uefau17.com

Inilah Jumlah Langkah yang Perlu Dilakukan Setiap Hari untuk Menjaga Kesehatan - Citizen6

, Jakarta Jalan kaki merupakan salah satu aktivitas fisik sederhana namun bermanfaat yang dapat dilakukan oleh siapa pun, kapan pun dan di mana pun.

Jalan kaki melibatkan gerakan tubuh yang alami dan mudah dilakukan, seperti berjalan lambat ataupun cepat. Aktivitas ini tidak memerlukan peralatan khusus dan dapat dilakukan secara gratis, membuatnya menjadi pilihan olahraga yang mudah diakses untuk meningkatkan kesehatan.

Telah terbukti bahwa jalan kaki secara teratur dapat membantu meningkatkan kondisi jantung dan paru-paru, mengurangi risiko penyakit jantung, dan meningkatkan stamina.

Aktivitas ini juga baik untuk mengontrol berat badan dan meningkatkan kesehatan mental, dengan mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati.

Tapi, apakah Anda tahu berapakah jumlah langkah yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat kesehatannya?

Mengambil 10.000 langkah dapat membantu menurunkan berat badan. Beberapa bukti menunjukkan bahwa satu atau dua hari dengan 8.000 langkah dalam seminggu juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

Namun, Sherri Gordon, CLC, seorang pelatih kehidupan profesional bersertifikat dari Ohio State's Patient and Community Peer Review Academy, Amerika Serikat menyatakan bahwa meskipun target 10.000 langkah telah lama direkomendasikan sebagai jumlah langkah harian yang ideal, hal itu mungkin tidak selalu sesuai untuk setiap orang.

Dan berikut adalah informasi-informasi penting tentang jumlah langkah yang dapat Anda ambil setiap hari untuk meningkatkan kesehatan, melansir dari Health.com, Senin (29/04/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Berapa banyak jumlahnya untuk kesehatan umum?

Para peneliti mengevaluasi data dari lebih dari 3.000 orang dewasa yang berpartisipasi dalam Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional 2005-2006 di Amerika Serikat.

Mereka melacak jumlah langkah para peserta selama satu minggu dan kemudian mengukur informasi ini dengan data mortalitas mereka.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang berjalan 8.000 langkah atau lebih dalam sehari sekali atau dua kali dalam seminggu memiliki tingkat kematian yang lebih rendah. Angka ini hampir sama baiknya dengan mereka yang berjalan dengan jumlah langkah yang sama setiap hari.

Kelompok ini memiliki risiko kematian 15% lebih rendah dalam 10 tahun ke depan. Mereka yang mencapai angka 8.000 langkah yang dilakukan dengan tiga sampai tujuh hari dalam seminggu memiliki risiko 16,5% lebih rendah.

Manfaatnya mulai menurun setelah mencapai 8.000 langkah yang dilakukan tiga hari dalam seminggu. Ini menyiratkan bahwa orang yang mencapai jumlah langkah tersebut selama empat hari atau lebih tidak mengalami penurunan risiko kematian lebih lanjut.

Bukti lain menunjukkan bahwa berjalan 10.000 langkah setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko kematian, kanker, dan penyakit kardiovaskular.

Penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2022, melibatkan lebih dari 78.000 orang berusia 40 hingga 79 tahun yang menggunakan pengukur langkah berbasis pergelangan tangan menunjukkan hasil bahwa individu yang mampu mencapai hampir 10.000 langkah per hari memiliki risiko demensia yang jauh lebih rendah.

3 dari 5 halaman

Jumlah berdasarkan usia

Mengambil lebih banyak langkah dapat bermanfaat bagi kesehatan seseorang, berapa pun usianya. Hitungan langkah berikut ini telah terbukti bermanfaat:

  • Anak usia sekolah dan remaja: Minimal 9.000 langkah
  • Orang dewasa berusia 18 hingga 59 tahun: Minimal 8.000 langkah
  • Orang dewasa berusia 60 tahun ke atas: 6.000 hingga 8.000 langkah
4 dari 5 halaman

Untuk menurunkan berat badan

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2018 memberikan saran standar jumlah total langkah untuk penurunan berat badan adalah mencapai minimal 10.000 langkah setiap hari berdasarkan para peserta yang ikut serta dalam penelitian studi tersebut.

Perlu diingat bahwa mencapai 10.000 langkah bukanlah satu-satunya hal yang membuat penurunan berat badan secara signifikan. Para peserta penelitian tersebut juga mengonsumsi sejumlah kalori yang tepat, sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing.

Melakukan sesi aktivitas fisik yang intens juga berkontribusi pada 3.500 dari 10.000 langkah mereka. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan intensitas latihan dan perubahan pola makan juga penting untuk menurunkan berat badan.

5 dari 5 halaman

Untuk meningkatkan kebugaran tubuh

Menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat dalam Pedoman aktivitas fisik untuk orang Amerika, edisi ke-2 bahwasannya garis dasar untuk meningkatkan kebugaran fisik adalah memulai dengan 5.000 langkah sebagai target harian Anda.

Target langkah akan bervariasi karena setiap orang memiliki tingkat kebugaran fisik yang berbeda.

Menjadi bugar secara fisik berarti Anda mampu melakukan aktivitas fisik tanpa terlalu banyak kendala terkait dengan faktor-faktor tertentu seperti kekuatan dan daya tahan.

Kebugaran kardiorespirasi dapat memengaruhi risiko kematian baik bagi mereka yang memiliki penyakit kardiovaskular maupun yang tidak.

Anda dapat menentukan target jumlah langkah untuk mendapatkan manfaat kebugaran fisik dengan cara:

  • Untuk menetapkan target langkah Anda, tambahkan 5.000 langkah ke jumlah langkah yang biasanya Anda lakukan saat berjalan kaki.
  • Mengukur jumlah langkah yang Anda ambil selama berjalan kaki selama 20 menit.
  • Memantau berapa banyak Anda berjalan kaki di luar sesi olahraga.
  • Meningkatkan target langkah Anda secara bertahap.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat