahan bakar otot-otot Anda.

5. Jadwalkan Ulang Waktu Latihan Anda

Jika Anda merasa terlalu lelah untuk berolahraga di penghujung hari, cobalah mengubah waktu latihan.

"Pilih waktu ketika Anda dapat memberikan usaha terbaik selama latihan," kata seorang kebugaran bersertifikat AFAA dan pendiri Workout With Mom Alayna Curry.

"Banyak orang sadar bahwa mereka memiliki lebih banyak energi untuk berolahraga di pagi hari dibandingkan menunggu sampai selesai bekerja."

Jika Anda tidak bisa berolahraga di pagi hari, coba lakukan di tengah hari. Ini akan memberi energi untuk menyelesaikan sisa pekerjaan Anda, ucap Curry.

 

 

4 dari 4 halaman

6. Tidur Siang

Menurut Pearce, kurang tidur juga dapat meredam energi Anda. Anda dapat memaksimalkannya dengan istirahat yang cukup setiap malam.

Selain itu, tidur siang sejenak juga dapat membantu. Tidur sekitar 20 menit dan Anda akan siap untuk memulai rutinitas olahraga.

7. Makan Camilan Sebelum Berolahraga

Jika Anda masih merasa tidak berenergi 30 menit sebelum berolahraga, maka ambil pisang dan olesi dengan selai kacang sebagai camilan sebelum olahraga.

"Ini adalah camilan yang sempurna karena merupakan karbohidrat yang mudah dicerna dengan sedikit protein," kata Jax.

8. Pemanasan

Masih lesu? Bangun dan lakukan pemanasan. Seperti yang dikatakan Pearce, "Energi rendah bisa dikaitkan dengan ketidakaktifan."

Ini mungkin menjelaskan mengapa Anda merasa terlalu mengantuk untuk berolahraga setelah duduk di meja sepanjang hari. Pearce juga merekomendasikan untuk bangun dari tempat duduk setiap jam untuk menjaga energi, terutama jika Anda berencana untuk berolahraga selepas kerja.

"Tidak harus super panjang atau lama," kata Pearce. "Sejujurnya, bahkan tiga menit akan membuat Anda merasa lebih baik."

Ingat, beberapa menit pertama gerakan selalu yang paling sulit. Teruskan dan Anda akan merasa lebih berenergi.

 

(Adelina Wahyu Martanti)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat